Wednesday, December 8, 2010

Internasional Strategi Pemasaran Gerilya dalam mencapai Target Pasar bagi Pelaku usaha

Suatu perusahaan atau badan usaha memiliki keunggulan kompetitif jika perusahaan tersebut mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain. Pemasaran gerilya sangat diperlukan dalam strategi pemasaran yang berkompetisi penuh di arena pasar global. Bukan hanya bergerilya dalam perang pasar tetapi bergerilya bagaimana bisa mempertahankan pasar dan memperluas akses pasar. Gerilya adalah Strategi dan Taktik perang yang mengutamakan terobosan disetiap pertempuran dengan melakukan serangan - serangan dan mengejutkan dengan menggunakan beberapa cara dan senjata. Pemasaran Gerilya adalah melakukan kegiatan pemasaran lebih banyak dan menyeluruh meliputi pengelolaan semua unsur pemasaran dengan mengadopsi Strategi dan Taktik gerilya yang inovatif dan efisien. Dalam prinsip dasar pemasaran gerilya ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Melakukan kegiatan pemasaran lebih banyak dengan biaya lebih ringan.
Pemasaran adalah berhubungan dengan orang;• Keuntungan sebagai dasar tolok ukur.• Lebih diarahkan untuk usaha menengah kebawah walaupun dapat dilakukan oleh usaha besar.• Teknologi sangat mempermudah, lebih praktis dan hemat biaya.
Mengembangkan kerjasama bukan kompetisi.• Mendahulukan hubungan baik daripada penjualan. Menggunakan kombinasi sarana-sarana promosi;Menyediakan 100 macam cara dan sarana promosi.; Mengeksplorasi lebih banyak penggunaan bahasa isyarat.;• Pemasaran bukan hanya sebagai kesempatan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih dari itu membantu customer sukses dalam usahanya.• Memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan kepada customer. Sebuah perusahaan harus siap bersaing dengan perusahaan lain yang membuat produk sejenis. Untuk menghadapi persaingan pasar, strategi yang diterapkan harus fisioner. Tentunya SWOT Analisis (strength, weakness, opportunity, treath) sangat diperlukan, untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada. Strategi gerilya pada prinsipnya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertikal.
Dalam Gerilya pemasaran melibatkan kegiatan seperti interaksi dengan konsumen, pertemuan mencegat di tempat umum, stunts PR dan hadiah jalan item. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan sumber daya minimum. Perusahaan-perusahaan hari ini memilih untuk teknologi digital canggih untuk membuat strategi pemasaran gerilya mereka bahkan lebih efektif. Cellular Phone pemasaran, viral marketing dan kampanye iklan bioskop semua versi baru pemasaran gerilya.
Guerilla pemasaran dapat memastikan hasil yang besar, hanya jika terencana. Strategi pemasaran harus unik dan pada saat yang sama sangat suara sehingga orang bisa menempel dengan cepat. Perencanaan strategi pemasaran gerilya panggilan untuk pengalaman besar dalam kegiatan pemasaran, penelitian menyeluruh pada permintaan publik dan pikiran yang kreatif. Strategi pemasaran gerilya merupakan suatu konsep yang mutakhir dalam pengembangan perusahaan dengan melihat sisi lain dari produk yang diciptakan perusahaan, dan berusaha untuk mencapai sesuatu tujuan target pasar yang kompetitif. (Berbagai sumber terkait, other resources material, media, guerilla marketing, data diolah F. Hero K. Purba2010)

No comments: