Monday, June 25, 2012

Memenangkan Persaingan Pemasaran Internasional dalam Negosiasi Bisnis

Disaat kita dihadapkan dalam suatu negosiasi dan menuntut untuk dibuatnya suatu keputusan maka, segala emosi tadi harus segera digantikan dengan rasionalitas. Negosiasi dan pembuatan keputusan / decision making selalu diawali dengan emosi. Menurut ajaran Sun Tzu Negosiasi sangat penting dikuasai dan telah berusia lebih dari 2500 tahun—dan kini diimplementasikan dalam manajemen modern—salah satu unsur penting untuk “menang” adalah dengan mengetahui unsur kelebihan dan kekuatan lawan. Global Negosiasi merupakan suatu hal yang pokok dan terpenting dalam bisnis untuk melalkukan rencana pengembangan dengan mitra bisnis. Jika kita telusuri pengertian Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan cara berunding untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak. Dalam negosiasi, kita dituntut untuk memahami medan mitra bisnis kita. Dengan begitu, kita bisa melihat banyak peluang. Ada dua hal penting yang perlu kita kuasai saat negosiasi. Pertama, menguasai materi dan mengenal partner yang akan diajak negosiasi. Kedua, mengendalikan emosi. Negosiasi ada macam-macam jenisnya. Antara lain negosiasi bisnis (jual beli) antara dua pihak yang ingin melakukan kerjasama bisnis seperti contoh diatas. Kemudian lainnya negosiasi pihak manajemen dengan pekerja, negosiasi politik hingga negosiasi sehari-hari. Negosiasi bisnis berbeda dengan jenis negosiasi lainnya. Dalam suatu negosiasi bisnis, setiap pihak yang terlibat berusaha untuk menemukan suatu win-win solution. Dalam win-win solution, kedua pihak sama-sama mencari solusi yang dapat memuaskan bagi kedua belah pihak.

Negosiasi bisnis, dapat melibatkan pula pihak ketiga baik langsung maupun tidak langsung. Hal yang terpenting adalah, dalam negosiasi bisnis kita harus mengetahui pihak mana yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Sehingga kita tidak melakukan langkah yang salah dalam negosiasi. Jangan sampai kita sudah melakukan negosiasi panjang, ternyata pihak lawan bukanlah key person yang berpengaruh dalam isu tersebut. Didalam negosiasi bisnis ini selain berorientasi pada transaksi bisnis, juga memperhatikan orientasi hubungan antara kedua belah pihak. Kedua pihak saling berusaha untuk memahami dan bekerjasama untuk memperoleh solusi yang memuaskan. Tuntutan dalam persaingan global sangat berarti dalam negosiasi bisnis, tentunya dengan concept yang kita gunakan win-win solution akan mengambilkan suatu hasil yang berarti dengan mitra bisnis kita. Dalam era persaingan global, negosiasi bisnis sangat penting dilakukan dengan trik dan cara yang berbeda untuk mengetahui rekan bisnis kita.

Menurut sumber penulis Cepiar bahwa ada beberapa hal penting yang diperhatikan dalam negosiasi dengan mitra bisnis: 1. Pisahkan pokok masalah yang dinegosiasikan dengan lawan. Jangan sampai masalah pribadi menghambat proses negosiasi yang sedang berjalan. Tak heran perusahaan-perusaha an besar biasanya mempunyai tim negosiasi yang terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berlapis-lapis. Dengan begitu, tidak akan pernah terjadi konflik pribadi dengan proses negosiasi. 2. Selalu mengacu pada tujuan utama negosiasi. Apa hasil akhir yang kita inginkan dalam negosiasi ini? Bukan masalah menang atau kalah, apalagi sampai menjatuhkan lawan. So, tetap berkepala dingin dan jangan pernah terpancing dengan emosi atau ego mau menang sendiri. 3. Berikan alternatif win-win solution pada lawan. Selalu fleksibel selama negosiasi agar terhindar dari jalan buntu. Persiapkan beberapa solusi alternatif yang diprediksi bisa menciptakan kondisi saling menguntungkan bagi lawan. 4. Selesaikan proses negosiasi dengan cepat dan tidak bertele-tele. Hindari faktor-faktor yang bisa melelahkan lawan seperti proses negosiasi yang terlalu lama, tempat negosiasi yang tidak kondusif, dll. Karena faktor-faktor tersebut cenderung membuat lawan jadi emosional dan berbalik menekan kita. 5. Riset, riset dan riset. Hal terpenting dalam negosiasi sering berkaitan dengan etika dan budaya. Negosiator ulung selalu melakukan riset untuk mengetahui karakter lawannya. Apa latar belakangnya, kebiasaan, hobi, kesukaan, dan lain sebagainya. Membuat seorang negosiator tidak peduli dengan bentuk kontrak win-win, win-lose, lose-win, ataupun lose on negotiation. Misi dan tujuan adalah esensi dari suksesnya negosiasi dan merupakan detak jantung dari suatu negosiasi. Terbukti bahwa kebanyakan kontrak besar bisnis dimenangkan bukan di meja rapat, tapi di lapangan golf, kapal pesiar atau restoran. Jadi dalam hal ini negosiator selalu dituntut untuk selalu tahu kapan sebaiknya memberi dan kapan harus menerima, juga peka melihat situasi dan suasana kapan untuk menekan lawan bicaranya. Inilah hal hal yang perlu kita perhatikan dalam negosiasi baik dengan mitra lokal maupun International dalam persaingan global. (sources: Berbagai sumber terkait,artikel, makalah, newspaper, data diolah Frans Hero K. Purba)

How to Won the International Market Competition in Business Negotiation

While we are confronted in a negotiation and demanded for a decision is made, all the emotions had to be immediately replaced with rationality. Negotiation and decision making / decision making is always preceded by emotion. According to the teachings of Sun Tzu is very important negotiations have been held and more than 2500 years old, and now implemented in modern management-an important element to "win" is by knowing the elements of the advantages and power of the opponent. Global Negotiation is a fundamental and most important thing in business for plan development with business partners. If we trace the sense Negotiation is the process of bargaining with the way negotiations to reach agreement of both parties. In negotiations, we are required to understand the field of our business partners. That way, we can see a lot of opportunities. There are two important things to do well when negotiating. First, master the material and know who will be invited to the negotiation partner. Second, control your emotions. Negotiations there are various kinds. Among other business negotiations (sale and purchase) between two parties who want to do business co-operation as the example above. Then the other negotiating parties in employee management, political negotiations to negotiate everyday. Different business negotiations with other types of negotiations. In a business negotiation, each party involved in trying to find a in-win solution. In a win-win solution, both parties are equally looking for a solution that can satisfy both parties. Business negotiations, it can also involve a third party either directly or indirectly. The important thing is, in business negotiations we need to know which party is most influential in decision-making. So we do not make a wrong step in the negotiations. Do not let us have done lengthy negotiations, the opposition was not a key person of influence in the issue. In the negotiation of this business-oriented than business transactions, also pay attention to the orientation relationship between both parties. Both sides seek to understand each other and work together to obtain a satisfactory solution. Demands of global competition means a lot in business negotiations, of course, we use the concept of win-win solution will get a significant result with our business partners. In the era of global competition, business negotiation is very important to do the tricks and different ways to know our business associates. According to sources the author Cepiar that there are some important things to consider in negotiations with business partners: 1. Separate principal who negotiated with the opposite problem. Do not let personal problems that hinder the negotiation process is running. No wonder the company's large-company usually has a negotiating team consisting of several people with expertise in layers. That way, it will never happen with the personal conflict negotiation process. 2. Always refer to the main purpose of the negotiations. What the end result we want in this negotiation? Does not matter win or lose, let alone to drop the opponent. So, keep cool and do not ever provoked by emotional or selfish ego. 3. Provide alternate win-win solution to the opponent. Always flexible during negotiations to avoid an impasse. Prepare some alternative solutions that can be predicted to create mutually beneficial conditions for the opponent. 4. Complete the process of negotiating with a fast and straightforward. Avoid factors that can be tiring opponents such as prolonged negotiations, where negotiations are not conducive, etc.. Because of these factors tend to make the opponent became emotional and turned to push us. 5. Research, research, and research. The most important thing in a negotiation is often related to ethics and culture. Negotiator is always doing research to find out his opponent's character. What is his background, habits, hobbies, passions, and so forth. Creating a negotiator does not care about the form of a contract win-win, win-lose, lose-win, or lose on negotiation. The mission and purpose is the essence of successful negotiations and a heart rate of a negotiation. Proved that most of the businesses won contracts rather than on the conference table, but on the golf course, yacht or a restaurant. So in this case the negotiator has always claimed to always know when to give and when to accept, is also sensitive look at the situation and atmosphere to suppress the other. Here's the thing we need to consider in negotiations with local and International partners in global competition.

No comments: