Tuesday, September 21, 2010

Audit Strategi dalam Ruang Lingkup Bisnis

Strategi bisnis menekankan peran "lingkungan bisnis" dalam membentuk pemikiran strategis dan pengambilan keputusan. Lingkungan eksternal di mana bisnis beroperasi dapat menciptakan peluang bisnis yang dapat memanfaatkan, serta ancaman yang dapat merusak bisnis. Untuk tujuan pengembangan strategi audit, pemahaman atas proses pengukuran risiko oleh manajemen dan pemahaman akan lingkungan pengendalian merupakan dasar untuk mempertimbangkan apakah pendekatan berbasis sistem (systems-based approach) dapat diterapkan Strategi audit adalah aktivitas yang pertama kali dilakukan dari seluruh rangkaian kegiatan audit. Strategi audit dapat didefinisikan sebagai proses penyusunan arahan atau petunjuk audit dan penyelarasan antara pemahaman auditor atas kegiatan auditan dengan fokus audit yang akan dilakukan. Namun, untuk berada dalam posisi untuk memanfaatkan kesempatan atau menanggapi ancaman, bisnis perlu memiliki sumber daya dan kemampuan yang tepat pada tempatnya. Bagian penting dari strategi bisnis berkaitan dengan memastikan bahwa sumber daya dan kompetensi ini dipahami dan dievaluasi - sebuah proses yang sering dikenal sebagai "Strategis Audit". Proses melakukan audit strategis dapat diringkas ke dalam tahapan sebagai berikut: (1) Resource Audit: Audit sumber daya mengidentifikasi sumber daya yang tersedia untuk sebuah bisnis. Beberapa di antaranya dapat dimiliki (misalnya pabrik dan mesin, merek dagang, gerai ritel), sedangkan sumber-sumber lain dapat diperoleh melalui kemitraan, joint venture atau sekadar pemasok pengaturan dengan bisnis lain. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang sumber daya di sini. (2) Analisis Rantai Nilai: Analisis Rantai Nilai menggambarkan aktivitas yang terjadi dalam bisnis dan menghubungkan mereka dengan suatu analisis tentang kekuatan kompetitif bisnis. Kerja berpengaruh oleh Michael Porter menyarankan bahwa kegiatan bisnis dapat dikelompokkan dalam dua judul: (1) Primer Aktivitas - orang-orang yang secara langsung berkaitan dengan pembuatan dan pengiriman produk (misalnya komponen rakitan) dan (2) Dukungan Kegiatan, yang sementara mereka tidak secara langsung terlibat dalam produksi, dapat meningkatkan efektivitas atau efisiensi (misalnya manajemen sumber daya manusia). Jarang untuk sebuah bisnis untuk melakukan semua kegiatan utama dan dukungan. Analisis Rantai Nilai adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi aktivitas yang paling baik dilakukan oleh sebuah bisnis dan yang terbaik yang diberikan oleh orang lain ( "outsourcing"). Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Analisis Rantai Nilai di sini. (3) Analisis Kompetensi Inti: Kompetensi inti adalah mereka kemampuan yang sangat penting untuk bisnis mencapai keunggulan kompetitif. Titik awal untuk menganalisis kompetensi inti adalah mengakui bahwa persaingan antara perusahaan adalah sebesar sebuah perlombaan untuk penguasaan kompetensi seperti bagi posisi pasar dan kekuatan pasar. Manajemen senior tidak bisa berfokus pada semua kegiatan bisnis dan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk melakukannya. Jadi, tujuannya adalah untuk manajemen untuk memusatkan perhatian pada kompetensi-kompetensi yang benar-benar mempengaruhi keunggulan kompetitif. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang konsep Kompetensi Inti di sini. (4) Performance Analysis Audit sumber daya, analisis rantai nilai dan kompetensi inti analisis membantu untuk menentukan kemampuan strategis bisnis. Setelah menyelesaikan analisis seperti itu, pertanyaan-pertanyaan yang dapat meminta agar mengevaluasi kinerja keseluruhan bisnis. Pertanyaan-pertanyaan ini meliputi: - Bagaimana memiliki sumber daya dikerahkan di bisnis berubah dari waktu ke waktu, inilah analisa historis" - Bagaimana sumber daya dan kemampuan bisnis dibandingkan dengan orang lain dalam industri - "norma industri analisis" - Bagaimana sumber daya dan kemampuan bisnis dibandingkan dengan "terbaik di kelas" - di mana pun itu bisa ditemukan-"benchmarking" - Bagaimana kinerja keuangan dari bisnis berubah seiring dengan waktu dan bagaimana cara kunci dibandingkan dengan pesaing dan industri secara keseluruhan? - "Analisis rasio" (5) Analisis Portofolio: Analisis portofolio analisis keseimbangan keseluruhan unit bisnis strategis dari sebuah bisnis. Kebanyakan perusahaan besar telah beroperasi di lebih dari satu segmen pasar, dan sering dalam pasar geografis yang berbeda. Lebih besar, beragam kelompok sering memiliki beberapa divisi (masing-masing berisi banyak unit bisnis) yang beroperasi di industri yang sangat berbeda.

Tujuan penting dari audit strategis adalah untuk memastikan bahwa portofolio bisnis yang kuat dan unit bisnis investasi dan manajemen yang memerlukan perhatian tersebut disoroti. Hal ini penting - sebuah bisnis harus selalu mempertimbangkan pasar yang paling menarik dan unit bisnis yang memiliki potensi untuk mencapai keuntungan dalam pasar yang paling menarik.
Secara tradisional, dua model analitis telah banyak digunakan untuk melakukan analisis portofolio: - The Boston Consulting Group Portfolio Matrix (the "Boston Box"); - The McKinsey / General Electric Growth Share Matrix (6) Analisa SWOT:
SWOT adalah singkatan untuk Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman. Analisis SWOT merupakan alat penting untuk mengaudit keseluruhan posisi strategis bisnis dan lingkungannya.

Scope of Audit Strategy in Business


Business strategy, emphasizing the role of "business environment" in shaping strategic thinking and decision making. External environment in which business operates can create business opportunities that can utilize, as well as threats that could damage businesses. For the purpose of developing the audit strategy, an understanding of the risk measurement process by management and understanding of control environment is fundamental to consider whether the systems-based approach (systems-based approach) can be applied to the audit strategy is the first activity of the whole series of activities conducted an audit. Audit strategy can be defined as the process of landing or audit guidelines and alignment between the understanding of the activities audited by the auditor to focus the audit to be performed. However, to be in a position to take advantage of opportunities or respond to threats, businesses need to have the resources and capabilities that precisely in place. An important part of business strategy related to ensuring that resources and competencies are understood and evaluated - a process often known as the "Strategic Audit". Strategic audit process can be summarized into the following stages: (1) Resource Audit: Audit resources to identify the resources available to a business. Some of them can be owned (eg plant and machinery, trademarks, retail outlets), while other sources can be obtained through a partnership, joint venture or simply a business arrangement with another supplier. You can read more about the resources here. (2) Value Chain Analysis: Value Chain Analysis describes the activities that occur in businesses and linking them to an analysis of the competitive strength of the business. Influential work of Michael Porter suggested that business activities can be grouped under two headings: (1) Primary Activities - those that are directly related to the manufacture and shipping of products (eg component assembly) and (2) Support Activities, which, while they are not directly engaged in production, can increase the effectiveness or efficiency (eg human resource management). Rare for a business to perform all major activities and support. Value Chain Analysis is one way to identify which activities are best done by a business and is best provided by others ("outsourcing"). You can read more about the Value Chain Analysis here. (3) Analysis of Core Competence: core competencies are those skills that are critical to a business achieving competitive advantage. The starting point for analyzing the core competencies is to recognize that competition between companies is of a race for competence mastery as it is for market position and market power. Senior management can not focus on all business activities and the competencies required to do so. Thus, the aim is for the management to focus on the competencies that really affect competitive advantage. You can read more about the concept of Core Competence in here. (4) Performance Analysis

Resource audit, value chain analysis, and core competencies analysis helps to determine the strategic ability of business. After completing such analysis, the questions can be asked to evaluate the overall performance of the business. These questions include: - How have the resources deployed in a business changes from time to time, this historical analysis "- What resources and business skills compared with others in the industry -" the industry norm of analysis "- What resources and business skills compared with the "best in class" - wherever it can find, "benchmarking" - How the financial performance of the business changed over time and how to lock compared to the competitors and the industry as a whole? - "Ratio Analysis" (5) Portfolio Analysis : Analysis of the overall balance of the portfolio analysis a strategic business unit of a business. Most large companies already operate in more than one market segment, and often in different geographic markets. More large, diverse groups often have multiple divisions (respectively contains a number of business units ) that operate in very different industries.

An important objective of a strategic audit is to ensure that a strong portfolio of businesses and business units that need investment and management attention are highlighted. This is important - a business should always consider the most attractive markets, and business units that have the potential to achieve gains in the most attractive market.Traditionally, two analytical models have been widely used to analyze the portfolio: - The Boston Consulting Group Portfolio Matrix (the "Boston Box"): - The McKinsey / General Electric Growth Share Matrix (6) SWOT Analysis: SWOT stands for Strength, Weaknesses, Opportunities and Threats. SWOT analysis is an important tool for auditing the overall strategic positioning and business environment.
(Sources: business strategy, other resources articles, data processing by: Frans Hero K. Purba)

Simak

Baca secara fonetik

No comments: