Wednesday, January 13, 2010

Ekspansi Pangsa Pasar Floriculture Indonesia di Bahrain dalam event Bahrain International Garden Show 2010

Pelaksanaan kegiataan Pameran Bahrain International Garden Shows (BIGS) 2010 pada tanggal 25 – 28 Februari 2010 di Bahrain International Convention Exhibition Centre, Bahrain. Sebagai catatan terbukti bahwa pada event International Garden Show 2010 di Bahrain dengan jumlah 22.000 pengunjung dan mengantisipasi edisi berikutnya 50% peningkatan dalam nomor ini. BIGS menawarkan prospek yang sangat baik bagi peserta pameran untuk mempromosikan produk-produk kelas dunia dibidang garden and florist dan jasa kepada klien yang mencakup arsitek, konsultan, pengembang, industri profesional serta masyarakat umum. Lebih dari sekadar menjadi kesempatan untuk menghasilkan bisnis, acara ini akan menjadi suatu platform untuk para peserta untuk berinteraksi dan membentuk ikatan pada tingkat global. Bahrain adalah kendaraan yang baik bagi peserta pameran internasional untuk memahami isu-isu regional dan lokal seperti pertanian dan perkebunan. Kesempatan jaringan dengan Profesional dari semua lapiran florist, floral and garden art pada Bahrain International Garden Shows 2010 bersamaan dengan dari lebih 100 negara dari seluruh dunia termasuk orang-orang terkemuka dari Eropa, Jepang, UEA, AS, Cina, Taiwan, Thailand, Asia Tenggara lain, negara-negara Arab dan lain sebagainya.
Dengan melihat kondisi dan potensi yang ada bahwa agribisnis tanaman hias ataupun produk floriculture Indonesia yang berdaya saing untuk pangsa pasar di negara-negara jajirah Arab, dimana agribisnis yang fleksibel dalam merespon dinamika pasar dan mampu memenuhi kebutuhan pasar secara efektif dan efisien. Efektif dalam pengertian jenis produk, kuantitas, kualitas dan kontinyuitas pasokan sesuai dengan kebutuhan konsumen sedangkan efisien memiliki makna bahwa produk yang dipasarkan berharga lebih murah untuk kualitas dan segmen pasar yang sama. Untuk potensi tanaman hias di Indonesia yang dapat digali untuk ekspor seperti tanaman hias daun Dracaena, Palem. Tanaman hias taman seperti Sansievera, Pandan bali, Kamboja.
Untuk produk floriculture seperti tanaman hias juga amat terkait dengan usaha transportasi darat, laut dan udara. Karena untuk menunjang hasil akhir produk florikultura membutuhkan pendistribusian pengangkutan ke tempat tujuan. Apabila semua itu dikembangkan secara terpadu, jelas pada gilirannya kemudian akan membantu perekonomian Indonesia dan bahkan dapat memberikan masukan devisa bagi negara. Diharapkan pada Bahrain International Garden Shows (BIGS) 2010 para pelaku usaha Floriculture Indonesia dapat berpartisipasi dan menjaring ekspansi pangsa pasar yang ada untuk negara-negara dijajirah Arab dan negara didunia (Sumbers: Bahrain International Garden Shows 2010, other resources material, data diolah Frans Hero K. Purba)

No comments: