Monday, July 9, 2012

Kompetisi dalam Pemasaran Gerilya untuk Jasa Seni dan Produk

Kompetisi dunia entertainment, seperti perlombaan Indonesia Idol, yang secara global memberikan daya saing yang tinggi dalam dunia hiburan. Kemenangan dalam perlombaan Indonesia Idol atas Regina menjadi contoh bagi anak muda. Semangat pantang menyerah akhirnya memenangkan bagi gadis 26 tahun itu. Regina Ivannova Pollapa ditahbiskan sebagai juara Indonesian Idol 2012. Yang dilihat disini bagaimana mencari suatu Innovasi baru didunia hiburan dan mengantarkan ke dunia hiburan dan bisnis. Baik dari segi produk, Seni yang merupakan jasa, seperti lagu dan inovasinya, dunia marketing pemasaran mempunyai teknik tersendiri untuk memformulasi strategi dalam memasarkan produk maupun jasa yang akan diminati atau diinginkan oleh konsumen. Di Musim ketujuh dari Indonesian Idol ini, konsestan diperbolehkan menyanyikan lagu berbahasa Inggris, setelah musim-musim sebelumnya hanya diperbolehkan menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. Tentunya kita patut bangga dengan seni creative marketing yang merupakan salah satu Marketing Gerilya dari tokoh tersebut yang dapat memberikan omset yang berarti pada penggemar pelaku nada dering pada provider jaringan telepon sellular. Dimasa mendatang, bagaimana mencreate suatu hal berpadu dalam bisnis musik Indonesia.

Demikian juga dalan dunia self marketing, ada beberapa orang yang menerapkan strategy self marketing gerilya, langkah-langkahnya bertolak belakang dengan orang-orang yang menerapkan strategy populer, contoh seperti artis yang justru menerapan strategy harus populer, semakin dikenal dia akan semakin mahal. Sedangkan self marketing gerilya hanya menangkap segmen yang butuhkan saja, tidak perlu populer. Sebab saya menemukan ada beberapa pengusaha yang sukses, namanya tidak dikenal banyak orang, namun usahanya sangat besar dan maju.

Perusahaan mengikuti dan menerapkan strategi pemasaran yang digerakkan oleh pelanggan, perusahaan tersebut akan menemukan bahwa pelanggan sasaran memengaruhi setiap segmen dari keseluruhan perusahaan dengan Teknik Guerilla Marketing sebenarnya bagaimana situasi menangkap pasar konsumen. Demikian juga dalam dunia marketing, ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem Guerilla Marketing. Seperti Inovasi telah membuat percepatan market bersaing ketat , Ipad, Blackberry saat ini merupakan penguatan pangsa pasar dalam produk telephone cellular.

Jika kita banding Guerilla Marketing untuk produk dan Seni / jasa, tergantung bagaimana seseorang itu menciptakan pasar. Penciptaan suatu pasar produk / jasa yang diinginkan konsumen, sehingga tidak membosankan konsumen, tetapi creative think to create product dengan strategy Guerilla Marketing. Jadi ciptakanlah pasar sesuai dengan selera konsumen, walaupun dalam marketing mix adanya: people, price, promotion, physical evidence memberikan dukungan untuk pengembangan pasar dan new product development.

Menurut Social Media Marketing Secrets terinspirasi oleh Jay Levinson dan diadaptasi oleh Shane Gibson ada 3 gerilya Social Media Marketing Tips: 1. Bergantung - "The gerilya tugas tidak bersaing tetapi untuk bekerja sama dengan usaha yang lain. Pasar mereka kembali bagi mereka dalam pemasaran Anda. Menyiapkan tie-ins dengan orang lain. Menjadi lebih tergantung kepada pasar dan investasi kurang. "Mulai ke blog, melakukan wawancara dan profil Anda koperasi kompetitor online dan banyak orang akan saling memberi dan membantu Anda tumbuh dan klien Anda berikut dasar. 2. Perlengkapan perang - Lengan sendiri dengan seluruh media sosial alat yang dipakai pelanggan Anda atau menggunakan. Juga menemukan pasar-pasar baru melalui perlengkapan sendiri baru dengan jaringan sosial dan media. 3. Consent - Izin adalah nomor satu jika anda akan menjadi gerilya Sosial Media marketer. Luangkan waktu untuk membangun kepercayaan dan hubungan dan tidak terlalu keras atau melampaui hubungan Anda dengan pitches online dan pesan yang tidak diinginkan. Dalam pemasaran gerilya berupa iklan promosi yang amunisinya terdiri dari waktu, energy imajinasi. Keuntungan dari Gerilya Marketing: Lebih hemat biaya, lebih tajam penetrasi pasarnya, lebih efektif, Lebih terukur hasilnya. Dengan demikian perlunya suatu konsep inovasi tertentu dalam penciptaan suatu pasar bagi konsumen untuk produk barang dan jasa.(sources berbagai sumber, data oleh Frans Hero K. Purba)

No comments: