Monday, November 1, 2010

Barista Judge Training dan Barista dalam seni meracik Kopi dalam Promosi Potensi Pasar agribisnis Kopi dan Promosi Kopi dunia

Menjadikan sesuatu itu menjadi yang indah dan seni dalam pelatihan Barista Judge Training dan memberikan suatu seni dibalik Kopi dan racikannya. Dalam pelatihan Barista Judge Training. Maka diadakanlah pelatihan di PT. Morning Glory Coffee International, Bandung, Propinsi Jawa Barat, oleh PT. Morning Glory Coffee International selaku Indonesia Barista Association dan Pelatih Barista Professional dan International Mr. Ross Bright dari Australia dan juga merupakan perwakilan dan World Championships Barista. Propinsi Jawa Barat, Khususnya Kabupaten Bandung dan sekitarnya memiliki potensi wilayah yang besar dalam pengembangan agribisnis dan ketahanan pangan terutama untuk komoditi tanaman perkebunan. Kabupaten Bandung yang terkenal dengan Kopi Preanger merupakan salah satu daerah potensial untuk pengembangan kopi organik, Kopi luwak dan Kopi Arabica. Pada kesempatan ini diadakan pelatihan untuk Juri pada kompetisi Barista atau kualitas Grade Kopi Arabica bagi peracik kopi untuk wilayah Propinsi Jawa Barat juga memiliki potensial untuk agribisnis kopi seperti Kopi Arabica/ Preanger dan jenis varietas kopi lainnya.

Pada kesempatan Pelatihan Barista Judge ini sangat memiliki peluang potensi dalam mengelola suatu keunggulan dan keunikan dalam meracik kopi dari segi mutu bagi pelaku usaha sendiri maupun nantinya untuk tingkat nasional dan go international dapat dirasakan dalam pemanfaatan pelatihan ini. Kepada petani dan pelaku usaha hal ini sangat bermanfaat mengetahui kriteria dan mutu kopi dalam tingkat nasional dan internasional. Pelaku usaha kopi di Training untuk mengetahui citra rasa (cupping) dari berbagai jenis kopi dibelahan dunia.

Pada pelatihan ini seorang profesional Barista menunjukan suatu artistik meracik kopi dari berbagai negara dan Barista Judge sebagai penilai dari segi penyajian, mutu kopi, dan pelayanan untuk Specialty Coffee mendapatkan hasil yang konsisten dari rasio yang berkonsisten antara berat kopi dengan volume air. Pada pelatihan Barista Judge yang dipandu oleh Mr. Ross Bright dan Pimpinan PT. Morning Glory International, Mr. Natanael Charis yang diikuti oleh 23 Peserta dari beberapa pelaku usaha Kopi dan Petani di Propinsi Jawa Barat.

Adapun pada intinya dalam pelatihan ini adalah bagaimana seorang Barista meracik kopi Expreeso, Cappucino dan Signature Beverage berdasarkan prosedur dan Rule and Regulation dari World Barista Championship standard.

Indonesia dan upaya meningkatkan mutu dan promosi komoditi kopi Arabica Indonesia untuk pangsa pasar dunia seperti Amerika, Eropa, Australia, Asia dan sebagainya melalui kompetisi Barista ini. Sebagai seorang Barista Judge harus benar-benar memahamisebagai judge atau juri yang professional, dan memahami penjelasan Barista dari awal sampai akhir dalam pemberian score atau penilaian. Program Pelatihan Barista Judge ini mempersiapkan sebagai juri-juri yang profesional dalam kompetisi Barista dengan memperhatikan presentasi bagaimana standar yang digunakan oleh World Barista Championships dalam seni kopi seorang Barista untuk standar citra rasa kopi dunia:

  1. Uji test derajat keasaman setiap kopi untuk mutu dan kenikmatan rasanya.
  2. Kemampuan membedakan jenis kopi baik dari Body atau rasa dan feeling didalam mulut dan lidah yang merasakannya, Flavor, Kebersihan, keseragaman bentuk, dan juga sweetness atau kondisi citra rasa dari kopi tersebut.
  3. Organic Acid Test adalah kepekaan terhadap derajat keasaman dalam kopi.
  4. Sensory Skills adalah kemampuan untuk mngetahui secara sensorik dari kopi yang dicoba oleh peserta pelatihan.

Dimana juri / judge Barista diklasifikasikan atas 1 Head Judge, 4 Sensory Judge dan 2 technical Judge untuk standar mutu kopi yang disaikan oleh Barista. Untuk beberapa negara yang mengkonsumsi kopi seperti Belanda, Amerika, Jerman, Inggris Belgia, Perancis, Hongaria, Jepang dan sebagainya, hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah (added value) dari Pengolahan / Roasting coffee selain dari pada meningkatkan produksi yang lebih banyak dan bermutu. Menciptakan kemampuan daya saing yang tinggi baik harga, kualitas citra rasa (taste) dari ragam produk Kopi Arabica Indonesia yang berkompetitif dengan kopi Colombia, Brazil, Nicaragua, Ethiopia dan sebagainya dapat bersaing dipasar Internasional.

Pengembangan budidaya kopi Arabica Indonesia kopi diarahkan pada daerah-daerah yang memiliki:

1) Kemudahan memperoleh sarana produksi (pupuk/ pestisida) buatan yang lebih baik lagi.

2) Citra Rasa kopi yang spesifik dan dikenal dalam dunia perdagangan.

3) Mitra calon kerjasama dengan kelembagaan ditingkat petani pedesaan.

Dengan demikian munculah specialty coffee sebagai bentuk pasar baru bagi pasar Amerika, Eropa dan Jepang serta Organic Coffee dengan pasar negara Jerman, Belanda dan Swiss. Khusus untuk kopi bersertifikat organik pembeli memberikan harga primium price / harga terbaik.

Dalam pelatihan Judge Barista ini tentunya bermanfaat bagi petani, pelaku usaha agribisnis kopi Arabica semakin aware dan menjaga mutu yang dihasilkan. Visi dan Judge Barista adalah dalam Cupping Training (Peserta Uji Test) dapat menerapkan Grading System, dan mendapatkan sertifikasi Quality dan memiliki pasar potensial dipangsa pasar dunia. (Sources: F. Hero K. Purba, other data related)

Making it into something beautiful and artistic in Judge Training Barista training and provide an art behind Coffee and racikannya. In Judge Training Barista training. So the training was held at the PT. Morning Glory Coffee International, Bandung, West Java, by PT. Morning Glory Coffee International as Indonesia Barista Barista Trainers Association and the Professional and International Mr. Ross Bright of Australia and also a representative and the World Barista Championships. Province of West Java, Bandung District and surrounding areas in particular have the potential for a large region in the development of agribusiness and food security, especially for commodity crops. Regency Bandung is famous for its coffee Preanger is one potential area for development of organic coffee, Luwak Coffee Arabica and Coffee. On this occasion, held training for judges at the competition or the quality of Grade Barista Coffee for peracik Arabica coffee to the West Java Province region also has potential for agri-business such as Coffee Arabica coffee / Preanger and other varieties of coffee.
On this occasion Judge Barista Training is a potential opportunity to manage a mix of excellence and uniqueness in terms of quality coffee for their own business and later to go international and national level can be felt in the utilization of this training. To farmers and entrepreneurs this is very useful to know the criteria and the quality of coffee in the national and international level. Coffee business actors in training to know the flavors (cupping) of various types of coffee dibelahan world.
In this training a professional barista show an artistic blend of coffee from various countries and Barista Judge as an assessor in terms of presentation, quality coffee, and services to the Specialty Coffee get consistent results from the berkonsisten ratio between the weight of coffee with the volume of water. At Barista training, which was hosted by Mr. Judge. Ross Bright and the TS. Morning Glory International, Mr. Charis Nathanael followed by 23 participants from several coffee businesses and farmers in West Java Province.
As for the essence of this training is how a Barista coffee dispensing Expreeso, Cappuccino and signature beverage according to the procedure and the Rule and Regulations of the World Barista Championship standard.
Indonesia and efforts to improve the quality and the promotion of Indonesian Arabica coffee commodities to world markets such as America, Europe, Australia, Asia and forth through this Barista competition. As a Barista Judge should really judge or jury memahamisebagai professional, and understand the explanation Barista from start to finish in the provision of a score or rating. Judge Barista Training Program is to prepare as the professional judges in a competition barista with respect to the presentation how the standard used by the World Barista Championships in the art of coffee to the standard image of a Barista coffee taste the world: 1. Acidity test test every quality and enjoyment of coffee for its taste.
2. The ability to distinguish both types of coffee from the Body or sense and feeling in the mouth and tongue feel it, Flavor, cleanliness, uniformity of shape, and also the image of sweetness or flavor of the coffee.
3. Organic Acid Test is sensitive to the degree of acidity in coffee.
4. Sensory Skills is the ability to be sensory know of coffee is attempted by participants.
Where the jury / judge Barista classified above 1 Head Judge, 4 and 2 Sensory Judge Judge for technical quality standards serve by Barista coffee. For some coffee consuming countries such as Holland, America, Germany, the UK Belgium, France, Hungary, Japan and so on, this is an opportunity for Indonesia to increase the added value (added value) of the Processing / Roasting coffee apart from the increasing production more many and quality. Creating the ability of high competitiveness both price, quality image of taste (taste) of the range of Indonesian Coffee Arabica coffee is competitive with Colombia, Brazil, Nicaragua, Ethiopia and so on to compete at the international.
Development of Indonesian Arabica coffee cultivation coffee is directed at areas that have:1) Ease of obtaining production inputs (fertilizer / pesticide), made even better.2) image of a specific coffee taste and is known in world trade.
3) Partner level candidate for institutional cooperation with rural farmers.
Thus munculah specialty coffee as a new market for the American market, Europe and Japan as well as Organic Coffee with the markets of Germany, the Netherlands and Switzerland. Especially for certified organic coffee buyers to price primium price / best price.In Judge Barista training is certainly beneficial to farmers, agribusiness entrepreneurs Arabica coffee increasingly aware and keep the resulting quality. Vision and Judge Barista is in Cupping Training (Test Participants Test) to apply the Grading System, and obtain certification of Quality and has a potential market dipangsa world market.

No comments: