Thursday, January 3, 2013

Potensi Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) dalam Peluang usaha Agribisnis




Di Indonesia, potensi kacang-kacangan merupakan salah satu komoditi bahan pangan yang akrab dalam masyarakat. Pembudidayaan tanaman kacang merah di Indonesia telah meluas ke berbagai daerah. Tahun 1961-1967 luas areal penanaman kacang merah di Indonesia sekitar 3.200 Ha, tahun 1969-1970 seluas 20.000 Ha dan tahun 1991 mencapai 79.254 Ha dengan produksi 168.829 ton. Peningkatan produksi kacang merah mempunyai arti penting dalam menunjang peningkatan gizi masyarakat, karena merupakan salah satu sumber protein nabati yang murah dan mudah dikembangkan (Sulistyowati, 2008). Adapun manfaat kacang merah yang bisa kita dapatkan dan berikut adalah beberapa diantaranya Mampu menurunkan kadar kolesterol.Kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh, Mencegah tingginya gula darah.Kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan, Membantu mencegah penyakit jantung dan Sebagai sumber protein nabati, karbohidrat, vitamin B, dll. (Berbagai sumber media terkait; data diolah F. Hero K. Purba).
Nikmatnya usaha kuliner dari kacang merah di Indonesia, es kacang merah banyak dikenal di Manado dan Palembang. Namun, ada sedikit perbedaan. Di Manado, kacang merah disajikan dengan susu kental manis cokelat, sementara di Palembang untuk pemanisnya diberi sirup merah atau cocopandan. Untuk kacang merah yang dibuat es biasanya berasal dari kacang merah segar, kacang merah kering, atau kacang merah kalengan. Karenanya nuansa warna dan teksturnya juga beragam. Kacang merah segar warnanya lebih pucat sedangkan kacang merah kering dan kalengan warna merahnya lebih cerah.
Kacang merah dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Dalam sajian di kalangan rumah tangga dengan olahan tradisional (dimasak menjadi bubur, sup atau campuran sayur, nasi tim) , ternyata kacang merah merupakan makanan berkelas dan biasa dikonsumsi juga oleh kalangan menengah ke atas. Banyak kalangan rumah makan hingga restoran yang memanfaatkan kacang merah ini sebagai makanan fungsional yang bernilai tawar relatif tinggi. Kacang merah juga dapat dolah menjadi roti tawar kacang merah, schotel kacang merah, crakers kacang merah,dapat dimasak menjadi selai manis yang digunakan sebagai pengisi beberapa kue seperti bakpau, kue bulan, kue moci, kue dorayaki, donat isi, dan lain-lain serta diolah menjadi es krim kacang merah.  Industri es krim kini semakin berkembang. Peluang usaha kacang merah bila kita amati, usaha ini sangat berpeluang untuk dikembangkan. bisa mulai dari rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Pengembangan agribisnis kacang merah ini merupakan salah satu strategi pengembangan dari produk kacang-kacangan yang memiliki nilai tambah untuk peluang usaha.

No comments: