Monday, April 5, 2010

Ekspansi Potensi Ekspor Produk Pertanian Indonesia Pada Promosi The XXII International Agro-Industrial Fair, Ukraina

The XXII International Agro-Industrial Fair merupakan Pameran AGRO-2010 yang dilaksanakan pada 15 – 19 Juni 2010 di Kiev, Ukraina. Pameran ini diakui sebagai peristiwa nasional terbesar dan paling bergengsi di sektor agraria ekonomi Ukraina. Hal ini akan diadakan di wilayah kompleks Nasional "Expocenter Ukraina". Dari tahun ke tahun dengan meningkatnya jumlah peserta nasional dan asing. Mereka secara luas mewakili semua fitur pertanian, makanan dan industri ikan, proses industri, dan pembangunan pertanian mesin.
Berdasarkan data Biro Pusat Statistik Indonesia, pada tahun 2005 neraca perdagangan RI-Ukraina mencapai US$ 515,4 juta, tahun 2006 US$ 552,4 juta sedangkan tahun 2007 (hingga November) meningkat menjadi US$ 797,5 juta dengan surplus untuk Ukraina rata-rata sekitar US$ 150 juta. Ekspor utama Indonesia tahun 2007 meliputi fat and oil of animal and plant origin (US$ 222,2 juta); ore sled and ashes (US$ 74,1 juta); electric machinery (US$ 7 juta); tobacco (US$ 5,5 juta); coffee, tea and spicery (US$ 4,5 juta); shoes (US$ 4,3 juta); furniture (US$ 2,2 juta); garment (US$ 3,1 juta); textile not knitted (US$ 3,3 juta) dsb. Sedangkan impor Indonesia dari Ukraina yang tahun 2007 (hingga November) mencapai US$ 414,7 juta meliputi ferrous metal (US$ 414 juta); milk and dairy products, egg, natural honey (US$ 1,1 juta); sugar, confectionary (US$ 598 ribu) dsb. Peluang meningkatkan ekspor Indonesia ke Ukraina sendiri cukup tinggi dari banyaknya itinerary pengusaha setempat, antara lain untuk food industry, herbal/food supplement, jasa perhotelan, dsb. Iklim bisnis di Ukraina untuk 10 tahun ke depan kiranya sangat menjanjikan, seiring diterima negara ini sebagai anggota WTO pada bulan Februari 2008.
Pada kegiatan pameran ini akan meliputi: Pameran khusus VIII Peternakan, Para Kedokteran Hewan dan Peternakan, Pembibitan IX Produk-Animal'EX 2010; VII Pameran Nasional Pembiakan Kuda dan Olahraga Berkuda EkviSvit-2010 demonstrasi ilmiah dan teknis keuntungan dalam pembibitan dan perawatan. Akan ada pameran pertunjukan dan kompetisi; Pameran ini Biofuels III Khusus - 2010; Pameran khusus IV Industi Perikanan / Industri FishExpo-2010; Pameran khusus Machines ExpoAgroTech baru nasional agraria-2010; Khusus Exhibitionof industry Jamur / Mushroom Expo - 2010.
Selama pameran AGRO-2010 mereka berencana untuk mengatur bidang sidang dan berdiri demonstrasi pekerjaan kompleks pertanian (mesin dan peralatan); demonstrasi peralatan untuk produksi biofuel dan penyajian binatang induk dan unggas. ilmu Agraria akan menyoroti hasil-hasilnya. Khusus konferensi, "bulat-tabel", seminar yang melibatkan produsen Ukraina dan mitra asing mereka direncanakan. Signifikansi dari International Agro-Industrial pameran-AGRO 2010 untuk pasar agraria Ukraina dibuktikan oleh perhatian pembentukan resmi Ukraina dan negara-negara asing. Dalam hal ini, pameran yang secara tradisional dikunjungi oleh Menteri Agraria Kebijakan Ukraina dan perwakilan misi diplomatik di Ukraina. International Agro-Industrial pameran-AGRO 2010 akan memiliki bagian tematis berikut:

Mesin pertanian, peralatan
Teknologi hemat energi
Pedesaan dan pembangunan sosial dari sektor pedesaan
Makanan dan industri pengolahan
Tanaman dan produksi benih, termasuk sayuran dan biji sayuran
Hortikultura dan pemeliharaan anggur
Perlindungan kesuburan tanah
Hewan hewan bibit dan obat-obatan
Perikanan
Kehutanan dan pengelolaan air
Laboratorium dan inovasi
Ilmu pengetahuan Agraria dan pendidikan
Agraria infrastruktur pasar
Investasi proyek di kompleks agro-industri

Peluang kerjasama bagi pelaku usaha dapat dengan negara Ukraina ini merupakan potensi pasar bagi produk-produk pertanian Indonesia hal perlu dijajagi dalam ekspansi pasar negara pecahan Uni Soviet yang merupakan bagian dari negara Eropa Timur. Hal ini dilihat berdasarkan angka statistik BPS bahwa Neraca perdagangan kedua negara pada akhir 2008 telah melampaui 1,4 miliar dolar AS, sementara pada 2007 dan 2006 adalah 888,982 juta dolar AS dan 552, 477 juta dolar AS. (Sumber Data BPS, The XXII International Agro-Industrial Fair merupakan Pameran AGRO-2010 , Berbagai sumber terkait, data diolah Frans Hero K. Purba)

No comments: