Friday, August 31, 2012

Peluang Usaha Agribisnis Daun Mint (Mentha cordifolia) dalam Potensi Pasar

Tiga dari produsen terbesar dari mint dan produk terkait mint seperti minyak esensial - adalah Amerika Serikat, India dan Cina. AS dan India menghasilkan pasokan terbesar minyak mint yang digunakan dalam permen karet, pasta gigi, obat kumur, dan beberapa produk lainnya. Tanaman ini biasanya ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Cocok digunakan sebagai daun mint, khususnya sebagai makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan permen. Daun mint (Mentha cordifolia). Dengan mengonsumsi mint ternyata baik bagi tubuh, seperti mendinginkan saluran pencernaan, atau jika sakit perut akan amat membantu menghilangkan rasa sakitnya. Daun Mint adalah tanaman yang sangat haus. Ini tumbuh di mucklands baik dikeringkan di Indiana, Michigan dan Wisconsin. Hal ini juga tumbuh dengan baik di Oregon, Washington, Idaho, South Dakota dan Montana. Daerah ini berbagi satu karakteristik: Mereka semua utara paralel ke-41, di mana jumlah yang tepat siang hari menghasilkan hasil terbaik dan kualitas minyak. Mint adalah tanaman tahunan yang menghasilkan benih tidak. Hal ini ditanam dalam baris, dengan negara-bersertifikat, saham bebas penyakit, root atau pelari bawah tanah dari tanaman yang ada. Pada tahun kedua tanaman menyebar, menciptakan mint yang solid. Minyak disimpan dalam kelenjar di bagian bawah daun peppermint dan spearmint. Sebuah acre (.4 ha) mint menghasilkan sekitar 76 pound (34,5 kg) minyak. Mint sulit untuk tumbuh dan perawatan khusus harus diambil untuk memastikan hanya kualitas terbaik selesai minyak.Sementara meminum teh herbal mint dapat mengurangi sindrom iritasi usus, membersihkan perut, dan juga membersihkan gangguan pada kulit seperti jerawat. Adapun 6 manfaat kesehatan dari Daun Mint yaitu:

  1. Manfaat untuk kesehatan utama dari daun mint adalah efeknya terhadap sistem pencernaan tubuh. Aromanya yang khas, dapat mengaktifkan kelenjar ludah dan enzim pencernaan dalam tubuh kita., Di negara-negara barat daun mint dijadikan makanan pembuka. Daun mint juga dapat digunakan mengobati gangguan pencernaan dan perut. Bila Anda sakit perut, Anda bisa meminum secangkir Teh mint. Aroma Mint juga berguna untuk mengobati mual dan sakit kepala. Minyak menthol yang berasal dari daun Mint banyak dipakai orang-orang yang sering berpergian jauh untuk mencegah mual.
  2. Minyak Mint adalah stimulan, oleh karena itu dapat berguna dalam mengobati depresi, stres dan sakit kepala. Anda bisa menggunakan sabun aroma mint saat mandi atau meneteskan minyak mint ke sarung bantal Anda sehingga Anda dapat menghirupnya.
  3. Daun mint dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena merangsang pencernaan lemak! Anda bisa mencincang daun mint dan menambahkannya pada telur dadar atau teh.
  4. Aroma mint yang kuat juga memberikan manfaat kesehatan pada sistem pernapasan dan digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pernapasan. Hal ini sangat efektif sebagai dekongestan hidung, tenggorokan, bronkus dan paru-paru, dan mengobati gangguan pernapasan tertentu seperti asma dan batuk.
  5. Daun Mint juga memiliki fungsi dan manfaat kesehatan untuk mulut. Daun mint sering digunakan untuk merawat Kesehatan mulut, karena daun mint memiliki sifat anti kuman. Anda tinggal mengunyah daun mint untuk melawan pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut, gigi dan lidah.
  6. Daun mint juga baik untuk kesehatan kulit, sehingga sering digunakan untuk mengobati jerawat, gigitan serangga, dan luka bakar. Selain itu, daun mint juga digunakan sebagai bumbu dan item dekoratif yang digunakan dalam berbagai hidangan kuliner dan minuman.

Sekarang ini harga pasar untuk setiap harga jual daun mint basah berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per kg. Adapun harga daun mint kering lebih tinggi lagi, yakni Rp 30.000 hingga Rp 60.000 per kg. Daun mint kering bisa mencapai seharga Rp 150.000 per kg. Pada Daun mint ini mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium. Serat, klorofil dan fitonutrien juga banyak terkandung didalam daun mint. Daun mint dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, meredakan sakit kepala, mencegah demam, mempunyai sifat antioksidan pencegah kanker dan menjaga kesehatan mata. Pemanfaatan peluang daun mint ini sangat prospek untuk peluang pasar agribisnis dan pencapaiannya. (Sources: Wikipedia, Media Indonesia, artikel majalah, others resources, data diolah F. Hero K. Purba).

No comments: