Tuesday, August 9, 2011

Strategi Pemasaran Gerilya Bukan sekedar Konsep tetapi sangat Pengaruh dalam Pengembangan dan Persaingan Usaha

Pemasaran merupakan bekerja untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Defenisi pemasaran adalah semua kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya melalui proses pertukaran, proses pertukaran melibatkan kerja penjual yang harus mencari pembeli, menemukan dan memenuhi kebutuhan mereka, merancang produk yang tepat dan menentukan harga yang tepat. Pemasaran Gerilya umumnya digunakan untuk kampanye yang berani untuk produk dan merupakan senjata yang ampuh untuk menjaring konsumen. Konsep pemasaran gerilya merupakan suatu konsep strategi yang unik dan fleksibel untuk dapat diterapkan oleh pelaku usaha tidak hanya ketika penjualan mengalami kemerosotan tetapi dapat juga ketika mencapai target penjualan yang maksimal. Gerilya pemasaran yang dilakukan oleh seorang businessman didalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda akan produknya akan memberikan suatu yang lain dipasar. Sebagai contoh Produk HP Blacberry Torch yang memiliki konsep teknologi yang berbeda jika dibandingkan dengan Jenis HP lainnya yang memiliki fitur dan fasilitas yang berbeda. Konsep apa yang sebenarnya harus dilakukan dengan secara gencar didalam pemasaran produk suatu handphone untuk meraih segmen pasar. Masih banyak lagi produk-produk yang memiliki daya saing dan daya beli berdasarkan segmen yang berbeda-beda.

Apabila berdasarkan sejarah pahlawan pendahulu kita menerapkan strategi perang gerilya didalam militer, ternyata konsep ini dapat diterapkan dalam persaingan bisnis didalam merebut dan menguasai pasar untuk keberhasilan sesuatu usaha. Sesuatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku usaha sebagai sumberdaya, tenaga penggerak, dan tujuan. Oleh karena itu didalam suatu konsep strategi bisnis akan mencapai suatu nilai yang tak ternilai dalam strategi pemasaran gerilya ini.

Menurut Lynn Shanton, President Strategic Marketing Group ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam Rencama Pemasaran Gerilya (Gurilla Market Plan):

1) Membuat suatu Rencana Pemasaran. (Write a Market Plan)

Untuk membuat sesuatu rencana pemasaran diperlukan hal-hal yang akan mendukung yaitu: Tujuan pemasaran, Keuntungan yang akan dicapai, target penjualan, relung pasar (nich market), identifikasi pemasaran, anggaran pemasaran.

2) Membuat Kalender Rencana Pemasaran, (Create Marketing Kalendar), Hal ini diperlukan untuk mencapai target penjualan berdasarkan waktu yang akan ditempuh untuk skala harian, bulanan dan tahunan sehingga dapat mengetahui trend pasar yang ada.

3) Serangan Pemasaran (Launch Attack), Merupakan suatu strategi konsep pergerakkan dimana menyiapkan berbagai rumusan-rumusan untuk dapat diaplikasikan didalam meraih pasar.

4) Memperbaiki Rencana (Improve the Plan), Dalam memperbaiki perencanaan perlu ditinjau dari berbagai hal sehingga konsep pemasaran gerilya yang diterapkan akan mencapai target.

5) Mempertahankan Serangan dari pesaing dipasar (Maintain the attack and Track Effectiveness). Mencatat segala hal didalam persaingan pasar melalui riset pasar dan identifikasi pasar.

Beberapa contoh marketing gerilya yaitu: Menggunakan billboard berukuran besar dan bergambar paparazzi dengan kamera Nikon berkedip-kedip memotret orang yang berjalan di sepanjang sisi jalan. Kampanye Discovery Channel, Iklan billboard dimana papan selancar dipotong sedemikian rupa, ternyata hiu telah menggigit bagian dari papan itu. Iklan ini adalah untuk promosi mereka “ Shark “ ( ikan hiu ). Ketika orang pergi untuk mengambil papan, mereka melihat iklan.Tyskie Kampanye. Salah satu contoh pemasaran gerilya yaitu gagang pintu yang dibuat sebagai pegangan mug bir Tyskie. Mereka mempromosikan iklan ini di restoran dan hotel yang menggunakan produk mereka. Kampanye Audi. Dengan menggunakan poster, terlihat salah satu mobil Audi diparkir di garasi. Sepertinya parkir terbuka dengan Audi diparkir, tapi itu hanya poster yang diletakkan di pintu garasi. Kampanye Kesadaran Merokok, Ini adalah salah satu contoh terbaik dari pemasaran gerilya, dimana di tempat sampah di trotoar jalan-jalan dicat seperti mata dan mulut dengan sekelilingnya ditulis kata-kata , " merokok menyebabkan kebutaan ".Kampanye McDonald's . Suatu ide pemasaran yang kreatif untuk promosi kopi gratis. Dibuat di lampu jalan dengan cangkir kopi di dasar, dan sebuah stoples kopi di tempat bolam lampu. Hal ini tampak seperti toples itu sudah menuangkan kopi ke cangkir kopi McDonald's. Indikator kinerja pemasaran adalah volume pemasaran, didukung oleh guerrilla marketing, repositioning, reenginering, marketing intelligence dan pada kesempatan ini dengan menerapkan langkah-langkah pemasaran gerilya, para businessman dapat meraih peluang pasar yang kompetitif. Perubahan dalam pola-pola strategi bisnis pemasaran gerilya merupakan suatu transformasi dan transisi pembaharuan yang berkesinambungan didalam meningkatkan suatu usaha yang lebih baik. (Berbagai sumber terkait, Media, data diolah F. Hero K Purba)

No comments: