Tuesday, September 24, 2013

Persaingan Usaha dalam Kompetisi Bisnis Global



Persaingan usaha dalam dunia bisnis, yang diperebutkan adalah Market Share dan Profit, dan didalam persaingan ini, kita berhadapan dengan kompetitor, pelanggan, pemasok, serta  lingkungan eksternal seperti teknologi, hukum, politik, peraturan pemerintah, demografi, psycografi dan sebagainya. Usaha yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak yang bertindak secara mandiri untuk menjalin atau mempertahankan bisnisnya dengan pihak ketiga melalui cara penawaran yang terbaik. Pertempuran atau pergolakan antara dua pesaing/rival untuk persaingan perdagangan yang sama pada waktu yang sama. Usaha untuk memperoleh sesuatu di dari pihak lain.Perkembangan Dunia usaha / bisnis, kompetisi atau persaingan untuk merebut pasar terasa demikian ketat. Persaingan Bisnis Global dari tahun ketahun semakin ketat dengan berbagai macam jenis persaingan usaha. Bisnis persaingan global adalah ibaratnya memasuki perang tanding disuatu arena. Para pelaku usaha / businessman dan manajer pemasaran dalam era globalisasi memasuki suatu era persaingan total. Mereka itu memasuki suatu era dimana memenangkan persaingan akan menjadi makin sulit dalam persaingan yang ketat. Kemampuan daya saing masyarakat dalam tuntutan globalisasi membuka peluang bagi dunia bisnis untuk tumbuh menjadi makin berkualitas dengan efisiensi dan tentunya kompetitif fungsi bisnis yang berkepentingan dalam menunjang adaptasi itu dengan lingkungan eksternal adalah pemasaran (marketing). Menurut Michael Porter dijelaskan satu konsep yang telah menjadi dikenal sebagai “lima model memaksa”. Konsep ini melibatkan hubungan antara pesaing dalam industri, potensi pesaing, pemasok, pembeli dan alternatif solusi untuk masalah yang ditangani. Sementara setiap industri melibatkan semua faktor tersebut, kekuatan relasional yang berbeda-beda. Porter menjelaskan bahwa terdapat lima kekuatan yang menentukan industri menarik, dan jangka panjang industri profitabilitas. Ini lima “kompetitif memaksa” adalah:
- Ancaman masuk pesaing baru (new competitor)
- Ancaman pengganti (Treats Substitution)
- Daya tawar dari pembeli (Bargaining Position of Buyer)
- Daya tawar dari pemasok
- Tingkat persaingan antara pesaing yang ada
Salah satu faktor yang mempengaruhi daya saing kita adalah produktivitas dan efisiensi. Kita ketahui bawa tingkat produktivitas bangsa kita sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara pesaing kita. Rendahnya produktivitas menyebabkan kemapuan memproduksi barang yang sama kita memerlukan dana dan waktu yang lebih banyak. (data diolah oleh Frans Hero K. Purba, resources data materials). Pengembangan Bisnis dalam era globalisasi akan diselenggarakan oleh individu dalan kerjasama tim yang data membaurkan; 1. Keuletan bernegosiasi dengan wawasan (vision), 2. Kesabaran dengan kekerasan hati (tenacity) dan 3. Fleksibilitas dengan fokus.

No comments: