Meningkatnya
permintaan akan produk pangan organik, pemerintah harus menyiapkan regulasi
yang melindungi produk tersebut. Pasalnya, dengan ketersediaan produk pangan
organik yang tidak mampu mengejar permintaan, maka potensi penyelewengan
menjadi besar. Misalnya, ada pihak tertentu yang mengoplos/ mencampur antara
beras organik dengan non organik hanya untuk mengejar permintaan pasar. Produk organik akan tumbuh seiring dengan peningkatan permintaan. Harga
sangat dipengaruhi keseimbangan permintaan dan penawaran serta inflasi. Adapun
kompetisi juga akan meningkat untuk produk-produk organik eco-label. Nilai perdagangan produk organik AS tahun 2011 mencapai
30 miliar dollar AS. Diperkirakan sampai tahun 2015 pertumbuhan rata-rata pasar
organik Amerika Utara sebesar 12 persen. (Sources: Aliansi Organik, data diolah
F. Hero K. Purba). Peluang bisnis organik sangat terbuka luas dengan pangsa
pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjajikan potensi income.
Untuk produk pangan organik olahan harus terdiri dari bahan-bahan pangan yang
dibudidayakan dan diolah secara organik. Jika menggunakan bahan tambahan, maka bahan tambahan
tersebut harus bahan yang diijinkan digunakan dalam pengolahan pangan organik.
Jika ingridien asal produk pertanian organik tidak tersedia, atau dalam jumlah
tidak mencukupi, bahan pangan non organik dapat digunakan dalam pangan olahan
organik maksimal 5 % dari total berat atau volume, tidak termasuk air dan
garam. Dalam artian bahwa standar hanya memperkenankan minimal 95% kandungan
bahan pangan organik yang digunakan dalam pangan olahan organik, tidak termasuk
air dan garam. Bahan pangan organik tersebut bukan merupakan campuran bahan
pangan organik dan non organik yang sejenis.
Seperti Belgia sebagian besar produk-produk organik menanggung label
Biogarantie Belgia. Label ini adalah label swasta yang sudah ada sejak lebih
dari 25 tahun. Sebagai pribadi, itu hanya dapat digunakan setelah menerima
sertifikat tambahan dan setelah pembayaran royalti. Label yang dimiliki oleh
organisasi nirlaba Biogarantie vzw. Selama 2008, BioForum akan menjadi pemegang
lisensi label. Adanya kesepakatan para Menteri Pertanian Uni Eropa mencapai
mengenai aturan baru (Council Regulation (EC) No 834/2007) tentang produksi dan
pelabelan organik pada tanggal 12 Juni 2007 di Brussel Belgia. Peraturan ini
menggantikan Council Regulation (EEC) No 2092/91 dan akan berlaku mulai 1
Januari 2009. Aturan baru ini mengatur tujuan, prinsip dan aturan umum mengenai
produksi organic termasuk juga mengenai aturan impor dan system pengawasannya.
Selain itu, aturan ini mewajibkan pelabelan organik Uni Eropa bagi produk
organik dipasarkan di Uni Eropa, namun produk tersebut dapat menyertakan label
logo organik nasional atau swasta.
Keberlanjutan
dari agribisnis organik, tidak dapat dipisahkan dengan dimensi ekonomi, selain
dimensi lingkungan dan dimensi sosial.
Pertanian organik semakin mendapat perhatian dari sebagian besar
masyarakat, baik di negara maju maupun negara berkembang, khususnya mereka yang
sangat memperhatikan kualitas kesehatan, baik kesehatan manusia maupun
lingkungan. Berdasarkan data peringkat negara dengan lahan pertanian organik
yang paling luas adalah Australia dengan total luas 11, 3 juta ha disusul Argentina
3 juta ha dan Italia, 1,2 juta ha. Namun persentase tertinggi luas lahan
pertanian organik dibandingkan dengan luas total lahan pertanian seluruhnya
diduduki oleh Austria, Swiss dan negara-negara Skandinavia. Di Swiss sendiri lebih dari 10 persen lahan pertaniannya dikelola dengan
sistem pertanian organik. Sebuah bisnis yang sukses selalu mencakup sebuah
rencana bisnis yang baik. Sebuah perusahaan pertanian yang bergerak di bisnis
organik kebutuhan untuk menghasilkan keuntungan yang akan bermanfaat bagi
petani dengan keberlanjutan terhadap usaha pertanian organik tersebut. Dalam
rangka untuk menilai jika tanaman atau produk baru, seperti organik, akan
bekerja untuk bisnis, perlu untuk "menjalankan angka" dan flush
rincian dengan mempersiapkan rencana suara. Proses pengembangan rencana bisnis
memungkinkan pengusaha untuk menemukan risiko dan bahaya tersembunyi dalam
sebuah ide baru dan menentukan profitabilitas gagasan itu. Selain itu, pemberi
pinjaman dan penyandang dana mungkin memerlukan sebuah rencana bisnis sebelum
pembiayaan operasi.(Sources: Berbagai sumber terkait, data diolah F. Hero K.
Purba).
No comments:
Post a Comment