Persaingan usaha dalam dunia
bisnis, yang diperebutkan adalah Market Share dan Profit, dan didalam
persaingan ini, kita berhadapan dengan kompetitor, pelanggan, pemasok,
serta lingkungan eksternal seperti teknologi, hukum, politik, peraturan
pemerintah, demografi, psycografi dan sebagainya. Usaha yang dilakukan oleh dua atau
lebih pihak yang bertindak secara mandiri untuk menjalin atau mempertahankan
bisnisnya dengan pihak ketiga melalui cara penawaran yang terbaik. Pertempuran
atau pergolakan antara dua pesaing/rival untuk persaingan perdagangan yang sama
pada waktu yang sama. Usaha untuk memperoleh sesuatu di dari pihak lain.Perkembangan
Dunia usaha / bisnis, kompetisi atau persaingan untuk merebut pasar terasa
demikian ketat. Persaingan Bisnis Global dari tahun ketahun semakin ketat
dengan berbagai macam jenis persaingan usaha. Bisnis persaingan global adalah
ibaratnya memasuki perang tanding disuatu arena. Para pelaku usaha /
businessman dan manajer pemasaran dalam era globalisasi memasuki suatu era
persaingan total. Mereka itu memasuki suatu era dimana memenangkan persaingan
akan menjadi makin sulit dalam persaingan yang ketat. Kemampuan daya saing
masyarakat dalam tuntutan globalisasi membuka peluang bagi dunia bisnis untuk
tumbuh menjadi makin berkualitas dengan efisiensi dan tentunya kompetitif
fungsi bisnis yang berkepentingan dalam menunjang adaptasi itu dengan
lingkungan eksternal adalah pemasaran (marketing). Menurut Michael Porter
dijelaskan satu konsep yang telah menjadi dikenal sebagai “lima model memaksa”.
Konsep ini melibatkan hubungan antara pesaing dalam industri, potensi pesaing,
pemasok, pembeli dan alternatif solusi untuk masalah yang ditangani. Sementara
setiap industri melibatkan semua faktor tersebut, kekuatan relasional yang
berbeda-beda. Porter menjelaskan bahwa terdapat lima kekuatan yang menentukan
industri menarik, dan jangka panjang industri profitabilitas. Ini lima
“kompetitif memaksa” adalah:
-
Ancaman masuk pesaing baru (new competitor)
- Ancaman pengganti (Treats Substitution)
- Daya tawar dari pembeli (Bargaining Position of Buyer)
- Daya tawar dari pemasok
- Tingkat persaingan antara pesaing yang ada
- Ancaman pengganti (Treats Substitution)
- Daya tawar dari pembeli (Bargaining Position of Buyer)
- Daya tawar dari pemasok
- Tingkat persaingan antara pesaing yang ada
Salah
satu faktor yang mempengaruhi daya saing kita adalah produktivitas dan
efisiensi. Kita ketahui bawa tingkat produktivitas bangsa kita sangat rendah
dibandingkan dengan negara-negara pesaing kita. Rendahnya produktivitas
menyebabkan kemapuan memproduksi barang yang sama kita memerlukan dana dan
waktu yang lebih banyak. (data diolah oleh Frans Hero K. Purba, resources data
materials). Pengembangan Bisnis dalam era globalisasi akan diselenggarakan oleh
individu dalan kerjasama tim yang data membaurkan; 1. Keuletan bernegosiasi
dengan wawasan (vision), 2. Kesabaran dengan kekerasan hati (tenacity)
dan 3. Fleksibilitas dengan fokus.
No comments:
Post a Comment