Tuesday, August 31, 2010

Strategi Memenangkan Persaingan Harga Produk dalam Penelusuran Nich Market dan Segmentasi Pasar dalam Perusahaan

Dengan melihat kondisi pasar secara global bahwa pada realitanya muncul respon masyarakat terhadap perkembangan IT khususnya untuk produk-produk Televisi, Computer Desktop notebook, cellular phone, handy cam, dan sebagainya yang meningkat secara tajam. Dalam hal ini muncul beberapa tanggapan dan pertanyaan dalam persaingan usaha tersebut dalam menyingkapi strategi persaingan harga yakni:

1. Bagaimana kondisi persaingan terhadap kemunculan produk anda ? Bagaimana reaksinya atas harga jual anda ?
2. Apa yang menjadi sifat pokok persaingan harga itu ?
3. Apa saja yang mampu menggantikan produk anda (baik secara actual maupun potensial) di dalam kompetisi harga itu ?
4. Apa strategi saingan anda sangat mengganggu kapasitas volume penjualan anda ?

Dalam suatu perusahaan juga dapat membedakan penawaran produk melalui kualitas layanan, distribusi yang luas, fokus pelanggan, atau lainnya keunggulan kompetitif yang berkesinambungan selain harga. It can be contrasted with price competition , which is where a company tries to distinguish its product or service from competing products on the basis of low price. Hal ini dapat dibandingkan dengan persaingan harga, yang mana perusahaan mencoba untuk membedakan produk atau jasa dari produk bersaing atas dasar harga yang rendah. Non-price competition typically involves promotional expenditures, (such as advertising , selling staff, sales promotions , coupons, special orders, or free gifts), marketing research , new product development , and brand management costs. Non-kompetisi harga biasanya melibatkan promosi pengeluaran, (seperti periklanan , penjualan staf, promosi penjualan , kupon, pesanan khusus, atau hadiah gratis), riset pemasaran , pengembangan produk baru , dan manajemen merek biaya.

Firms will engage in non-price competition, in spite of the additional costs involved, because it is usually more profitable than selling for a lower price, and avoids the risk of a price war. Perusahaan akan terlibat dalam persaingan non-harga, meskipun biaya tambahan yang terlibat, karena biasanya lebih menguntungkan daripada menjual dengan harga lebih rendah, dan menghindari resiko perang harga. Menentukan berapa harga yang akan ditawarkannya. Model yang menjelaskan hal ini adalah Betrand Price Competition. Model Bertrand dikembangkan oleh Joseph Bertrand pada tahun 1883, dalam model ini, penjual menentukan harga yang memperoleh keuntungan maksimal, dengan memperhitungkan harga yang ia duga akan ditetapkan oleh pesaingnya. Dalam model ini, penjual tidak memperhitungkan bahwa pesaingnya akan bereaksi bila telah mengetahui harganya, jadi penjual menganggap harga pesaingnya tetap. Pada prisinsipnya dalam suatu usaha memperhitungkan nilai dari suatu produk itu berdasarkan bahan baku pembuatan sampai akhir ongkos operasionalnya, dengan mempertimbangkan juga persaingan pasar. Dalam hal ini perusahaan membuat suatu matrix dari beberapa kompetitornya untuk mengetahui celah pasar dan market share yang akan Perusahaan dapatkan. (Sources: Wkipedia, media terkait, data diolah Frans Hero K. Purba)

Monday, August 30, 2010

Analisis Kompetitif Perusahaan Dalam Lingkungan Bisnis Kompetisi Global

Memasuki Era di pasar terbuka, persaingan global, perubahan disegala bidang, kebutuhan akan nilai global dan standart produk internasional sehingga strategi kompetitif berbagai perusahaan digunakan agar perusahaan untuk memilih strategi yang sesuai dengan lingkup operasionalnya sehingga bisa mengambil keuntungan dari lingkungan bisnis. Dimulainya perdagangan bebas yang antara lain: diawalinya realisasi persetujuan AFTA, pemerintah dan pelaku bisnis harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan strategi bisnis dan khususnya SDM agar kita mampu bersaing dalam skala dunia. Namun tentunya masih banyak strategi perusahaan lainnya yang bisa didalami dan diteliti agar perusahaan semakin meningkat daya saing dan berhasil mencapai tujuannya. Kualitas suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan ini dapat diperoleh melalui adanya reciprocal understanding atau saling memahami antara perusahaan dan konsumen, interactive communication dan share of life. Memahami konsumen berarti bahwa perusahaan siap secara konsisten memberikan the highest of perceived value of products or services to customer. Bahkan perusahaan harus terus menerus mengembangkan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen hingga konsumen bersedia membayar relatif lebih mahal atas kualitas tersebut. Framework analisis yang diperlukan susun suatu perusahaan dalam menentukan tujuan dalam kompetisi global. Dalam era persaingan global saat ini: media iklan tidak lagi bersifat satu arah tapi dua arah dengan melibatkan target audience dalam berbagai bentuk komunikasi, media yang semula bersifat maal menjadi lebih spesifik, dominasi produsen dalam mengendalikan pasar telah berubah menjadi dominasi retailer yang bergeser menjadi data-based marketing, hal ini merupakan salah satu main strategi yang harus dipersiapkan perusahaan. Strategi kompetitif perusahaan lebih kearah differentiation strategy. Di mana perusahaan dalam konteks bisnis seakan tidak mau berjalan ditempat, mereka senantiasa melemparkan produk baru ke pasaran (seperti contoh produk stuff crused pizza, quad personal pizza dll), dan pangsa pasar yang di targetkan adalah anak muda, pasar yang mudah bosan, penasaran akan inovasi, serta potensial. Pemilihan sasaran customer yang tepat untuk mengekspansi perluasan pasar dengan target profit yang lebih baik.

Menurut Michael Porter ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menyusun strategi perusahaan tersebut, yakni: The threat of the entry of new competitors; Bagaimana tingkat kesulitan/kemudahan bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam industri Anda? Force ini antara lain dipengaruhi oleh brand equity, hambatan masuk seperti paten dsb, distribusi, skill atau core competence tertentu, economies of scope, cost advantage, dan lainnya. Contoh, misalnya Anda bergerak di industri ritel online, maka ancaman akan munculnya pesaing baru sangatlah tinggi. Zaman semakin maju, dan akses terhadap internet juga semakin mudah. Individual pun kini dapat berjualan secara online, misalnya dengan memanfaatkan blog, forum, ataupun situs social network seperti Facebook, friendster, twitter, perfspot, dan sebagainya. The bargaining power of customers; Bagaimana kekuatan yang dimiliki pelanggan Anda? Force ini antara lain dipengaruhi oleh: jumlah pembeli, konsentrasi pembeli, switching cost pembeli, ketersediaan barang, besar order pembeli, sensitivitas harga, tingkat diferensiasi, dan sebagainya. Misalnya, Anda memiliki sebuah ritel premium dengan pelanggan-pelanggan kelas atas. Pada kelompok pelanggan tersebut, sekitar 60% penjualan berasal dari 20% pelanggan. Artinya, konsentrasi pembeli cukup tinggi, sehingga pembeli punya kekuatan yang lebih tinggi. Switching cost bagi pembeli pun tidak ada, sementara bagi Anda sulit untuk memperoleh pelanggan baru lagi. The bargaining power of suppliers; Supplier merupakan tempat dimana kita membeli input yang digunakan untuk bahan produksi. Force ini ditentukan oleh beberapa factor diantaranya: switching cost ke supplier lain, jumlah supplier, konsentrasi supplier, ketersediaan substitusi input, tingkat diferensiasi input, hingga tingkat hubungan dengan supplier. Di tengah krisis seperti ini, bisnis seringkali melakukan pemangkasan biaya salah satunya dengan cara mengurangi kualitas produk maupun pelayanan terhadap pelanggan. Padahal, ini adalah salah satu hal yang beresiko dan justru bisa mengakibatkan kehilangan pelanggan. Meskipun bisnis Anda sedang dalam kondisi tertekan, tetap pertahankan kualitas produk maupun pelayanan. (Sources, Business News, Herald Tribune, data diolah oleh Frans Hero K. Purba).

Friday, August 27, 2010

Strategi Pemasaran Gerilya dari Toilet Restaurant dan Jail Restaurant, Restoran aneh dan Unik dalam Menarik Konsumen di Taiwan

Sesuatu hal yang unik yang menarik pelanggan konsumen di Taiwan pada waktu kunjungan ke sana Modern Toilet Restoran di Taichung, Taiwan menyediakan nuansa TOILET bagi pelanggannya. Dekorasi ruangan , kursi dan tempat makan yg digunakan persis seperti di toilet. Meja dibuat seperti bathtub , dan makanan yg disediakan diletakkan di piring dan mangkuk yg didesain seperti toilet duduk. dimana ada suatu restaurant yang memiliki keunikan yakni Toilet Restaurant dan Jail Restaurant dalam Menarik Konsumen. Kreatif industri sekarang menjadi kecenderungan global. perusahaan swasta emiliki berbagai berani kreatif metode pemasaran dan desain diterapkan pada industri untuk eningkatkan pembangunan makmur mereka. Dengan mode pemikiran inovatif, karena itu banyak restoran mengadopsi pola operasional yang inovatif untuk memecahkanpraktek tradisional pada penjualan makanan, mereka telah mulai memberikan layanan yang berbeda dengan inovatif operasional konsep sehingga pelanggan dapat memiliki kenangan konsumsi khusus.Selama berabad-abad, restoran telah membuat kesalahan yang sama waktu fiskal dan waktu lagi: menyajikan makanan lezat dengan harga pantas. Sesungguhnya resep untuk bencana fidusia. Di sini paling tidak sepuluh restoran yang mengerti, untuk benar-benar membuat keuntungan dalam bisnis makanan di Modern Toilet Restaurant dan Jail Restaurant. Toilet Modern adalah sebuah restoran di Taipei, Taiwan dengan dekorasi yang modern dan penuh-tema toilet. Semua 100 kursi di restoran yang ramai dibuat dari mangkuk toilet, bukan kursi. kran Sink dan gender-kode "WC" tanda-tanda muncul di sepanjang fasilitas tiga lantai, salah satu dari 12 dalam rantai pulau-macam restoran.

Dalam Gerilya pemasaran restaurant Modern Toilet dan Jail Restoran merupakan suatu keunikan dimana pemasaran kegiatan pemasaran lebih banyak dan menyeluruh meliputi pengelolaan semua unsur pemasaran dengan mengadopsi Strategi dan Taktik gerilya yang inovatif dan efisien. Dalam staregi permasaran gerilya yang penting adalah IMAGINATIF dan inovatif:· Bersumber dari kekuatan angan - angan kemudian ditindak lanjuti oleh akal pikir.· Imajinasi itu seperti mimpi, kalau tidak dikendalikan oleh akal pikir / logika makaimajinasi tidak mungkin dapat direalisasi. Imajinasi dapat dibangun melalui perluasan wawasan, ilmu pengetahuan, pengalaman dankesulitan sehingga dapat menciptakan alternatif / pikiran dan trobosan - terobosan.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang unik dan strategi khusus termasuk membangun jaringan dengan para pelanggan. Hal ini merupakan daya tarik utama bagi saya bahwa dengan kurva dalam pemaran dipersingkat dan dukungan mendapatkan sesuatu, dapat mulai mendapatkan jauh lebih cepat, meskipun anda harus ingat itu membutuhkan kesabaran dan ketekunan masih harus sukses dalam usaha. (Sumber: History Toilet restaurant and Jail Restauran Taiwan, data terkait data pengalaman Frans Hero K. Purba)

Thursday, August 26, 2010

Strategi Persiapan Indonesia dalam kerjasama Free Trade Agrement dengan negara Teluk / Gulf Cooperation Council (GCC)

Seiring dengan upaya dalam peningkatan pasar Non Tradisional, Indonesia diundang Pemerintah Uni Emirat Arab menjajaki kerjasama FTA dengan GCC. Dimana GCC telah menandatangani kerjasama FTA, yaitu FTA GCC-EU dan GCC-Singapore, FTA dalam proses negosiasi yaitu GCC-Mercosur, GCC-ASEAN, GCC Malaysia, GCC-China dan GCC-Australia. GCC, yang terdiri dari Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, telah melakukan pembicaraan dengan 27 anggota Uni Eropa mengenai perdagangan bebas semenjak 1988.Kawasan Teluk (Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia dan Persatuan Uni Emirate Arab / UAE, yang terkabung dalam Gulf Cooperation Council / GCC) sebagai salah satu pasar yang dianggap paling potensi. Surplus nilai non Migas perdagangan Indonesia-GCC 2009 sebesar US$1,7 Millyar. Nilai ekspor non migas Indonesia 2009 mencapai US$2,5 milyar, tertinggal dari Malaysia, Thailand, China dan India (Negara-negara yang melakukan penjajakan dengan GCC).

Pada tanggal 21- 23 Juni 2010 yang lalu BPPK, Kementerian Luar Negeri dan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Perdagangan, bekerjasama dengan KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai, telah menyelenggarakan Forum Group Discussion dengan Pejabat Fungsi Ekonomi / Atase Perwakilan RI, Associate Director of College of Graduate Studies University of Wollongong Dubai (UOWD), Director Macro Economic and Statisic Dubai, UAE, Advisor Economic & International Affairs Dubai Chamber of Commerce, Managing Director for Corporate Office HSBC Dubai, dalam upaya pengembangan Pasar Non Tradisional, bertempat di Abu Dhabi dan Dubai, UAE.

Dalam kerjasama FTA Indonesia- GCC ini perlunya kesiapan pembenahan kebijakan dalam peningkatan daya saing nasional. Adapu beberapa strategi dalam penanganan isue FTA Indonesia-GCC yaitu:

A. Penguatan Daya Saing Global

Penanganan issue domestik meliputi:

- Membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

- Pembenahan sistem logistik

- Perbaikan pelayanan publik (NSW, PSTP/SIPIPISE, dsb)

- Penyederhanan Peraturan

B. Pengamanan Pasar Domestik

1. Pengawasan di Border

· Meningkatkan pengawasan ketentuan impor dan Ekspor dalam

pelaksanaan FTA.

· Menerapkan Early Warning System untuk pemantauan dini terhadap kemungkinan terjadinya lonjakan impor.

· Pengetatan Surat Keterangan Asal(SKA) Barang

· Penerapan instrumen perdagangan yang diperbolehkan WTO safeguard measure terhadap industri yang mengalami kerugian serius akibat tekanan import (import surges)

· Penerapan instrumen anti dumpinng dan countervailing duties atas importasi yang unfair.

2.Peredaran barang dipasar lokal

3.Promosi penggunaan produksi dalam negeri (Inpres No. 2 tahun 2009)

C. Penguatan Ekspor

1. Mengoptimalkan peluang pasar

2. Penguatan peran perwakilan luar negeri (ATDAG/ITPC)

3. Promosi Pariwisata, Perdagangan dan Investasi (TTI)

4. Penanggulangan masalah dan kasus ekspor

5. Pengawasan Surat Keterangan Asal (SKA) Barang Indonesia

6. Peningkatan peren LPEI dalam mendukung pembiayaan ekspor.

Strategi dalam membangun lingkungan internasional yang kondusif untuk ”peaceful rise”. Hal ini merupakan tantangan dan kesempatan bagi negara yang berbeda. Sementara beberapa negara bisa dipilih sebagai mitra FTA karena kepentingan strategis mereka, negara-negara lain mungkin akan ditinggalkan karena kurangnya nilai strategis. (Sumber KEMLU RI, data terkait beberapa Media, data diolah F. Hero K. Purba)

Wednesday, August 25, 2010

Penerapan Efficiency dan Effectiveness Pengendalian Dalam Pengembangan Perusahaan

Pengendalian intern(internal control) pada awalnya lebih menekankan kepada pengendalian akuntansi keuangan, untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang keandalan pelaporan keuangan Perusahaan. Dalam mengelola suatu usaha dan sumber daya yang dimiliki agar tercapai efektivitas dan efisiensi yang tinggi merupakan akibat yang logis dari keinginan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Semakin berkembangnya perusahaan tentunya diikuti dengan semakin kompleks dan luasnya aktivitas serta permasalahan yang dihadapi sehingga mendorong timbulnya suatu bidang baru dari auditing yaitu pemeriksaan operasional (audit operasional). Pemeriksaan operasional merupakan aktivitas operasi suatu organisasi yang bertujuan untuk memeriksa efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Aktivitas pemeriksaan operasional akan bermanfaat banyak bagi perusahaan karena dapat menunjang kelancaran dari pelaksanaan operasi perusahaan terhadap kontinuitas perusahaan dimasa yang akan datang. Salah satu fungsi yang ada dalam perusahaan adalah fungsi penjualan, dimana penjualan merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan dalam suatu perusahaan, sehingga perlu untuk mendapat perhatian yang cukup besar serta pengelolaan yang sebaik mungkin. Kegagalan dalam aktivitas penjualan akan sangat berpengaruh terhadap kontinuitas operasi perusahaan, karena penjualan merupakan sumber pendapatan utama perusahaan. Faktor sistem pengendalian intern yang berhubungan dengan penjualan sangat diperlukan, karena penjualan merupakan salah satu unsur harta dalam komponen laba rugi, yang posisinya sangat penting di dalam kelangsungan perusahaan.
Kegiatan pengendalian harus dikenalkan dipenjuru perusahaan, mulai dari level manajemen puncak sampai dengan level bawah. Masing-masing job deskripsi karyawan harus mencakup tanggung jawab untuk mengkomunikasikan masalah operasional, pelanggaran kode etik atau kegiatan ilegal kepada atasan dengan cepat agar segera diambil tindakan. Sistem pengendalian manajemen mempengaruhi perilaku manusia. Tindakan-tindakan individu untuk meraih tujuan-tujuan pribadinya juga akan membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
Pengendalian Manajemen merupakan proses dengan para manajer mempengaruhi anggota organisasi lainnya untuk mengimplementasikan strategi organisasi. Unsur-unsur sistem pengendalian manajemen meliputi perencanaan strategis, pembuatan anggaran, alokasi sumber daya, pengukuran, evaluasi dan penghargaan atas kinerja, alokasi pusat tanggung jawab dan penetapan harga transfer. Kegiatan Pengendalian Manajemen : Merencanakan apa yang seharusnya dilakukan organisasi, Mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi, Mengomunikasikan informasi, Mengevaluasi informasi, Memutuskan tindakan apa yang seharusnya diambil jika ada, Mempengaruhi orang-orang untuk mengubah perilaku mereka.

Pengendalian Formulasi strategis merupakan proses memutuskan tujuan organisasi dan strategis untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Strategis menetapkan secara umum arah dan tujuan pengerakan organisasi yang diinginkan oleh manajemen senior. Jadi formulasi strategis adalah proses pengambilan keputusan strategi baru, sementara pengendalian menajemen adalah proses implementasi strategi tersebut. (other sources Articles material collected by: Frans Hero K. Purba)


Implementation of Efficiency and Effectiveness of Corporate Development Control

To manage the business and its resources in order to achieve effectiveness and high efficiency is a logical consequence of the company's desire to obtain the optimal benefit to the survival and growth of the company itself. Growing companies followed by a more complex course and extent of activities and problems faced thereby encouraging the emergence of a new field of auditing the inspection operation (operational audits). Operational inspection is an operating activities of an organization that aims to examine the efficiency and effectiveness of operations. Operational inspection activity will be beneficial for many companies because it can support the smooth implementation of continuity of operations against the company in the future. One of the functions within the company is selling function, where the sale is one of the main activities carried out in a company, so we need to receive considerable attention and the best possible management. Failures in sales activity will greatly influence the continuity of operations, because the sale is the company's main revenue source. Factor of internal control systems relating to the sale is necessary, because the sale is one element in the property income component, whose position is very important in corporate sustainability.
Control activities must be introduced companies, ranging from top management level to lower levels. Each job description should include the employees' responsibility to communicate the operational problems, violations of codes of ethics or illegal activities to superiors quickly so that immediate action is taken. Management control systems affect human behavior. Individual actions to achieve their personal goals will also help in achieving organizational goals.

Management control is a process with managers affect members of other organizations to implement organizational strategy. Elements of management control systems include strategic planning, budgeting, resource allocation, measurement, evaluation and appreciation of the performance, allocation of responsibility centers and transfer pricing. Management Control Activities: Plan what you should do the organization, to coordinate the activities of several parts of the organization, Communicating information, evaluate the information, decide what action should be taken if any, Influencing people to change their behavior.

Formulation of strategic control is a process of organizational goals and strategic decision to achieve these goals. Set the general strategic direction and objectives of the organization incrustation desired by senior management. So is the process of strategic formulation of new strategic decision-making, while management control is the process of implementation of the strategy.

Tuesday, August 24, 2010

Peluang Ekspansi Pasar Produk Pertanian Indonesia dalam rangka CAEXPO VII 2010, Nanning, China

Dalam proses perubahan persaingan di era globalisasi ini dewasa ini dapat diamati dari tiga aspek penggeraknya. Penggerak perubahan atau change driver yang Pertama adalah Teknologi, Kedua yakni Sistem Ekonomi serta yang Ketiga adalah Pasar. Pangsa pasar wilayah ASEAN-CHINA merupakan repositioning dan existence dalam menganalisis kembali strategi-strategi bisnisnya agar dapat memenangkan pasar. Melalui kegiatan Pameran promosi Internasional CAEXPO berupa pameran yang digelar setahun sekali di kota Nanning, propinsi Guangxi dengan disponsori bersama-sama oleh Kementerian Perdagangan China. Ekspor Indonesia ke China berupa produk pertanian, makanan, kerajinan tangan, dan sumber daya pertambangan terus meningkat, dan menurut catatan, pada 2008 berhasil menggaet devisa sekitar 134,9 juta dollar AS. Menurut data bahwa volume perdagangan antara kedua negara mencapai US$ 31,5 miliar atau tumbuh 25,7 persen dibanding tahun 2007. China menjadi negara pengimpor non migas nomor 1 bagi Indonesia juga merupakan mitra dagang nomor 3 bagi Indonesia dan pasar ekspor nomor 4 bagi Indonesia. Pada kegiatan pameran CAEXPO VI tahun yang lalu, dimana Pameran Pertanian menyiapkan 600 stan, memamerkan bahan pertanian, produk berbasis agro, makanan, usaha pertanian, taman industri, yang telah menarik banyak perusahaan terkemuka dan brandnames. Jasa Keuangan Pameran menampung 125 stan, membangkitkan minat yang tajam banyak bank terkemuka, perusahaan asuransi dan lembaga jasa keuangan dari China dan negara-negara lain.

Pada promosi pameran The 6th CAEXPO menarik perhatian luas di Cina dan seterusnya, sebagai sebuah pertemuan besar dari perusahaan terkemuka dan elit bisnis. CEO dari Fortune 500 Usaha, pemain industri terkemuka dan pejabat dari badan-badan promosi investasi internasional akan berpartisipasi dalam acara, tersebut.Pada event pameran 7th CAEXPO 2010 ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 24 Oktober 2010 di Nanning, China. Didukung oleh pasar CAFTA besar dan fasilitasi, ditambah dengan dukungan penuh dari pemerintah Cina dan ASEAN, CAEXPO telah berhasil diselesaikan selama 6 tahun berturut-turut, yang telah memperoleh kredit yang tinggi dari masyarakat politik dan bisnis Cina dan ASEAN. CAEXPO telah menjadi platform untuk pertukaran ekonomi dan perdagangan antara dua belah pihak. Untuk Skala booth pameran: 4.000 booths standar internasional secara keseluruhan, termasuk 2.800 stand indoor dan 600 stan outdoor di Nanning International Convention & Exhibition Hall (tempat utama dalam CAEXPO) 600 stan di Pameran Guangxi Hall (dalam CAEXPO sub-tempat).


The 7th akan mendirikan 5 tema pameran / paviliun, yaitu Paviliun Komoditi Perdagangan, Paviliun Kerjasama Investasi, Paviliun Perdagangan Jasa, Paviliun Advanced Teknologi dan Paviliun Kota dari Charm, dengan Paviliun Perdagangan Jasa Adapun profile setiap stan pameran:
1. Anjungan Perdagangan Komoditi ASEAN, 2. Paviliun Kerjasama Investasi, 3. Paviliun Teknologi Advanced, 4. Paviliun Perdagangan Jasa, 5. Paviliun Pesona Kota.

Dengan "CAFTA & Peluang Baru" sebagai Tema The 7th CAEXPO dan 10 negara-negara ASEAN masing-masing akan memilih kota yang khas di negara masing-masing yang menyukai peluang di CAFTA sebagai kota mereka sendiri pesona untuk menampilkan pengembangan dan peluang pariwisata, budaya dan pendidikan, sementara program tema yang relevan akan diatur selama periode ini. Kegiatan pameran 7th CAEXPO 2010 ini merupakan event exhibition mempertunjukan Negara-negara Asia dalam kapabilitas peluang ekspor dan perkembangannya di kancah pemasaran Internasional. (Sumber CAEXPO 2010 data terkait sebagai sumber, data diolah oleh F. Hero. K. Purba)

Monday, August 23, 2010

Strategi Pengembangan One Town One Product TAIWAN, serta Pembelajaran dari Jepang dalam pengembangan Usaha Agribisnis

OTOP (Satu Kota Satu Produk) adalah sebuah inisiatif berhasil oleh pemerintah untuk mendorong dan mendukung industri lokal dan mempromosikan produk unik perwakilan tempat asal mereka. pengunjung asing mencari produk-produk berkualitas dengan rasa yang kuat Taiwan pasti akan terkesan dengan keahlian, cinta untuk detail, selera, warna, dan daya tarik dari produk OTOP. OTOP Proyek dimulai oleh Kecil dan Menengah Administrasi (SMEA) Departemen Urusan Ekonomi mengikuti model yang sukses yang sama dimulai di Jepang dengan nama OVOP (Satu Desa Satu Proyek). Tujuan dari proyek lokal adalah untuk mengidentifikasi industri lokal di seluruh Taiwan 319 kota dan kota-kota yang mengkhususkan diri dalam produk yang telah secara tradisional diproduksi di sana, sangat penting budaya, unik, dan dibuat dengan bahan baku yang ditemukan di daerah tersebut. Untuk tanggal SMEA telah membantu lebih dari seratus produsen sudah memproduksi produk-produk berkualitas tinggi untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ketat OTOP. Sekarang ada empat toko khusus OTOP di Taiwan, berlokasi di kota Taipei, Taichung, dan Kaohsiung, dan di daerah resor Moon Lake Ming. Di sini Anda akan menemukan pilihan produk terbaik dan paling representatif dari pulau utama Taiwan dan lepas pantai. Jika Anda ingin langsung mengunjungi toko produsen tertentu,
Jadi, kemudian, apa produk yang ditemukan menjadi yang paling menonjol dan dengan demikian layak inklusi OTOP? Produk longgar dikategorikan sebagai "Dekorasi", "Makanan," "Minumlah," dan "Lainnya" bawah kategori Dekorasi., Anda akan menemukan berbagai macam produk keramik seperti set teh. Kerajinan yang dibuat oleh suku-suku asli Taiwan juga membuat persentase besar produk dalam kategori ini, di antara mereka menarik tangan-tenunan item dan ornamen yang dibuat dengan manik-manik lazurite. Produk yang dibuat dengan pola terang-bunga merah dengan mudah diakui sebagai Hakka kerajinan tradisional. Perbaikan dan harga dapat bervariasi secara signifikan, dari gelas atau porselen indah seni ukiran kayu sederhana, tapi apa semua produk telah di umum adalah bahwa masing-masing sangat berhubungan dengan tempat asalnya. Dengan belajar lebih banyak tentang produk Anda akan menyelidiki ke dalam dunia menarik dari sejarah lokal Taiwan dan budaya.

Sekali setahun, penghargaan terbaik SMEA-produk desain untuk mendorong kreativitas produsen dan mendorong mereka untuk terus menggelar kreasi baru. Pendatang untuk kompetisi 2009 Desain OTOP Awards harus menunjukkan "rasa lokal," harus memiliki desain "hijau," dan harus digunakan praktis. Selain itu, produsen harus memastikan bahwa produk tersebut dibuat dengan hanya menggunakan sumber bahan baku lokal dan keduanya diproduksi dalam jumlah yang signifikan dan didistribusikan dengan cara yang efisien.
Sepuluh produk yang beredar dihormati dengan OTOP Utama Design Award. Di antara mereka, rautan pensil "Reborn," dirancang oleh Rabbit Ind Co, segera merebut perhatian. Melihat lebih mirip vas bunga, itu harus salah satu penajam pensil yang paling bergaya yang pernah dibuat. Kertas Budaya Suho Memorial Foundation, yang menjalankan sebuah museum yang didedikasikan untuk seni tradisional pembuatan kertas di Taipei (www.suhopaper.org.tw), memenangkan penghargaan OTOP dengan tudung lampu unik terbuat dari ratusan potongan kertas kecil berbentuk bunga. Melilit atau ditempatkan di atas sebuah lampu biasa, teduh menciptakan nada lembut untuk hidup Anda atau kamar tidur.

Melihat beberapa produk pemenang, mungkin tidak cukup jelas apa yang membuat mereka unggul untuk desain lainnya. Hanya setelah pemeriksaan dekat cangkir teh Jiva Design Associates 'kaca, misalnya, apakah Anda menyadari bahwa adalah memiliki dinding ganda, sehingga Anda dapat memegangnya tanpa membakar tangan Anda saat ini berisi teh panas. Kaca jernih dengan pola tung-bunga indah terukir memungkinkan Anda untuk melihat warna teh yang baru diseduh. Warna teh Anda tidak mudah dilihat bila menggunakan teh gelap gulita ditetapkan diciptakan oleh Zantan Studio; apa yang membuat teh ini diatur khusus, bagaimanapun, adalah bahwa radiasi infra merah jauh yang berasal dari permukaan arang dari barang-barang membuat molekul air lebih kecil dan dengan demikian memberikan teh merasa halus. Tabung tanah berbentuk telur yang dirancang oleh Hakka-Blue tidak hanya media penyimpanan bagus tapi juga barang hiasan yang menarik. The "retak" di permukaan membuat objek terlihat seperti telur teh "," makanan kecil yang terkenal di Taiwan, dan bagian atas tutup berbentuk seperti daun teh.
OTOP berarti "Satu Kota Satu Produk" sebuah kota yang khusus. Konsep diperkenalkan dari Jepang SDSP (One Village One Product) Satu Desa Satu Produk Gerakan, konsep ini pada tahun 1979 oleh mantan Gubernur Oita, Jepang (setara dengan kabupaten) Dr Morihiko Hiramatsu, yaitu, setiap kota dengan karakteristik lokal, pengembangan segmen makanan khusus kerajinan atau industri. Industri dengan karakteristik lokal "lokal" adalah daerah pedesaan, kota, kota berbasis, produk kebutuhan untuk mengembangkan karakteristik karakteristik bersejarah, budaya, unik, atau unik seperti salah satu tempat untuk mempromosikan Kecil dan Menengah Hal ini cukup beragam, mulai dari kerajinan, makanan, atraksi. Sebagai contoh: Yingge keramik, kaca Hsinchu, Dasi kering tahu, teh hitam dan industri khusus lainnya. Pengembangan anggota manajemen industri lokal yang menangani industri lokal standar kegiatan pengamatan kasus dan sumber daya masyarakat dan festival lokal, promosi industri dan media kampanye publisitas yang cocok dengan daerah lain sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil konseling


Departemen Urusan Ekonomi Departemen untuk membantu UKM industri menggunakan khusus, berdasarkan konsep ekonomi berbasis pengetahuan terkemuka, membuat jenis baru nilai tambah yang tinggi ekonomi cluster-gaya, telah menyusun rencana. Kecil dan Menengah Badan Republik sejak 78 tahun mempromosikan "usaha kecil untuk lokal dan program komunitas konseling pengalaman," telah terakumulasi selama bertahun-tahun, bimbingan masa depan proses ini, selanjutnya akan mempromosikan pemasaran produk-produk dengan karakteristik lokal, dan melalui aliansi strategis dan integrasi sistem saluran penjualan, pemasaran produk dengan karakteristik lokal Taiwan dan internasional, dan industri untuk menarik konsumen untuk mengalami berbagai fitur karakteristiknya. Proyek ini adalah melalui tim konseling, dengan menggunakan sumber daya lokal, gabungan sumber daya manusia, merangsang kreativitas dan mengembangkan produk dan layanan baru, meningkatkan nilai tambah di sektor real estate, konseling utama adalah sebagai berikut:

1. Konseling dengan selera lokal, masyarakat lokal atau organisasi perusahaan
2. Konseling Produsen industri karakteristik Model tata ruang, desain fitur produk, dan manajemen proyek
3. Untuk industri khusus asing dan kegiatan pemasaran produk untuk mengamati
4. Untuk membantu pemasaran produk khusus lokal dan integrasi sistem membangun jaringan
5. Bantuan untuk desain produk kemasan dan desain produk atau peningkatan teknologi produksi
6 Pengembangan bakat manajemen industri lokal.
7. Go industri lokal melalui kegiatan pengamatan kasus standar
8. Dikombinasikan dengan sumber daya masyarakat dan festival lokal, promosi industri dan media kampanye publisitas untuk mencocokkan
9. Yang lain adalah cukup untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil konseling
Dengan demikian pengembangan One Town One Product sesuatu hal yang patut dikembangkan demi kemajuan dalam pemasaran agribisnis secara hakiki, hal ini merupakan salah satu marketing gerilya dalam pengembangan agribisnis. (Sources: OTOP Taiwan, other resources material, data process by F. Hero K. Purba)

Potensi Peluang Pasar dalam Ekspansi Ekspor Produk Indonesia di Pasar Asia Tengah / Strategy for Central Asian Market Opportunity

false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Apabila melihat potensi pasar dari Uzbekistan dengan pendapatan per kapita US$1.983 (2006) memiliki magnet kuat, seperti halnya Tajikistan, Kazakstan, Turkmenistan, dan Kyrgyzstan. Kelima negara itu memiliki keuntungan ekonomi dari minyak dan gas bumi. Untuk potensi dan peluang pasar di Uzbekistan cukup besar karena kemampuan industri memproduksi barang di negara ini masih terbatas. Hampir 80% barang-barang konsumsi diimpor dari negara lain. Asia Tengah mempunyai tiga keuntungan besar, yakni (1) keuntungan sumber daya alam; (2) pasar dan (3) keuntungan sebagai jembatan. Asia tengah sangat kaya akan minyak bumi dan gas alam. Berdasarkan data statistik, cadangan minyak di seluruh kawasan (termasuk laut Kaspia) mencapai 23 milyar ton, yang berarti kedua terbesar setelah kawasan teluk. Sedang cadangan gas alamnya mencapai 3000 milyar ton, menempati urutan ketiga di dunia. Cadangan uranium, dan emas sangat besar dan merupakan produsen kapas terbesar di dunia. Penduduk Asia Tengah 550 juta jiwa yang merupakan pasar potensial. Sedang posisinya menajdai jembatan antara benua Asia dan Eropa sehingga disebut jalur sutera ”Silk Road”.

Indonesia memberikan pengakuan atas kemerdekaan dan kedaulatan Republik Uzbekistan pada tanggal 28 Desember 1991 dan telah mendukung keanggotaan negara tersebut dalam PBB dan beberapa organisasi internasional lainnya. Sikap Uzbekistan terhadap Indonesia cenderung bersifat netral, dan memandang bahwa masalah dalam negeri Indonesia dapat diselesaikan sendiri oleh Indonesia. Hubungan kerjasama kedua negara di forum internasional selama ini berjalan positif, dan saling mendukung .(sumber akses DEPLU, Data diolah berbagai sumber oleh Frans Hero K. Purba)

PERDAGANGAN RI- UZBEKISTAN *)

year on year) 2007 2008*)

Indonesia - Ekspor ($) 1,6 Juta 3,8 Juta

Indonesia - Impor ($) 26,6 Juta 9,9 Juta

______________________________________________

Neraca Perdagangan ($) (-25) Juta (-6,1) Juta

Volume Perdagangan ($) 28 Juta 13,7 Juta

Dalam akhir tahun 2008 terdapat penurunan volume perdagangan RI-Uzbekistan disebabkan oleh pengaruh krisis keuangan global, namun terdapat peningkatan ekspor RI ke Uzbekistan dan begitupula terjadi penurunan impor dari Uzbekistan.


Nilai Ekspor Indonesia ke Asia Tengah (US$)

Keterangan

2002

2003

2004

2005

2006

2007

Uzbekistan

650.200

1.084.700

623.400

1.363.800

1.181.100

1.617.100

Kazakhstan

4.881.500

1.871.400

3.264.600

4.247.800

1.313.600

5.849.700

Kyrgyszstan

662.100

729.000

240.600

242.500

529.100

1.295.900

Tajikistan

189.900

818.600

75.400

87.600

129.300

485.900

Turksmenistan

630.400

908.700

808.000

286

115.700

600.400

Sumber: Depdag, 2008.

Kesempatan dan peluang strategi di Pasar Timur Tengah ini merupakan suatu peluang bagi Indonesia untuk ekspansi pasar bagi berbagai komoditi. Jadi pada intinya untuk ekspansi pasar Asia Tengah perlu menerapkan komponen strategy dilakukan eksplorasi pasar dengan melakukan segmentasi, targeting dan positioning. Selanjutnya tactic terdiri dari tiga komponen yaitu diferensiasi, marketing-mix dan selling. Pada bagian value terdiri dari brand yang harus dibangun oleh perusahaan sebagai value indikator dan harus ditingkatkan secara kontinyu melalui elemen service, dan didukung oleh proses (process) yang berperan sebagai value enabler. Selanjutnya arsitektur bisnis yang didesain untuk Pasar Timur Tengah tentunya berbeda dengan strategi pasar negara lain.

Strategi Pembelajaran dari Pengalaman Taiwan dalam Revitalisasi Pertanian dan Pengembangan One Town One Product

Beberapa hal hasil Workshop on Agricultural Marketing and Rural Development yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 17 Agustus 2010. ngan ini yang diikuti oleh 19 Negara yang berpartisipasi dari Afrika Selatan, Tuvalu, Saudi Arabia, Belize, Panama, Saint Vincent & the Grenadines, Honduras, Chile, Russia, Saint Lucia, Ecuador, Palau, Israel, Malaysia, Indonesia (dari Ditjen PPHP, Kementerian Pertanian: Frans Hero K. Purba, MBA) Burkina Faso, Marshal Island, Thailand, dan Sao Tome Principe. Pengalaman ini memberikan sesuatu yang berarti untuk pembelajaran dari negara Taiwan. Belajar dari beberapa Country Presentation dari berbagai negara (Country Report),Group Presentation dan Lecture dari berbagai pengalaman beberapa Professor Pertanian di Taiwan:

· Practical Issues of Agricultural Extension

· Marketing and Promoting Taiwan distinctive local Industries

· Introduction about Taiwan

· Agriculture E-Commerce

· Agribusiness Strategy Management

· Marketing Strategy for Agricultural Products

· Development Strategy of Recreation Agriculture and Rural Development

Serta Field Visit ke Daerah Pertanian Taiwan yang tak terlupakan dari berbgai system tyang terkoordinasi yakni:

· Taiwan Agricultural Product Marketing System

· Agricultural Extension Taichung, Taiwan.

· Wufeng Farmers Association

· Taiwan One Town One Product (OTOP) Shop

· Lugu Townships Famers Association

· Culture Tour-Eco Tourism

· Tao-Mi Eco Village

· Chin-Yong DIY Recreational Farm for Tomato-Tomato of the World Plant

2. Berdasarkan sejarah bahwa Invasi Jepang ke Taiwan tahun 1895 adalah perang yang terjadi antara kekaisaran Jepang dan Republik Formosa tahun 1895, setelah Dinasti Qing Tiongkok menyerahkan Taiwan dan Pescadores kepada Jepang dalam Perjanjian Shimonoseki. Konflik terjadi selama lima bulan, membunuh hampir 14.000 orang Formosa dan hampir 5.000 orang Jepang, terutama karena penyakit, termasuk pangeran Kitashirakawanomiya Yoshihisa dari keluarga kerajaan Jepang. Taiwan itu sendiri adalah sebuah pulau di Asia Timur. People`s Republic of China (PRC) atau Republik Rakyat China (RRC), atau sering disebut "China" yang beraliran "Kaochantang" (Komunis) menganggap Taiwan sebagai "Provinsi yang memberontak", sedangkan Taiwan menyebut dirinya sebagai negara tersendiri dengan nama "Republik of China" (ROC) yang beraliran "Kaomintang" (Nasionalis). Pulau utama Taiwan dikenal sebagai Formosa (dari bahasa Portugis Formosa, yang berarti "pulau yang indah"), terletak di Asia Timur. Pulau ini dihubungkan ke timur oleh Samudera Pasifik, ke selatan oleh Laut Cina Selatan dan Selat Luzon, ke barat oleh Selat Taiwan, dan ke utara oleh Laut China Timur. Pulau ini mempunyai panjang 394 kilometer (245 mil) dan lebar 144 kilometer (89 mil). ROC menguasai daerah kepulauan Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy, dan Kepulauan Matsu.

OTOP (Satu Kota Satu Produk) adalah sebuah inisiatif berhasil oleh pemerintah untuk mendorong dan mendukung industri lokal dan mempromosikan produk unik perwakilan tempat asal mereka. pengunjung asing mencari produk-produk berkualitas dengan rasa yang kuat Taiwan pasti akan terkesan dengan keahlian, cinta untuk detail, selera, warna, dan daya tarik dari produk OTOP. OTOP Proyek dimulai oleh Kecil dan Menengah Administrasi (SMEA) Departemen Urusan Ekonomi mengikuti model yang sukses yang sama dimulai di Jepang dengan nama OVOP (Satu Desa Satu Proyek). Tujuan dari proyek lokal adalah untuk mengidentifikasi industri lokal di seluruh Taiwan 319 kota dan kota-kota yang mengkhususkan diri dalam produk yang telah secara tradisional diproduksi di sana, sangat penting budaya, unik, dan dibuat dengan bahan baku yang ditemukan di daerah tersebut. Untuk SMEA telah membantu lebih dari seratus produsen sudah memproduksi produk-produk berkualitas tinggi untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ketat OTOP. Sekarang ada empat toko khusus OTOP di Taiwan, berlokasi di kota Taipei, Taichung, dan Kaohsiung, dan di daerah resort Moon Lake Ming.

Prestasi ekspor elektronik dan permesinan Taiwan yang telah menyumbang 70% pertumbuhan GDP merupakan penggerak utama industrialisasi Taiwan, sehingga bulan Maret 2010 yang lalu mampu memiliki cadangan devisa luar negeri sebesar USD 355 milyar lebih dan telah menempatkan Taiwan pada posisi ke-4 tertinggi di dunia. Indonesia adalah mitra dagang urutan ke sebelas terbesar Taiwan, merupakan sumber impor urutan ke sembilan terbesar dan pasar ekspor urutan ke empat-belas terbesar. Beberapa pelajaran yang bisa diambil dari pembangunan pertanian di Taiwan yaitu:

1. Presiden Lee Teng Hui melakukan strategi intensifikasi pertanian untuk meningkatkan produksi dan produktivitas di sektor hulu, terutama karena konstrain areal luas wilayah Taiwan. Prioritas awal pembangunan pertanian ditekankan pada kecukupan komoditas pangan, terutama beras di dalam negeri yang dilakukan dengan kesadaran penuh karena tingginya laju pertumbuhan penduduk pada waktu itu.

2. Taiwan pada masa Presiden Lee Teng Hui melakukan pembangunan besar-besaran infrastruktur fisik seperti jalan, jembatan, saluran irigasi, listrik, air bersih, dan telekomunikasi telah mampu menjadi penghubung yang paling efisien dalam aktivitas ekonomi di negara tersebut. Secara teori, intensifikasi pertanian yang didukung pembangunan infrastruktur ekonomi seperti ini akan menghasilkan dampak ganda pada penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

3. Presiden Lee melakukan deregulasi ekonomi yang cukup konsisten untuk menghilangkan hambatan perdagangan antardaerah, menyederhanakan prosedur pajak, memberikan akses yang seimbang bagi UKM terhadap sumber pendanaan, perbankan dan nonperbankan, serta mengurangi pungutan di pelabuhan untuk stimulasi perdagangan internasional.

4. Taiwan kemudian melakukan pengembangan teknologi secara hati-hati, tidak asal high-tech, tapi lebih banyak didasarkan pada keunggulan komparatif dan kompetitif negara tersebut. Serapan tenaga kerja dan penciptaaan lapangan kerja baru menjadi sangat tinggi, sampai pada kaum minoritas asal Asia Tenggara pun memiliki pekerjaan dan menunjukkan produktivitas tenaga kerja yang tinggi. Hasil dari kecermatan tersebut, ekspor komoditas pertanian Taiwan produk manufaktur, elektronika, dan high-tech lainnya mampu merajai pasar Asia dan bahkan dunia. Tak heran Taiwan dijuluki Empat Macan Asia bersama Hongkong, Korea Selatan, dan Singapura. Bagaimanapun pembangunan pertanian di Taiwan seharusnya menjadi bahan berharga bagi para perumus kebijakan dan kalangan akademisi di negeri ini. Minimal, mereka perlu secara terus terang menunjukkan pemihakan yang serius dan memberikan perhatian penuh pada petani dan kelompok miskin lainnya. Indonesia adalah mitra dagang urutan ke sebelas terbesar Taiwan, merupakan sumber impor urutan ke sembilan terbesar dan pasar ekspor urutan ke -14 terbesar. Ini merupakan suatu pembelajaran dari kemajuan taiwan dalam Pengembangan OTOP dan idang technology lainnya.


Some things the Workshop on Agricultural Marketing and Rural Development that was held on August 4 to 17, 2010. This is followed by the 19 participating countries from South Africa, Tuvalu, Saudi Arabia, Belize, Panama, Saint Vincent & the Grenadines, Honduras, Chile, Russia, Saint Lucia, Ecuador, Palau, Israel, Malaysia, Indonesia (from DG PPHP , Ministry of Agriculture: Frans Hero K. Purba, MBA), Burkina Faso, Marshal Islands, Thailand, and Sao Tome Principe. This experience gives meaning to learning something from the state of Taiwan. Learning from some of Country Presentation from various countries (Country Report), Group Presentation and Lecture from the various experiences of some of Professor of Agriculture in Taiwan:

· Practical Issues of Agricultural Extension

Marketing and Promoting Taiwan · local Distinctive Industries

· Introduction about Taiwan

· Agriculture E-Commerce

· Agribusiness Management Strategy

· Marketing Strategy for Agricultural Products

· Recreation Development Strategy of Agriculture and Rural Development

And the Regional Agricultural Field Visit to Taiwan from berbgai unforgettable tyang coordinated system that is:

· Taiwan Agricultural Product Marketing System

Agricultural Extension · Taichung, Taiwan.

· Wufeng Farmers Association

· Taiwan One Town One Product (OTOP) Shop

· Naive townships Famers Association

· Culture Tour-Eco Tourism

Tao-Mi · Eco Village

Chin-Yong · DIY Recreational Farm for Tomato-Tomato of the World Plant



2. Based on the history of the Japanese invasion of Taiwan in 1895 was a war that happened between imperial Japan and the Republic of Formosa in 1895, after the Qing dynasty of China hand over Taiwan and the Pescadores to Japan in the Treaty of Shimonoseki. The conflict occurred over five months, killing almost 14,000 people and nearly 5000 people Formosa Japan, mainly because of diseases, including Kitashirakawanomiya Yoshihisa prince of the royal family of Japan. Taiwan itself is an island in East Asia. People `s Republic of China (PRC) or the People's Republic of China (PRC), or often called" China "an homage to" Kaochantang "(Communist) regards Taiwan as a" rebellious province ", while Taiwan calls itself as a separate state under the name" Republic of China "(ROC) a homage to" Kaomintang "(Nationalist). The main island of Taiwan is known as Formosa (from Portuguese Formosa, meaning "beautiful island"), located in East Asia. The island is connected to the east by the Pacific Ocean, to the south by the South China Sea and Luzon Strait, to the west by the Strait of Taiwan, and to the north by the East China Sea. This island has a length of 394 kilometers (245 miles) wide and 144 kilometers (89 miles). ROC control of the islands of Taiwan, the Pescadores islands, Quemoy and Matsu Islands.

OTOP (One Town One Product) is an initiative managed by the government to encourage and support local industry and promote the unique products representative of their hometowns. foreign visitors looking for quality products with a strong sense of Taiwan would be impressed with the expertise, love for detail, taste, color and attractiveness of the OTOP products. OTOP project initiated by the Small and Medium Enterprise Administration (SMEA), Ministry of Economic Affairs to follow the same successful model started in Japan by the name of OVOP (One Village One Project). The purpose of the local project was to identify local industry throughout Taiwan 319 cities and towns that specialize in products that traditionally have been produced there, is very important cultural, unique, and made with materials found in the area. To SMEA has helped more than a hundred manufacturers already producing high quality products to ensure that they meet strict standards OTOP. Now there are four specialty stores in Taiwan OTOP, located in the city of Taipei, Taichung, and Kaohsiung, and the Moon Lake area resorts Sun



Achievement of electronic and machinery exports of Taiwan has donated 70% of GDP growth are the key drivers of industrialization of Taiwan, so that months ago in March 2010 is able to hold foreign reserves amounted to USD 355 billion more and has placed Taiwan on the 4th highest position in the world. Indonesia is ranked eleventh trading partner of Taiwan's largest, is the source sequence into the nine largest import and export market order to a four-twelfth largest. Several lessons can be learned from the development of agriculture in Taiwan, namely:

1. President Lee Teng Hui to agricultural intensification strategies to increase production and productivity in the upstream sector, mainly due to area constraints Taiwan area. Initial priorities of agricultural development is emphasized upon the adequacy of food commodities, especially rice domestically made with full awareness due to high population growth rate at that time.

2. Taiwan at the time of President Lee Teng Hui conduct large-scale development of physical infrastructure such as roads, bridges, irrigation, electricity, clean water, and telecommunications have been able to bridge the most efficient in economic activity in that country. In theory, the intensification of agriculture which supported the development of economic infrastructure such as this would produce a double impact on job creation and increased incomes.

3. President Lee to deregulate the economy is sufficiently consistent to eliminate trade barriers between regions, simplifying tax procedures, provide a balanced access for SMEs to sources of financing, banking and nonperbankan, and reduce charges at the port for the stimulation of international trade.

4. Taiwan and then to develop the technology with caution, not the origin of high-tech, but more based on comparative advantage and competitive country. Uptake of labor and the creation of new jobs is very high, up in the minorities of Southeast Asian origin also have jobs and show a high labor productivity. The result of these austerity, Taiwan's exports of agricultural commodities manufactured products, electronics, and other high-tech able to dominate Asian markets and even the world. No wonder Taiwan is called Four Tigers of Asia with Hong Kong, South Korea, and Singapore. However the development of agriculture in Taiwan should be a valuable material for policymakers and academics in this country. At a minimum, they need to openly indicate serious bias and give full attention to the farmers and other poor groups. Indonesia is ranked eleventh trading partner of Taiwan's largest, is the source sequence into the nine largest import and export market to the -14 sequence of the largest. This is an advancement of learning from Taiwan in the field of technology development and other OTOP.