Monday, June 28, 2010

Potensi Networking Market peluang pasar produk pertanian Indonesia ke Kroatia

Memperhatikan potensi dan peningkatan hubungan ekonomi bilateral Indonesia - Kroasia dan potensi kedua negara, terutama pada sektor perdagangan, pertanian, pariwisata dan lain sebagainya. Kroasia merupakan negara yang potensial untuk pangsa ekspor produk pertanian Indonesia, hal ini dilihat dari posisi negara Kroasia di Eropa berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah selatan, Eropa Tengah di utara dan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Dalam sejarahnya, negara ini merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 1991dan merupakan kandidat dari anggota Uni Eropa. Melihat potensi peluang ini berdasarkan data kegiatan perdagangan timbal balik antara Indonesia dengan Kroasia masih di bawah kapasitas kemampuan kedua negara. Gambaran pada tahun 2007, menurut catatan Biro Statistik Kroasia tercatat total perdagangan Indonesia dengan Kroasia sebesar US$ 73,83 juta dimana ekspor Indonesia mencapai US$ 72,96 juta, sedangkan ekspor Kroasia ke Indonesia sebesar US$ 1,88 juta. Hal ini mengingat posisi strategis Kroasia di kawasan Balkan dengan pelabuhan-pelabuhan lautnya seperti Rijeka, Ploce dan Split, diharapkan Kroasia dapat berperan sebagai pintu gerbang pemasaran Indonesia ke kawasan Balkan dan Eropa Tengah serta Eropa Timur. Dianjurkan pula agar Kroasia dapat memanfaatkan Indonesia sebagai pintu gerbang ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Australia serta Selandia Baru.
Peluang pasar produk pertanian Indonesia ke Kroatia memiliki prospek di pasar Kroasia untuk saat ini antara lain yaitu: 1) Produk hasil pertanian (pepper, coffee, other spices HS 0901, 0904, 0908) Produk ini memiliki prospek yang sangat baik di Kroasia, mengingat Kroasia merupakan Negara tujuan wisata utama di Eropa tengah. Produk tersebut diatas merupakan kebutuhan utama di restaurant yang tersebar di setiap pelosok Kroasia. Nilai impor Kroasia untuk kelompok produk ini pada tahun 2003 sebesar US $ 22 juta. 2) Cocoa products (HS 1801 – HS 1805) Kroasia merupakan negara produsen makanan olahan yang cukup dikenal di Eropa Tengah.
Kebutuhan Kroasia akan cocoa baik dalam bentuk biji, powder dan butter cukup besar dan mencapai nilai US $ 12,8 juta pada tahun 2003. Produk ekspor cocoa Indonesia ke Kroasia pada periode yang sama baru berjumlah sekitar US $ 126 ribu. Program promosi Indonesia ke Kroasia pernah dilakukan pada bulan Juni 2003 dan berdasarkan pemantauan, eksportir cocoa powder Indonesia yang ikut dalam misi dagang ke Kroasia tersebut berhasil menjalin kontrak dagang dengan importer Kroasia. Dengan adanya potensi peluang kerjasama antara Indonesia – Kroatia ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor pertanian Indonesia, hal ini perlu dipertimbangkan dengan melihat dan mencermati potensi yang ada. (Sources data Kemlu, others data, BPS, data diolah F. Hero K. Purba)

No comments: