Wednesday, June 30, 2010

Pembangunan Karakter Entrepeneurship, “Hidup tenang, bisnis lancar dalam Reformasi Diri

Kegairahan dalam hidup sesorang untuk pencapaian dalam hidupnya, baik itu karier dalam pekerjaan maupun dalam berusaha sebagai seorang entrepreneur / wirausaha. Yang menjadi pertanyaan bagaimana memulai sesuatu usaha itu dari nol hingga kantung pundi-pundi keberhasilan itu menjadi penuh. Dalam artian kita sukses berusaha apa yang kita inginkan dan capai. Kemampuan untuk mendayagunakan kekuatan pikiran sesungguhnya sangat ditentukan oleh serangkaian kebiasaan yang kita lakukan dengan pikiran kita. Menguasai dan mengendalikan pikiran kita hanya dapat kita lakukan melalui serangkaian latihan terus menerus dan disiplin diri yang kuat. Melalui serangkaian latihan untuk mengoptimalkan kekuatan pikiran, kita bisa memanfaatkan kekuatan dahsyat dari pikiran kita secara otomatis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membagun kekuatan diri mencapai sukses dalam usaha:
1. Janganlah kuatir. Kekuatiran adalah penyebab aktivitas dan pikiran kita tidak produktif.
2. Jangan membiarkan ketakutan-ketakutan tak beralasan menguasai hidupmu. Kebanyakan sesuatu yang kita takutkan tak pernah terjadi.
3. Jangan menyimpan dendam. Hal inilah yg paling besar dan paling menyita energi seluruh hidup kita.
4. Selesaikan setiap masalah satu per satu. Hanya inilah cara menangani setiap persoalan, satu demi satu.
5. Semua masalah tak perlu dibawa tidur. Hal tersebut buruk dan tak sehat, biasakanlah tidur dengan nyaman.
6. Jangan mencampuri masalah/urusan orang lain. Mereka memiliki cara sendiri untuk menangani setiap masalahnya.
7. Jangan hidup pada masa lalu. Nikmatilah masa lalu sebagai kenangan, namun jangan tergantung padanya. Konsentrasilah hidupmu pada kejadian saat ini, dan anda akan bahagia sekarang. Bukan hanya pada masa lalu.
8. Jadilah pendengar yang baik. Hanya saat menjadi pendengar, seseorang mendapatkan dan belajar ide-ide baru berbeda dari orang lain.
9. Jangan biarkan rasa frustrasi merusak dan mengatur hidupmu. Kasihanilah dirimu lebih dari segalanya. Aktiflah dengan kegiatan-kegiatan positif.
10. Hitunglah rahmatmu. Jangan pernah melupakan rahmat yang kita terima sekecil apapun. Semakin banyak rahmat kecil yg kita kumpulkan akan semakin berarti bagi hidup kita. (Sources: emotivasi.com)
Dalam Kunci utama pembangunan karakter wirausaha adalah harus tetap punya harapan, sepahit apa pun hidup ini. Kita perlu me-”motivasi diri” agar terus berdaya menghadapi hari esok.Motivasi adalah suatu kondisi psikologis yang menimbulkan, mengarahkan, dan mempertahankan tingkah laku tertentu. Motivasi sangat berperan dalam kehidupan dan kegiatan kita. Tanpa motivasi, sulit mencapai perbaikan hidup. Begitu pula dalam kehidupan ini, kita sering kali terkagum-kagum saat menikmati atau melihat suatu prestasi besar seorang yang sukses. Tetapi saat kita melihat awal dari proses perkembangan dan pertumbuhannya, mungkin kita tidak menaruh perhatian bahwa proses latihan yang konsisten akan melahirkan hasil yang mengagumkan, seperti Ibu ketika mendengar suara sumbang yang dimainkan oleh anak kecil sebagai pemula belajar bermain biola itu. Seperti seorang Ibu yang melatih anak untuk belajar jalan ketika balita, semua butuh proses. Pengembangan karakter untuk motivasi bekerja sebagai wirausaha/ entrepreneur harus bermula dari niat hati nurani dan tekad yang bulat. Membangkitkan gairah bahwa Ya bisa berdaya saing dengan yang lain. Kalau mau merubah hidup tetntunya dating dari diri sendiri. Kekuatan sinergi berusaha, bekerja dan berdoa serta meraih dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. (Sources data: berbagai sumber terkait. Emotivasi, data diolah F. Hero K. Purba)

No comments: