Monday, January 9, 2012

STRATEGI PEMASARAN GERILYA / “MARKETING GUERILLA” DIDALAM PERSAINGAN USAHA


Strategi dan taktik pemasaran gerilya dengan menggunakan berbagai alternatif senjata pemasaran yang paling efektif. Ketika sebuah perusahaan memilih untuk menggunakan pemasaran gerilya, mereka berharap untuk menjangkau konsumen mereka di tempat-tempat tidak terduga. Pemasaran gerilya merupakan suatu konsep strategi yang unik dan fleksibel untuk dapat diterapkan oleh pelaku usaha tidak hanya ketika penjualan mengalami kemerosotan tetapi dapat juga ketika mencapai target penjualan yang maksimal. Gerilya pemasaran yang dilakukan oleh seorang businessman didalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda akan produknya akan memberikan suatu yang lain dipasar. Sebagai contoh Produk HP Blacberry yang memiliki konsep teknologi yang berbeda jika dibandingkan dengan Jenis HP lainnya yang memiliki fitur dan fasilitas yang berbeda. Konsep apa yang sebenarnya harus dilakukan dengan secara gencar didalam pemasaran produk suatu handphone untuk meraih segmen pasar. Masih banyak lagi produk-produk yang memiliki daya saing dan daya beli berdasarkan segmen yang berbeda-beda.

Jika pahlawan pendahulu kita menerapkan strategi perang gerilya didalam berjuang, ternyata konsep ini dapat diterapkan dalam persaingan bisnis didalam merebut dan menguasai pasar untuk keberhasilan sesuatu usaha. Sesuatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku usaha sebagai sumberdaya, tenaga penggerak, dan tujuan. Oleh karena itu didalam suatu konsep strategi bisnis akan mencapai suatu nilai yang tak ternilai dalam strategi pemasaran gerilya ini.

Menurut Lynn Shanton, President Strategic Marketing Group ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam Rencama Pemasaran Gerilya (Gurilla Market Plan):

1) Membuat suatu Rencana Pemasaran. (Write a Market Plan)

Untuk membuat sesuatu rencana pemasaran diperlukan hal-hal yang akan mendukung yaitu: Tujuan pemasaran, Keuntungan yang akan dicapai, target penjualan, relung pasar (nich market), identifikasi pemasaran, anggaran pemasaran.

2) Membuat Kalender Rencana Pemasaran, (Create Marketing Kalendar), Hal ini diperlukan untuk mencapai target penjualan berdasarkan waktu yang akan ditempuh untuk skala harian, bulanan dan tahunan sehingga dapat mengetahui trend pasar yang ada.

3) Serangan Pemasaran (Launch Attack), Merupakan suatu strategi konsep pergerakkan dimana menyiapkan berbagai rumusan-rumusan untuk dapat diaplikasikan didalam meraih pasar.

4) Mempertahankan Serangan dari pesaing dipasar (Maintain the attack and Track Effectiveness). Mencatat segala hal didalam persaingan pasar melalui riset pasar dan identifikasi pasar.

5) Memperbaiki Rencana (Improve the Plan), Dalam memperbaiki perencanaan perlu ditinjau dari berbagai hal sehingga konsep pemasaran gerilya yang diterapkan akan mencapai target.

Indikator kinerja pemasaran adalah volume pemasaran, didukung oleh guerrilla marketing, repositioning, reenginering, marketing intelligence dan pada kesempatan ini dengan menerapkan langkah-langkah pemasaran gerilya, para businessman dapat meraih peluang pasar yang kompetitif. Perubahan dalam pola-pola strategi bisnis pemasaran gerilya merupakan suatu transformasi dan transisi pembaharuan yang berkesinambungan didalam meningkatkan suatu usaha yang lebih baik. (Berbagai sumber media terkait, data diolah: F. Hero K Purba)

No comments: