Monday, August 24, 2009

Motivasi Diri untuk Bekerja dan Memulai Suatu Bisnis Besar dalam Kehidupan

Menelusuri kehidupan dalam bekerja dan usaha, diperlukan suatu keuletan dalam kehidupan. Jalan hidup para pahlawan tersebut, menurut Joseph Campbell, selalu melewati 6 tahap penting: innocence, the call, initiation, allies, breakthrough, dan celebration. Pada tahap innocence, mereka adalah orang biasa. Kemudian mereka tiba-tiba mendapatkan panggilan hidup (the call) yang tidak bisa ditolak. Panggilan tersebut mengharuskan mereka melewati cobaan-cobaan berat (initiation). Untuk melewati cobaan tersebut, mereka sering dibantu beberapa teman-teman setia (allies) yang akhirnya membawa mereka mencapai terobosan (breakthrough) dan keberhasilan (celebration). (from article Joseph Campbell dan related sources material, data diolah oleh Frans Hero Kamsia Purba).

Keenam tahap tersebut bisa juga dianalogikan dengan perjalanan hidup manusia, mulai dari keberadaan di dalam rahim ibu (innocence), kelahiran (the call), kerentanan sebagai seorang bayi (initiation), keberadaan orang tua sebagai pelindung (allies), belajar mandiri (breakthrough), dan menjadi mandiri (celebration). Tahap tersebut kemudian berulang lagi ketika kita menginjak usia remaja, dewasa, paro baya, dan usia senja. Untuk berhasil, tidak ada jalan pintas. Jangan pernah percaya akan janji-janji yang bisa menawarkan Anda kesuksesan dengan cepat tanpa cucuran keringat (dan sering keringat tersebut adalah keringat dingin). Semua kisah sukses harus melewati tahapan-tahapan tersebut yang jelas tidak semuanya memberikan kegembiraan.

Dalam dunia kewirausahaan dan inovasi, tahap innocence bisa diibaratkan dengan kehidupan kita yang sebelumnya tenang-tenang saja mengikuti arus. Tiba-tiba sebuah ide cemerlang atau krisis datang, yang juga sekaligus menandai kedatangan fase the call. Ide atau krisis tersebut hadir sedemikian kuatnya sehingga kita terpaksa bertindak. Namun kita ternyata menghadapi banyak halangan dan cobaan. Untuk menuju keberhasilan perlu keuletan dan kerja keras untuk mencapai sesuatu yang berharga. Kehidupan mempunyai dua opsi; opsi pertama tidak menyia-nyiakan waktu dalam hidup, berkarya lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain, yang kedua; apa bila sesorang memulai kariernya Ia harus cenderung melihat dan berusaha sampai dimana kemampuannya dan berusaha membangun Networking, jangan harap karier bisa maju dan naik bila hal itu tidak dilakukan dengan hanya bekerja dan bekerja dan membuang waktu dan kesempatan.

Inilah kehidupan, anda harus melakukan semua dengan cara yang terbaik, ketika anda telah merasa cukup baik, dan sudah tak kuat lagi melakukan yang lebih baik hingga keputusasaan mulai menarik hatimu. yakinlah, Tuhan tidak akan menyia-nyiakan dirimu. dan itulah yang dilakukan Tuhan. memberi sesuatu yang tidak pernah kamu duga. Bersyukurlah anda masih bisa mencapai sesuatu. Tetapi apabila hanya menunggu kesempatan saja tanpa berusaha untuk mencapai target, sia-sialah harapan itu. Berjuang, berkarya serta miliki jaringan yang luas dalam kehidupan ini. Perbanyak persahabatan dan relasi serta ciptakan sesuatu yang bermanfaat dalam dunia ini baik anda sebagai pelaku usaha ataupun hanya pegawai
.

No comments: