Thursday, November 26, 2015

Kompetisi Pemasaran Global Pengolahan Hasil Produk Pertanian





Sudah berapa besarkah hasil produk pertanian Indonesia mencapai sasaran dalam bentuk bahan baku dan hasil olahan? Dalam hal ini pentingnya Agroindustri yang merupakan  kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku. Saat ini sekitar 70 persen dari ekspor produk pertanian Nasional, seperti biji kopi, kakao, karet, dan minyak sawit (CPO) masih dalam bentuk primer atau produk mentah, sehingga tidak memiliki nilai tambah pengolahanUntuk peningkatan daya saing akan difokuskan pada produk berbasis sumber daya lokal berikut: (1)produk yang dapat meningkatkan pemenuhan permintaan untuk konsumsi dalam negeri dan (2) produk yang dapat mengurangi ketergantungan impor (substitusi impor).Sektor pertanian khususnya disektor hilir tidak hanya meningkatkan perekonomian tetapi juga memberikan suatu dampak mutiefek bagi sektor hulu. Mewujudkan program untuk harapan pengolahan sektor pertanian. Semua pihak bersinergi bahu membahu dalam mewujudkan hasil produk olahan yang berdaya saing dipasar bebas, semoga tidak hanya sekedar wacana. Jika dibandingkan produk olahan impor yang akan masuk ke pasar domestic dengan kompetisi global. Harga impor produk olahan yang berdaya saing dibandingkan dengan produk domestic. Pengembangan pengolahan hasil-hasil pertanian serta menjadi wadah kemitraan untuk pengembangan agroindustri lokal. Transformasi pembangunan dibidang pertanian kepada pembangunan yang digerakkan oleh modal dan selanjutnya digerakkan oleh inovasi. Sehingga melalui membangun agribisnis akan mampu mentransformasikan perekonomian Indonesia dari berbasis pertanian dengan produk utama (Natural resources and unskill labor intensive) kepada perekonomian berbasis industri dengan produk utama bersifat Capital and skill Labor Intesif dan kepada perekonomian berbasis inovasi dengan produk utama bersifat Innovation and skill labor intensive. Aktivitas pengolahan hasil pertanian sederhana di tingkat petani, tetapi menyangkut keseluruhan kegiatan mulai dari penanganan pasca panen produk pertanian sampai pada tingkat pengolahan lanjutan dengan maksud untuk menambah value added (nilai tambah) dari produksi primer tersebut. Dengan demikian proses pengupasan, pembersihan, pengekstraksian, penggilingan, pembekuan, pengeringan, dan peningkatan mutu. Sub sistem pemasaran mencakup pemasaran hasil-hasil usahatani dan agroindustri baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Kegiatan utama subsistem ini adalah pemantauan dan pengembangan informasi pasar dan market intelligence pada pasar domestik dan pasar luar negeri.
Adapun keunggulan kompetitif hasil olahan produk pertanian merupakan hasil interaksi dari tiga tingkatan pasar yaitu pasar internasional dari produk, pasar domestik dari produk, dan pasar sarana produksi. Dengan kata lain, keunggulan kompetitif suatu komoditas pertanian, merupakan hasil resultan dari rantai agribisnis secara vertikal mulai dari perolehan sarana produksi, usaha tani, pemasaran domestik, dan pemasaran internasional. Menurut data pada tahun 2010 konsumsi umbi-umbian secara nasional adalah   51,66  gram/kapita/hari,  terdiri dari :  Singkong: 35,32 gram/kapita/hari, Ubi jalar: 7,60 gram/kapita/hari,Kentang:5,59  gram/kapita/hari, Sagu: 1,43 gram/kapita/hari, Umbi lainnya: 1,72   gram/kapita/hari. Permasalahan terkait dengan upaya membangun usaha pengolahan diantaranya adalah: (a) Skala usaha kecil dan tersebar, sehingga berdampak kepada tingginya inefisiensi karena besarnya biaya pemasaran; (b) Masih rendahnya standar penanganan pasca panen dan pengolahan; (c) Kinerja teknologi pengolahan dinilai belum mampu menghasilkan produk olahan berdaya saing tinggi sesuai dengan tuntutan kompetisi pasar yang semakin tinggi; (d) Mutu produk olahan dinilai masih rendah, kuantitas rendah, dan adanya inkontinuitas produk. Penerapan teknologi pengolahan hasil pertanian memang membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli alatnya. Pemerintah pun melakukan dukungan dengan dikeluarkannya kebijakan kredit perbankan. Diharapkan prospek kedepan tidak hanya mimpi memperbaiki produk olahan yang berdaya saing dalam meningkatkan pemasaran Domestik dan Pemasaran Internasional yang berdayasaing.(Berbagai media terkait, data diolah F. Hero K. Purba)

No comments: