Tuesday, July 20, 2010

Strategi Penerapan Efficiency Pengendalian Dalam Pengembangan Perusahaan

Mengelola suatu usaha dan sumber daya yang dimiliki agar tercapai efektivitas dan efisiensi yang tinggi merupakan akibat yang logis dari keinginan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Semakin berkembangnya perusahaan tentunya diikuti dengan semakin kompleks dan luasnya aktivitas serta permasalahan yang dihadapi sehingga mendorong timbulnya suatu bidang baru dari auditing yaitu pemeriksaan operasional (audit operasional). Pemeriksaan operasional merupakan aktivitas operasi suatu organisasi yang bertujuan untuk memeriksa efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Aktivitas pemeriksaan operasional akan bermanfaat banyak bagi perusahaan karena dapat menunjang kelancaran dari pelaksanaan operasi perusahaan terhadap kontinuitas perusahaan dimasa yang akan datang. Salah satu fungsi yang ada dalam perusahaan adalah fungsi penjualan, dimana penjualan merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan dalam suatu perusahaan, sehingga perlu untuk mendapat perhatian yang cukup besar serta pengelolaan yang sebaik mungkin. Kegagalan dalam aktivitas penjualan akan sangat berpengaruh terhadap kontinuitas operasi perusahaan, karena penjualan merupakan sumber pendapatan utama perusahaan. Faktor sistem pengendalian intern yang berhubungan dengan penjualan sangat diperlukan, karena penjualan merupakan salah satu unsur harta dalam komponen laba rugi, yang posisinya sangat penting di dalam kelangsungan perusahaan.

Kegiatan pengendalian harus dikenalkan dipenjuru perusahaan, mulai dari level manajemen puncak sampai dengan level bawah. Masing-masing job deskripsi karyawan harus mencakup tanggung jawab untuk mengkomunikasikan masalah operasional, pelanggaran kode etik atau kegiatan ilegal kepada atasan dengan cepat agar segera diambil tindakan. Sistem pengendalian manajemen mempengaruhi perilaku manusia. Tindakan-tindakan individu untuk meraih tujuan-tujuan pribadinya juga akan membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.

Pengendalian Manajemen merupakan proses dengan para manajer mempengaruhi anggota organisasi lainnya untuk mengimplementasikan strategi organisasi. Unsur-unsur sistem pengendalian manajemen meliputi perencanaan strategis, pembuatan anggaran, alokasi sumber daya, pengukuran, evaluasi dan penghargaan atas kinerja, alokasi pusat tanggung jawab dan penetapan harga transfer. Kegiatan Pengendalian Manajemen : Merencanakan apa yang seharusnya dilakukan organisasi, Mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi, Mengomunikasikan informasi, Mengevaluasi informasi, Memutuskan tindakan apa yang seharusnya diambil jika ada, Mempengaruhi orang-orang untuk mengubah perilaku mereka.

Pengendalian Formulasi strategis merupakan proses memutuskan tujuan organisasi dan strategis untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Strategis menetapkan secara umum arah dan tujuan pengerakan organisasi yang diinginkan oleh manajemen senior. Jadi formulasi strategis adalah proses pengambilan keputusan strategi baru, sementara pengendalian menajemen adalah proses implementasi strategi tersebut. (other sources Articles material collected by: Frans Hero K. Purba)

Control Efficiency Implementation Strategy In Corporate Development


To manage the business and its resources in order to achieve effectiveness and high efficiency is a logical consequence of the company's desire to obtain the optimal benefit to the survival and growth of the company itself. Growing companies followed by a more complex course and extent of activities and problems faced thereby encouraging the emergence of a new field of auditing the inspection operation (operational audits). Operational inspection is an operating activities of an organization that aims to examine the efficiency and effectiveness of operations. Operational inspection activity will be beneficial for many companies because it can support the smooth implementation of continuity of operations against the company in the future.
One of the functions within the company is selling function, where the sale is one of the main activities carried out in a company, so we need to receive considerable attention and the best possible management. Failures in sales activity will greatly influence the continuity of operations, because the sale is the company's main revenue source. Factor of internal control systems relating to the sale is necessary, because the sale is one element in the property income component, whose position is very important in corporate sustainability.
Control activities must be introduced companies, ranging from top management level to lower levels. Each job description should include the employees' responsibility to communicate the operational problems, violations of codes of ethics or illegal activities to superiors quickly so that immediate action is taken. Management control systems affect human behavior. Individual actions to achieve their personal goals will also help in achieving organizational goals.

Management control is a process with managers affect members of other organizations to implement organizational strategy. Elements of management control systems include strategic planning, budgeting, resource allocation, measurement, evaluation and appreciation of the performance, allocation of responsibility centers and transfer pricing. Management Control Activities: Plan what you should do the organization, to coordinate the activities of several parts of the organization, Communicating information, evaluate the information, decide what action should be taken if any, Influencing people to change their behavior.

Formulation of strategic control is a process of organizational goals and strategic decision to achieve these goals. Set the general strategic direction and objectives of the organization incrustation desired by senior management. So is the process of strategic formulation of new strategic decision-making, while management control is the process of implementation of the strategy.

No comments: