Thursday, July 15, 2010

Potensi Pasar Produk Organik Indonesia pada event Biofach Japan 2010

BioFach Jepang menawarkan kesempatan yang sangat baik untuk hadir di pasar utama bagi produk-produk organik. Regular, pertemuan pribadi antara pemasok dan pelanggan merupakan kunci untuk bisnis yang sukses di Jepang. BioFach Jepang merupakan platform bisnis yang tepat untuk memperdalam hubungan yang ada dan bertemu dengan pelanggan baru. Pelaksanaan kegiatan event Biofach Japan 2010 ini akan dilaksanakan pada 21 – 23 September 2010, di Westin Tokyo, Japan. Volume produk pertanian organik mencapai 5-7% dari total produk pertanian yang diperdagangkan di pasar internasional. Sebagian besar disuplay oleh negara-negara maju seperti Australia, Amerika dan Eropa. Di Asia, pasar produk pertanian organik lebih banyak didominasi oleh negara-negara timur jauh seperti Jepang, Taiwan dan Korea.

167 perusahaan dari 17 negara yang memamerkan produk mereka disertifikasi organik di Japan BioFach 5 tahun 2005. 13.544 pengunjung perdagangan menghadiri BioFach Jepang. Lebih dari setengah perusahaan yang berpartisipasi mengevaluasi keberhasilan partisipasi dengan sangat baik atau baik, ditambah 20% dengan hasil yang memuaskan. Lebih dari 70% dari peserta pameran menilai organisasi BioFach.

Profil untuk pameran meliputi bahan baku dan produk semi-siap saji sayur dan produk buah-buahan, daging, susu, dan produk makanan laut, olahan makanan dan produk kenyamanan, makanan beku, makanan Kesehatan dan toko makanan, makanan bayi, Minuman, peralatan rumah tangga, deterjen dan pembersihan agen, Kosmetik dan aksesoris, perawatan tubuh dan kebersihan, Kosmetik dan make-up, Parfum dan parfum, aromaterapi, remedies (solusi alami, ekstrak dan esens).Adapun profil pengunjung dari agen pembelian dan para pengambil keputusan lainnya dari industri berikut: Impor, Grosir, Eceran, Departemen store,rantai toko dan toko khusus, Restoran, hotel, dan perusahaan katering, Mail order perusahaan, perusahaan pengolahan makanan, otoritas Pemerintah, Masyarakat konsumen.

Di Indonesia pertumbuhan pasar pangan organik di Indonesia terlihat dengan meningkatnya jumlah petani organik, outlet-outlet supermarket dan rumah makan yang menjual produk pangan organik. Event pameran Biofach Japan 2010 ini merupakan kesempatan dan peluang bagi Indonesia untuk mempelajari potensi perkembangan dan akses pasar dunia untuk produk-produk organic. Diharapkan pelaku usaha agribisnis dapat berpartisipasi pada kesempatan ini. (Sumber: Biofach japan 2010, data terkait lainnnya, data diolah F. Hero K. Purba 15072010)

No comments: