Produk organik akan tumbuh seiring dengan peningkatan
permintaan. Harga sangat dipengaruhi keseimbangan permintaan dan penawaran
serta inflasi. Adapun kompetisi juga akan meningkat untuk produk-produk organik
eco-label. Nilai perdagangan produk
organik AS tahun 2011 mencapai 30 miliar dollar AS. Diperkirakan sampai tahun
2015 pertumbuhan rata-rata pasar organik Amerika Utara sebesar 12 persen.
(Sources: Aliansi Organik, data diolah F. Hero K. Purba). Peluang bisnis organik sangat terbuka luas
dengan pangsa pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjajikan
potensi income. Untuk produk pangan organik olahan harus terdiri dari
bahan-bahan pangan yang dibudidayakan dan diolah secara organik. Jika menggunakan bahan tambahan, maka bahan
tambahan tersebut harus bahan yang diijinkan digunakan dalam pengolahan pangan
organik. Jika ingridien asal produk pertanian organik tidak tersedia, atau
dalam jumlah tidak mencukupi, bahan pangan non organik dapat digunakan dalam
pangan olahan organik maksimal 5 % dari total berat atau volume, tidak termasuk
air dan garam. Dalam artian bahwa standar hanya memperkenankan minimal 95%
kandungan bahan pangan organik yang digunakan dalam pangan olahan organik,
tidak termasuk air dan garam. Bahan pangan organik tersebut bukan merupakan
campuran bahan pangan organik dan non organik yang sejenis.
Negara
Eropa sendiri di Belgia Sebagian besar produk-produk organik menanggung label
Biogarantie Belgia. Label ini adalah label swasta yang sudah ada sejak lebih
dari 25 tahun. Sebagai pribadi, itu hanya dapat digunakan setelah menerima
sertifikat tambahan dan setelah pembayaran royalti. Label yang dimiliki oleh
organisasi nirlaba Biogarantie vzw. Selama 2008, BioForum akan menjadi pemegang
lisensi label. Adanya kesepakatan para Menteri Pertanian Uni Eropa mencapai
mengenai aturan baru (Council Regulation (EC) No 834/2007) tentang produksi dan
pelabelan organik pada tanggal 12 Juni 2007 di Brussel Belgia. Peraturan ini menggantikan
Council Regulation (EEC) No 2092/91 dan akan berlaku mulai 1 Januari 2009.
Aturan baru ini mengatur tujuan, prinsip dan aturan umum mengenai produksi
organic termasuk juga mengenai aturan impor dan system pengawasannya. Selain
itu, aturan ini mewajibkan pelabelan organik Uni Eropa bagi produk organik
dipasarkan di Uni Eropa, namun produk tersebut dapat menyertakan label logo
organik nasional atau swasta.
Keberlanjutan
dari agribisnis organik, tidak dapat dipisahkan dengan dimensi ekonomi, selain
dimensi lingkungan dan dimensi sosial. Pertanian
organik semakin mendapat perhatian dari sebagian besar masyarakat, baik di
negara maju maupun negara berkembang, khususnya mereka yang sangat
memperhatikan kualitas kesehatan, baik kesehatan manusia maupun lingkungan.
Berdasarkan data peringkat negara dengan lahan pertanian organik yang paling
luas adalah Australia dengan total luas 11, 3 juta ha disusul Argentina 3 juta
ha dan Italia, 1,2 juta ha. Namun persentase tertinggi luas lahan pertanian
organik dibandingkan dengan luas total lahan pertanian seluruhnya diduduki oleh
Austria,
Swiss dan negara-negara Skandinavia. Di Swiss sendiri lebih dari 10 persen
lahan pertaniannya dikelola dengan sistem pertanian organik. Sebuah bisnis yang sukses selalu mencakup sebuah
rencana bisnis yang baik. Sebuah perusahaan pertanian yang bergerak di bisnis
organik kebutuhan untuk menghasilkan keuntungan yang akan bermanfaat bagi
petani dengan keberlanjutan terhadap usaha pertanian organik tersebut. Dalam
rangka untuk menilai jika tanaman atau produk baru, seperti organik, akan
bekerja untuk bisnis, perlu untuk "menjalankan angka" dan flush
rincian dengan mempersiapkan rencana suara. Proses pengembangan rencana bisnis
memungkinkan pengusaha untuk menemukan risiko dan bahaya tersembunyi dalam
sebuah ide baru dan menentukan profitabilitas gagasan itu. Selain itu, pemberi
pinjaman dan penyandang dana mungkin memerlukan sebuah rencana bisnis sebelum
pembiayaan operasi.
No comments:
Post a Comment