Wednesday, November 28, 2012

Potensi Olahan Santan Kelapa dalam Prospek Peluang Usaha



Pengiriman santan kelapa kaleng dan kelapa segar meningkat secara signifikan tahun 2011, ekspor santan kelapa kaleng mencapai $ 5,6 juta dengan pembeli dari 17 negara. Ekspor kelapa segar tahun 2011 juga meningkat tajam setelah Vietnam berhasil mengadopsi metode pengawetan yang membuat kelapa tetap segar selama enam minggu. Salah satu produk  pengolahan dari kelapa yaitu santan kelapa merupakan cairan hasil ekstraksi dari kelapa parut dengan menggunakan air. Apabila santan didiamkan, secara pelan-pelan akan terjadi pemisahan bagian yang kaya dengan minyak dengan bagian yang miskin dengan minyak. Bagian yang kaya dengan minyak disebut sebagai krim, dan bagian yang miskin dengan minyak disebut dengan skim. Dimana Krim lebih ringan dibanding skim, karena itu krim berada pada bagian atas, dan skim pada bagian bawah. Dan peluang untuk bahan makanan terletak pada santan kelapa tersebut yang berdaya guna. Adapun  kandungan nutrisi dalam santan kelapa yaitu:
1. Sebagai Kalori
Dimana satu sendok makan dari santan kelapa mengandung sekitar 120 kalori. Nilai ini lumayan tinggi, jadi konsumsilah dalam jumlah moderat. Konsumsi sekitar satu sendok makan santan per hari sudah cukup untuk memenuhi tubuh akan kebutuhan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 adalah lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Lemak;Santan mengandung berbagai jenis lemak, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6, dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tidak selamanya jahat, tubuh tetap membutuhkan sejumlah lemak untuk kesehatan jantung, otak, dan kesehatan tubuh secara umum. Asam lemak omega 3 dalam santan juga bisa mengurangi peradangan, serta melumasi sel-sel serta sendi.
3. Gula;Santan yang terasa gurih manis, namun sebenarnya mengandung hanya sejumlah kecil gula seperti glukosa dan fruktosa. Dari seluruh volumenya, santan hanya mengandung sekitar 1 sampai 2 persen gula. Tubuh membutuhkan sejumlah kecil gula untuk digunakan sebagai energi.
4.Kalsium;Santan juga mengandung cukup kalsium. Satu cangkir santan kelapa mengandung sekitar 200 IU kalsium. Tubuh membutuhkan kalsium untuk gigi dan tulang, serta sistem kekebalan tubuh. Santan juga mengandung berbagai mineral seperti natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga.
5. Protein; Untuk kandungan santan kelapa dimana pada level protein yang terkandung dalam santan kelapa terhitung rendah. Jenis protein yang ditemukan dalam santan antara lain alanin, sistin, arginin, dan serene. Protein tersebut dikenal mudah dicerna. Tubuh menggunakan protein untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru. Rambut, kuku, dan kulit sebagian besar terdiri dari protein. (Berbagai sumber media terkait, Artikel food nutrion, data diolah F. Hero K. Purba). Diharapkan dalam pengembangan pengolahan santan kelapa secara intensif, dimana produk tersebut sangan menjanjikan dan memiliki pasar baik di dalam maupun luar negeri.

1 comment:

Dian Mainar said...

Selamat malam mas Frans:)
Artikel di atasbsangat bermanfaat bagi saya, di mana saat ini sy sedang mencari peluang usaha baru dan tertarik dengan usaha di atas.
Mas Frans, boleh dong di share analisa usaha Dari usaha tersbut. Minimal bisa menjadi tambahan dlm artikel mas ke depan.
Trimksh...
Salam
Dian