Wednesday, September 15, 2010

Inovasi Bisnis dalam Peluang Pengembangan Usaha

Gelombang pergerakan bisnis inovasi tentunya berbeda dengan istilah kreasi atau invensi. Inovasi Bisnis adalah suatu bentuk kreatifitas yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis mencakup: proses, produk, kemasan, metode. Kreasi merupakan perwakilan dari proses thinking/ cara berfikir, sedangkan invensi merupakan perwakilan dari discovery yang tidak memperhatikan apakah layak atau tidak menjadi bisnis. Sedangkan inovasi merupakan kombinasi dari proses kreasi, dan bisa saja invensi namun yang bernilai bisnis atau layak untuk dikomersilkan. Sehingga proses kreatif dan invensi pada kegiatan bisnis tidaklah cukup tanpa disertai dengan business sense capability sehingga kedua luaran dari proses tersebut dapat diubah menjadi peluang bisnis.

Inovasi dan Sistem Informasi Strategik menjanjikan peningkatan kinerja, namun keengganan di kalangan manajemen puncak untuk menyinergikan keduanya masih cenderung tinggi. Hal ini dapat dipahami, karena penelitian yang terhadulu sebagian besar hanya mempelajari pengaruh satu aspek saja terhadap kinerja, misalnya Inovasi atau Teknologi Informasi saja. Riset yang mempelajari keterkaitan Strategi Inovasi dan Teknologi Informasi yang menjadi elemen utama dalam Sistem Informasi Strategik, serta pengaruhnya terhadap kinerja organisasi masih memiliki peluang besar untuk di-elaborasi. Strategi pasar melalui tanggungjawab sosial korporasi (csr) yang digabungkan dengan pemahaman pasar dua sisi (two-sided market), lokalisasi, mode pembelian dan strategi nilai (value strategy) terhadap pasar bagian terbawah piramida sebenarnya dapat merupakan ’lock’ terhadap pasar sebagai suatu strategi monopoli (monopoly rule) dan keuntungan persaingan (competitive advantage) yang berjalan sejajar dengan kesinambungan pembangunan ekonomi dan/atau konsumen berdasarkan pembangunan pasar untuk membangun keuntungan jangka panjang, keuntungan persaingan, dan kesinambungan bisnis (business sustainability) berdasarkan inovasi pasar melalui layanan berdasarkan ikatan yang dijalin terhadap konsumen sebagai loyalitas.

 Sebagai contoh Keunggulan para pelaku industri Inovasi China telah "bersaing dalam kompetisi" berbagai industri yang selama ini dikuasai berbagai negara industri maju. Pengamatan Williamson dan Zeng pada tahun 2005 menyatakan produk-produk China telah membanjiri volume pasar dunia sebanyak 40% produk televisi, 50% produk AC,30% produk refigrator, 51% produk microwave ovens, lebih dari 50% kamera digital, 37% produk telepon selular, 70% produk kontainer, 60% produk mainan, 70% produk lampu, 50% produk Crane, 70% produk mesin jahit dan 35% produk komputer pribadi. Di negara-negara Timur Tengah, berbagai negara ASEAN, dan Eropa Timur, produk-produk China telah merajai pasaran mereka. Pasar-pasar di negara-negara USA, Eropa Barat, dan Jepang sudah mulai "diganggu" oleh produk-produk China yang dari dari segi fitur dan harga yang terjangkau. Bukan tidak mungkin kisah produk-produk China yang masuk pada produk dan pasar premium akan mulai menjadi fenomena nyata pada beberapa tahun kedepan. Belajar dari China bagaimana menciptakan strategi yang berinovasi dan harga yang terjangkau.

Strategi Inovasi paling sering diterjemahkan sebagai penemuan baru. Aspek “kebaruan” dalam inovasi sangat ditekankan untuk inovasi di sektor swasta atau di industri. Namun untuk inovasi di sektor publik, sesungguhnya inovasi tidak menekankan aspek “kebaruan”, melainkan menekankan aspek “perbaikan” yang akan dihasilkannya, misalnya pelayanan publik menjadi lebih berkualitas, murah dan terjangkau. (Berbagai sumber terkait, data diolah Frans Hero K. Purba)

Business Innovation in the Business Development Opportunities


A wave of business innovation movement is different in terms of creation or invention. Business innovation is a form of creativity which aims to develop the business include: process, product, packaging, methods. Creative thinking is representative of the process / way of thinking, while the invention is representative of the discovery is not feasible considering whether or not a business. While innovation is a combination of the creative process, and could be a valuable invention but for business or commercially feasible. So that the creative process and invention in business activity is not enough without the capability coupled with business sense so that the two outcomes of the process can be turned into business opportunities.

Innovation and Strategic Information System promises improved performance, but the reluctance among top management to synergizing both still tend to be high. This is understandable, because most of the research terhadulu only study the effect of just one aspect of performance, such as innovation or Information Technology course. Research who studies the relationship of Information Technology and Innovation Strategy which became the main element in the Strategic Information System, and the influence on the performance of the organization still has a big opportunity for in-elaboration. Market strategy through corporate social responsibility (csr) combined with an understanding of two-sided markets (two-sided market), localization, mode and strategy of the purchase value (value strategy) on the bottom of the pyramid markets can actually be a 'lock' on the market as a strategy monopoly (monopoly rule) and a competitive advantage (competitive advantage) that runs parallel to the sustainability of economic development and / or consumers based on market development to build long-term profitability, competitive advantage, and business continuity (business sustainability) based on market innovation through services based on bonding adapted to the consumer as loyalty. As an example of Excellence Innovation industry players China has to "compete in the competition" a variety of industries that have been mastered many advanced industrial countries. Williamson and Zeng observations in 2005 stating China's products have been flooding the world market volume as much as 40% of televisions, air-conditioning products 50%, 30% refigrator products, 51% of products microwave ovens, more than 50% of digital cameras, 37% phone products provider, 70% of the product containers, 60% toy products, lighting products 70%, 50% of Crane products, 70% of sewing machine products and 35% of personal computer products. In Middle Eastern countries, many ASEAN countries, and Eastern Europe, China's products have dominated their markets. The markets in these countries, USA, Western Europe, and Japan have started to "disturbed" by the products from China in terms of features and affordable price. Not impossible story of China products entering the market and premium products will start to become a real phenomenon in the next few years. Learn from China how to create an innovation strategy and an affordable price. Innovation Strategies most often translated as a new discovery. Aspect of "newness" is emphasized in innovation for innovation in the private sector or in industry. However, for innovation in the public sector, the real innovation does not emphasize the aspect of "novelty", but stressed the aspect of "improvements" that will be produced, such as public services become more qualified, cheap and affordable. (Berbagai sumber terkait, data diolah Frans Hero K. Purba)

Simak

Baca secara fonetik

No comments: