Tuesday, August 16, 2011

Pengembangan Teknologi Asap Cair (Liquid smoke coconut) sebagai bahan pengawet dan Multiguna lainnya


Ciptaan dan anugrah yang terindah Tuhan yakni dari buah kelapa merupakan berkat yang berlimpah. Salah satu contoh yaitu Pengembangan Produk Kelapa / Cocos Nucipera merupakan pohon yang dari akar samapai pelepahnya bias dimanfaatkan. Salah satu manfaat dari bagian pohon kelapa ini adalah bisa dijadikan asap cair. Asap cair merupakan hasil kondensasi (Pengembunan) asap dari pembakaran tempurung kelapa. Sedangkan manfaat dari asap cair diantaranya sebagai pengganti formalin, pengawet makanan (mie, bakso, tahu dan udang), pengeras karet, penyamakan kulit, pengawet kayu, anti rayap dan desinfektan. Asap Tempurung diproses dari destilasi tempurung kelapa yang proses produksinya menggunakan peralatan dari bahan steinless steel. Produk ini berbentuk cair. Asap cair (bahasa Inggris: wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya.Asap cair memiliki banyak manfaat dan telah digunakan pada berbagai Industri:

1. Industri Pangan, asap cair ini mempunyai kegunaan yang sangat besar sebagai pemberi rasa dan aroma yang spesifik juga sebagai pengawet karena sifat antimikroba dan antioksidannya. Asap cair dapat dipergunakan menggantikan pada proses pengasapan ikan secara tradisional sebelumnya yang langsung diberi asap, sehingga dapat mengganggu lingkungan. Asap cair dapat digunakan pula pada food processing seperti tahu, mie basah dan bakso.

2. Industri perkebunan, asap cair dapat digunakan sebagai koagulan lateks dengan sifat fungsional asapcair seperti anti jamur, anti bakteri dan anti oksidan dapat memperbaiki kualitas produk karet yang dihasilkan.

3. Industri kayu, kayu yang diolesi dengan asap cair mempunyai ketahanan terhadap serangan rayap daripada kayu yang tanpa diolesi asap cair.

Senyawa formaldehid yang terkandung di asap tempurung kelapa cair ini telah lama dimanfaatkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk:

- mengobati sakit gigi,
- segala macam sakit kulit yang disebabkan oleh jamur, virus, bakteri dengan cara mengoleskan pada bagian yang sakit..(kutu air akut, panu, kadas, kurap, herpes) luka diabetes
- asap tempurung cair ini juga dapat dimanfaatkan untuk menggantikan asam semut pada proses penderesan getah pohon karet ,
- pengawet ikan alami..dll
- menyuburkan tanah
- menjaga tanaman agar tidak terserang Virus, bakteri, jamur dan protozoa

LIQUID SMOKE GRADE 1 / Grade 2:

Asap cair ini mempunyai kegunaan yang sangat besar sebagai pemberi rasa dan aroma yang spesifik juga sebagai pngawet karena sifat antimikrobia dan antioksidannya. Dengan tersedianya asap cair maka proses pengasapan tradisional dengan menggunakan asap secara langsung yang mengandung banyak kelemahan seperti pencemaran lingkungan, proses tidak dapat dikendalikan, kualitas yang tidak konsisten serta timbulnya bahaya kebakaran, yang semuanya tersebut dapat dihindari. Pemakaian untuk daging : celupkan daging ke dalam larutan 60 % asap cair kemudian tiriskan, bisa tahan sampai dengan 5 hari. Untuk Ikan : celupkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam 50 % asap cair, tambahkan garam , maksimum awet 3 hari. Untuk bakso : didihkan larutan 15 % asap cair, masukkan bakso, tiriskan. sebelum dimakan bakso direbus dalam air mendidih. Maksimum penyimpanan 5 hari. Penggunaan lain ( LIQUID SMOKE GRADE 3) :

Perkebunan karet :

Asap cair dapat digunakan sebagai koagulan lateks dengan sifat fungsional asap cair / sebagai pengganti asam formiat, antijamur, antibakteri.
Industri Kayu : Pertahanan terhadap rayapManfaat Asap Cair ( Liquid Smoke )
Asap cair memiliki banyak manfaat dan telah digunakan pada berbagai industri, antara lain ;

1. Industri Pangan

Asap cair ini mempunyai kegunaan yang sangat besar sebagai pemberi rasa dan aroma yang spesifik juga sebagai pngawet karena sifat anti microbial dan antioksidannya. Dengan tersedianya asap cair maka proses pengasapan tradisional dengan menggunakan asap secara langsung yang mengandung banyak kelemahan seperti pencemaran lingkungan, proses tidak dapat dikendalikan, kualitas yang tidak konsisten serta timbulnya bahaya kebakaran, yang semuanya tersebut dapat dihindari. Sebagai pengawet bahan makanan: daging, ikan, bakso,
Pemakaian untuk daging : celupkan daging ke dalam larutan 60 % asap cair kemudian tiriskan, bisa tahan sampai dengan 5 hari. Untuk Ikan : celupkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam 50 % asap cair, tambahkan garam , maksimum 3 hari
Untuk bakso : didihkan larutan 15 % asap cair, masukkan bakso, tiriskan.
sebelum dimakan bakso direbus dalam air mendidih. Maksimum penyimpanan 5 hari.

2. Industri Perkebunan
Asap cair dapat digunakan sebagai koagulan lateks dengan sifat fungsional asap cair / sebagai pengganti asam formiat, antijamur, antibakteri.( Liquid Smoke Grade 3 )'

3. Industri Kayu
Pertahanan terhadap rayap
4. Sebagai pengawet bahan makanan: daging, ikan, bakso,
Pemakaian untuk daging : celupkan daging ke dalam larutan 60 % asap cair kemudian tiriskan, bisa tahan sampai dengan 5 hari,Untuk Ikan : celupkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam 50 % asap cair, tambahkan garam , maksimum 3 hari,Untuk bakso : didihkan larutan 15 % asap cair, masukkan bakso, tiriskan.sebelum dimakan bakso direbus dalam air mendidih. Maksimum penyimpanan 5 hari.

3. PENGGUNAAN ASAP CAIR
A. SEBAGAI PENGAWET BAKSO
I. PERLAKUAN
a. Uji Efektifitas asap cair
- Asap cair dicampur ke dalam adonan bakso
- Adonan bakso direbus menggunakan asap cair
- Pengasapan bakso menggunakan asap cair
b. Penghilangan Bau / Rasa
- Direndam menggunakan air panas
- Diasapi dengan uap air
- Direbus dengan air
II. CARA KERJA
a. uji Efektifitas Asap Cair
b. Direbus dengan air
500 ml Asap Cair Grade I dengan konsentrasi 15-16 % direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan 25 gr adonan bakso, bakso yang sudah matang direbus dengan air mendidih selama 10 menit.

III. PENELITIAN

Hasil Penelitian Pengawetan Bakso menggunakan Asap Cair Grade I dengan konsentrasi 15-16 % yaitu sampai dengan hari ke-6 warnanya tidak berubah, tetap beraroma bakso, tekstur keras dan kenyal, tidak timbul jamur.
Namun bila menggunakan Asap Cair Grade II, hanya bertahan sampai hari ke-5

B. SEBAGAI PENGAWET DAGING
Konsentrasi yang baik untuk pengawetan daging menggunakan Asap Cair Grade I, II konsentrasi 15 % dengan perendaman 15 menit.(Berbagai sumber media terkait,Wikipedia, data diolah F. Hero K. Purba)

Technology Development of Liquid Smoke (Liquid smoke coconut) as a preservative and other Multipurpose

Coconut Product Development / Cocos Nucipera a tree from the root of the bias midrib until utilized. One of the benefits of the coconut tree is that it can be used as liquid smoke. Liquid smoke is the result of condensation (Condensation) smoke from burning coconut shell. While the benefits of liquid smoke them instead of formalin, a preservative of food (noodles, meat balls, tofu and shrimp), rubber hardener, tanning leather, wood preservatives, anti-termite and disinfectants. Smoke shells are processed from distilled coconut shell production process using equipment from stainless steel materials. This product is a liquid. Formaldehyde compounds contained in liquid smoke shells has long been used by ancestors of Indonesia to:

- Treat toothache,
- All kinds of sore skin caused by fungi, viruses, bacteria. by applying on the sick.. (acute water fleas, fungus, ringworm, scabies, herpes) diabetic wounds
- Liquid smoke shells could also be used to replace the acid in the process penderesan ants rubber tree sap,
- A natural fish preservative, etc. ..
- Enrich the soil
- Keep the plant in order not attacked by viruses, bacteria, fungi and protozoa

LIQUID SMOKE GRADE 1 / Grade 2:
Liquid smoke has a very great usefulness as the taste and aroma of the specific as well as curing because antimicrobial and antioxidant properties. With the availability of liquid smoke the traditional curing process by using direct smoke that contains many drawbacks such as environmental pollution, the process can not be controlled, inconsistent quality and the incidence of fire hazards, all of which can be avoided. Use for meat: meat dipped in a solution of 60% liquid smoke and then drain, can hold up to 5 days. For the fish: fish that have been cleaned dip into 50% liquid smoke, add salt, lasting a maximum of 3 days. For the meatballs: boil a solution of 15% liquid smoke, put meatballs, drain. before eating meatballs simmered in boiling water. Maximum 5-day storage. Another use of (LIQUID SMOKE GRADE 3):


Rubber Plantation:
Liquid smoke can be used as a latex coagulant with the functional properties of liquid smoke / instead of formic acid, antifungal, antibacterial.
Timber Industry: Defense Against ants Used Liquid Smoke (Liquid Smoke)
Liquid smoke has many benefits and has been used in various industries, among others;
1. Food Industry
Liquid smoke has a very great usefulness as the taste and aroma of the specific as well as cured because antimicrobial and antioxidant properties. With the availability of liquid smoke the traditional curing process by using direct smoke that contains many drawbacks such as environmental pollution, the process cannot be controlled, inconsistent quality and the incidence of fire hazards, all of which can be avoid. Preservative foods: meat, fish, meatballs,
Use for meat: meat dipped in a solution of 60% liquid smoke and then drain, can hold up to 5 days
For the fish: fish that have been cleaned dip into 50% liquid smoke, add salt, maximum 3 days
For the meatballs: boil a solution of 15% liquid smoke, put meatballs, drain.
before eating meatballs simmered in boiling water. Maximum 5-day storage.
2. Industrial Estates
Liquid smoke can be used as a latex coagulant with the functional properties of liquid smoke / instead of formic acid, antifungal, antibacterial. (Liquid Smoke Grade
3. Timber Industry
Defense against termites
4. As a preservative of food: meat, fish, meatballs,
Use for meat: meat dipped in a solution of 60% liquid smoke and then drain, can hold up to 5 days
For the fish: fish that have been cleaned dip into 50% liquid smoke, add salt, maximum 3 days
For the meatballs: boil a solution of 15% liquid smoke, put meatballs, drain.
before eating meatballs simmered in boiling water. Maximum 5-day storage
USE OF LIQUID SMOKE
A. As a preservative BAKSO
I. TREATMENT
a. Test Effectiveness of liquid smoke
- Liquid smoke mixed into the dough balls
- The dough is boiled meatballs using liquid smoke
- Fumigation meatballs using liquid smoke
b. Disappearance Odor / Taste
- Soaked use hot water
- Smoked with water vapor
- Boiled water
HOW WE WORK
a. Effectiveness trials Liquid Smoke
b. Boiled with water
500 ml Liquid Smoke Grade I with a concentration of 15-16% boil. After boiling, put 25 grams of dough meatballs, meatballs are cooked boiled in boiling water for 10 minutes.
RESEARCH
Research Preservation Meatballs using Liquid Smoke Grade I with a concentration of 15-16% which is up to the day-to-6 color does not change, remains flavorful meatballs, hard and chewy texture, does not arise fungi.
However, when using Liquid Smoke Grade II, only lasted until day-5
B. As a preservative MEAT
Concentration is good for preserving meat using Liquid Smoke Grade I, II concentrations of 15% by soaking 15 minutes...

No comments: