Wednesday, April 4, 2018

Potensi Bisnis Getah Pepaya (Papain) dalam usaha Pengembangan




Potensi pemanfaatan getah pepaya di Indonesia pemanfaatan sebagai pelunak daging sudah dikenal sejak dulu.  Enzim papain populer digunakan dalam pengolahan daging. Kandungan enzim yang satu ini mampu melunakkan daging (meet tenderizer) yang alot.Cara yang umum dilakukan adalah dengan membungkus daging tersebut beberapa saat dengan daun-daun pepaya yang telah dicacah. Setelah itu barulah daging dimasak. Saat ini enzim papain sebagai pelunak daging mudah dibeli di pasar, terutama di pasar swalayan. Cara pemakaian papain sangat mudah. Setelah ditusuk tusuk dengan garpu, daging ditaburi dengan tepung papain dan baru kemudian dimasak. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan merendam daging dalam larutan papain. Penusukan dengan garpu atau perendaman dimaksudkan agar papain dapat meresap ke dalam daging. Papain terdiri atas 212 asam amino yang distabilkan oleh 3 jembatan disulfida. Struktur 3 dimensinya terdiri atas 2 domain struktural yang berbeda dengan celah di antaranya. Celah itu mengandung tapak aktif, yang mengandung triade katalisis yang sudah disamakan dengan kimotripsin. Triade katalisisnya tersusun atas 3 asam amino - sistein-25 (yang diklasifikan dari sini), histidin-159, dan asparagin-158. Penggunaan papain pada daging akan menambah nikmat rasa daging. Daging akan menjadi empuk sehingga mudah dipotong, digigit, dan dikunyah. Selain itu daging akan mudah dicerna sehingga nilai gizi protein daging yang diserap tentunya akan meningkat. Untuk industri minuman dan makanan banyak yang menggunakan enzim papain. Diantaranya industri-industri pembuatan keju, pengembang kue, biskuit, dan roti. Industri makanan ternak menggunakan papain untuk menghasilkan konsentrat protein ikan. Industri farmasi menggunakan papain untuk pengobatan penderita gangguan saluran pencernaan, penderita dispepsia, dan gastritis.
Peluang usaha perdagangan dikenal dua jenis papain, yaitu papain kasar (crude papain) dan papain murni. Papain kasar adalah getah pepaya yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi Getah pepaya yang merupakan bahan dari tepung kering ini terdiri dari empat macam enzim proteolitik yang saling berbeda sifat fisik dan katalisnya. Keempat enzim yang dimaksud adalah papain, chimospapain A, chimospapain B, dan ppain peptidase A. Oleh karena sifat chimospapain A dan chimospapain B agak mirip, maka keduanya dapat disebut sebagai chimospapain saja. Keempat jenis enzim proteolitik tersebut biasanya disebut papain kasar. Sifat enzimatis papain kasar ini sangat tinggi karena terdiri dari gabungan keempat enzim tersebut. Papain murni adalah hasil pemisahan pemurnian papain kasar menjadi keempat enzim proteolitik. Papain murni banyak digunakan dalam industri farmasi.
Pengolahan enzim papain adalah suatu usaha yang dapat dilakukan dengan skala besar dalam arti modal, tenaga, dan peralatan. Namun dapat juga berskala kecil dengan peralatan sederhana. Usaha ini akan semakin besar bila papain yang akan diproduksi adalah papain murni. Selain modal yang besar, juga diperlukan tenaga terampil yang memiliki kualifikasi dan peralatan canggih yang serba modern. Menurut Tropical Product Institute London, usaha agroindustri papain kasar baru menguntungkan bila diusahakan sedikitnya untuk 100 hektar tanaman pepaya. Pasar papain global disegmentasi oleh industri pengguna akhir dan berdasarkan wilayah. Dengan industri penggunaan akhir, pasar papain global adalah sub-segmentasi sebagai makanan & minuman, kosmetik, tekstil, farmasi, industri lain seperti deterjen, penyamakan kulit, optik, fotografi, dll. Di antara ini, segmen farmasi diharapkan dapat berkontribusi bagi hasil yang signifikan dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi selama periode perkiraan di pasar papain global. Segmen farmasi mengikuti segmen makanan & minuman dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi mengenai nilai dan volume di pasar papain global.
Berdasarkan industri pengguna akhir, pasar papain global disegmentasikan menjadi:Industri Makanan & Minuman, Industri Kosmetik, Industri Tekstil,Industri Farmasi,Industri Lain (deterjen, penyamakan kulit, optik, fotografi, dll.)Dalam Papain biasa digunakan untuk memecah serabut daging liat dan telah dimanfaatkan selama ribuan tahun oleh penduduk asli Amerika Selatan. Papain juga dimanfaatkan untuk mendisosiasikan sel dalam langkah pertama persiapan kultur sel. Selain itu ditemukan sebagai bahan baku beberapa pasta gigi atau gula-gula sebagai pemutih gigi. (sources: wikipedia, other data Litbang, data diolah FheroKPurba)

No comments: