Thursday, July 26, 2018

Potensi Lada Kabupaten Luwu Timur dalam Pengembangan dan Pemasaran





Potensi Lada di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Tmur, Sulawesi Selatan merupakan komoditas yang sangat menunjang bagi kehidupan masyarakat petani lada  (piper nigrum L.) khususnya ditepi danau Towuti. Kabupaten Luwu Timur adalah daerah penghasil lada terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan. Total produksi lada di Sulawesi Selatan pada 2016 diperkirakan mencapai 5.092 ton.Total luas areal lada di Luwu Timur mencapai 5.544,11 hektar dengan produksi mencapai 3.818,88 ton dan produktivitas rata-rata mencapai 1,45 ton perhektar setiap tahunnya dan terus mengalami peningkatan seiring perkembangan pasar. Berdasarkan data  data dinas pertanian Luwu Timur, tahun 2017, total produksi lada di Luwu Timur mencapai 3.200 ton atau 62 persen dari total produksi lada di Sulawesi Selatan, melibatkan 5.724 kepala keluarga yang tergabung dalam 168 kelompok tani.
Di Indonesia, Khususnya di Kabupaten Luwu Timur merupakan salah satu daerah yang sangat potensi dalam pengembangan lada. Indonesia juga mempunyai peranan penting dalam perdagangan lada dunia, karena terkenal akan kualitas lada putih dan lada hitamnya. Manfaat utama lada adalah sebagai bumbu masak yang bisa meningkatkan kenikmatan rasa masakan, beraroma merangsang, serta menghangatkan badan. Lada hitam yang banyak digunakan diolah dan sering pula disuling untuk diambil minyaknya. Minyak lada hitam dengan aroma wangi yang khas bisa diperuntukkan untuk bahan campuran minyak wangi.
Untuk mencapai tingkat standarisasi mutu hasil yang baik untuk komoditas Lada ini maka harus didukung dengan pembinaan sumberdaya yang diarahkan kepada pembinaan petani dan kelompok tani yang penekanannya mulai penanganan pasca panen, pengolahan, sortasi/ grading, pengepakan sampai pemasaran hasil yang diarahkan kepada pola kemitraan dengan perusahaan mitra. (sources data: media, data diolah FheroP)

No comments: