Wednesday, April 28, 2010

Peluang Pasar Ekspor Indonesia ke Bulgaria dalam Mendorong Peningkatan Kerjasama Internasional

Indonesia- Bulgaria berbagi pengalaman serupa yang mendorong kerjasama yang lebih erat. Kedua negara memiliki pengalaman transisi menuju demokrasi. Keduanya merupakan pemain kunci di setiap daerah masing-masing dalam menjaga perdamaian dan stabilitas, dan terletak di lokasi geografis yang strategis. Indonesia adalah terbesar dan salah satu anggota pendiri Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), sementara Bulgaria telah menjadi anggota Uni Eropa sejak Januari 2007. Bulgaria telah memainkan peran aktif di kawasan Timur Tengah dan Eropa serta di Balkan dan Laut Hitam daerah, mirip dengan peran aktif dan penting yang dimainkan oleh Indonesia di Asia Tenggara dan daerah Asia-Pasifik. Di samping itu, kedua negara diberkati dengan warisan budaya dan historis yang kaya.
Bulgaria memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam menjembatani perdagangan Indonesia lebih lanjut dan hubungan ekonomi ke pasar Uni Eropa. Demikian pula, Indonesia memiliki potensi untuk memainkan peran yang serupa dalam menjembatani Bulgaria perdagangan dan hubungan ekonomi di pasar ASEAN, mencatat bahwa Kedutaan Besar Bulgaria di Jakarta juga mencakup Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, dan di Sekretariat ASEAN di Jakarta.
Berdasarkan data Neraca perdagangan Indonesia-Bulgaria pada tahun 2002 menunjukkan surplus bagi Indonesia dan berjumlah sekitar 78,8 juta USD, dengan nilai ekspor sekitar 72 juta USD dan nilai impor sebesar 6,8 juta USD (Depperindag Indonesia). Pada periode Januari – Mei 2003, ekspor Indonesia ke Bulgaria adalah sebesar 23,8 juta USD, sedangkan impor Indonesia dari Bulgaria sebesar 1,5 juta USD. Nilai perdagangan Indonesia ke Bulgaria mencapai sekitar 49 juta Dolar AS pada tahun 2007. Selama kurun waktu dua tahun terakhir kerjasama pedagangan antara Indoneisa dan Bulgaria mencapai 78 persen. Jika tahun 2007 hasil kerjasama kedua negara mencapai US$ 49 juta, maka tahun 2008 mencapai US$ 88 juta. Namun menjelang tahun 2009 hasil perdagangan baik dengan Bulgaria maupun dengan negara lain di Eropa cenderung menurun.Sedangkan pada tahun 2008, nilai perdagangan Indonesia itu meningkat menjadi 87 juta Dolar AS. (Sumber: Kementerian Ekonomi Bulgaria, KBRI Bulgaria, Berbagai Sumber terkait, Data BPS, data diolah oleh Frans Hero K. Purba).

No comments: