Thursday, February 17, 2011

Pengembangan Sistem Intelijen Pemasaran / Market Inteligent dalam Strategi untuk memenangkan Pemasaran dalam Kompetisi Persaingan Usaha

Strategi untuk memasuki suatu pasar adalah metode yang direncanakan memberikan barang atau jasa kepada target pasar baru dan penyebaran mereka di sana. Ketika mengimpor atau mengekspor jasa, mengacu untuk mendirikan dan mengelola kontrak di negara asing. Hanya sedikit perusahaan yang berhasil beroperasi di ceruk pasar tanpa pernah melakukan ekspansi ke pasar baru tapi kebanyakan bisnis mencapai peningkatan penjualan, brand awareness dan stabilitas usaha dengan memasuki pasar baru. Mengembangkan strategi masuk pasar win-win melibatkan analisis mendalam tentang beberapa faktor, secara berurutan direncanakan. Dalam sistem intelijen pemasaran merupakan bagian dari sistem informasi pemasaran serta sangat erat kaitannya dengan sistem catatan intern perusahaan dan riset pemasaran. Kotler mendefinisikan sistem intelijen pemasaran sebagai seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk mendapatkan informasi sehari-hari tentang perkembangan-perkembangan yang berkaitan dengan lingkungan pemasaran. Informasi itu dapat berasal dari dalam perusahaan sendiri, konsultan riset pemasaran, biro periklanan, pemasok, pelanggan bahkan pesaing.

Sistem Intelijen Pemasaran adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran. Kata intelligence sendiri dalam kamus memiliki arti “kecerdasan”. Di bidang pemasaran, orang yang bertugas sebagai marketing intelligence bukan hanya dituntut cerdas dalam pemikiran, namun juga jeli dalam melihat persaingan yang ada. Sistem intelijen pemasaran merupakan bagian dari sistem informasi pemasaran serta sangat erat kaitannya dengan sistem catatan intern perusahaan dan riset pemasaran. Informasi tersebut dapat berasal dari dalam perusahaan sendiri, konsultan riset pemasaran, biro periklanan, pemasok, pelanggan, bahkan pesaing.Intelijen pemasaran sudah banyak dipakai secara profesional sebagai suatu alat diplomasi oleh perusahaan yang bersaing. Persaingan menjadi dasar pengembangan intelijen pemasaran, baik secara nasional maupun global. Penurunan efisiensi dan ketidakmampuan perusahaan mendapatkan laba adalah indikator diperlukannya sebuah intelijen pemasaran. Sistem Market Intelijen ini dilakukan perusahaan guna melihat posisi persaingan dalam bisnis yang sejenis, sekaligus menentukan posisi perusahaan kita dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.
Berikut langkah langkah tersebut : Perusahaan dapat melatih staf bagian penjualannya untuk meningkatkan kepekaan mata, telinganya dalam melihat informasi informasi penting selama ia menjalankan tugas penjualannya dan kemudian dilaporkannya kepada manajemen/marketing manajer. Posisi staf penjualan adalah sangat strategis untuk mengumpulkan data intelijen pemasaran. Misalnya dari pembicaraan dengan para pembeli, mungkin saja pembeli menyampaikan sesuatu informasi berharga tentang produk sejenis yang dijual oleh pesaing kita. Staff penjualan ( atau bahkan staff lainnya ) perlu dilatih tentang hal ini, sebab oleh karena kesibukannya mereka bisa jadi tidak peka terhadap perkembangan dilingkungan pemasarannya. Mendorong bagian distribusi, retailer untuk mengumpulkan informasi penting tentang perusahaan sejenis. Perusahaan dapat belajar mengenai para pesaing dengan membeli produk dari pesaing, mengikuti launching produk, melihat pameran pameran, mengumpulkan iklan iklan pesaing. (Berbagai sumber terkait, Media, data diolah F. Hero K. Purba)

Marketing Intelligence Systems Development / Intelligent Market in Competition to win the Marketing Strategy in Competition Companies



Strategies for entering a market is the planned method of providing goods or services to target new markets and spread them over there. When importing or exporting services, refer to establishing and managing contracts in foreign countries. Only a few companies that successfully operate in a niche market without ever expanding into new markets but most businesses achieve increased sales, brand awareness and business stability by entering new markets. Develop market entry strategy of win-win involves a thorough analysis of several factors, sequentially planned. In a marketing intelligence system is part of the marketing information system and is closely associated with the system of internal records and marketing research firm. Kotler defines marketing intelligence system as a set of procedures and sources used by managers to obtain everyday information concerning developments relating to the marketing environment. That information can come from within his own company, marketing research consultants, advertising agencies, suppliers, customers and even competitors.

Marketing Intelligence System is a set of procedures and sources used by managers to obtain daily information about developments in the marketing environment.
Intelligence own words in the dictionary means "intelligence". In the field of marketing, who served as a marketing intelligence is not just smart in thinking is required, but is also keen in seeing competition. Marketing intelligence system is part of the marketing information system and is closely associated with the system of internal records and marketing research firm. Such information can come from within his own company, marketing research consultants, advertising agencies, suppliers, customers, even pesaing.Intelijen marketing professionals have been used as a tool of diplomacy by competing firms. Competition became the basis for developing marketing intelligence, both nationally and globally. Decrease in efficiency and the inability of the company at a profit is an indicator of the need for marketing intelligence. Market Intelligence System was conducted in order to see the competitive position of companies in similar businesses and to determine the position of our company compared to other similar companies.
Following these steps: The company can train its sales staff to increase the sensitivity of the eyes, ears in view of information vital information during his sales duties and then reported to the management / marketing manager. The position is very strategic sales staff to collect data for marketing intelligence. For example, from discussions with the buyer, the buyer may convey something valuable information about similar products sold by our competitors. Sales staff (or even other staff) need to be trained about this, because so busy they may not be sensitive to the development of its marketing environment. Encouraging the distribution, retailers to collect important information about its peers. Companies can learn about their competitors by buying products from competitors, following the product launch, see the exhibition exhibitions, collecting advertising competitors' ads.

No comments: