Tuesday, September 15, 2009

Merebut Trend Pasar Produk dalam Menyingkapi Daya Saing

Dalam menciptakan suatu produk penetapan standar kualitas minimal yang sesuai dengan kebutuhan pasar lebih banyak disesuaikan dengan selera pasar yang sedang berkembang pada waktu itu. Kalau pada dewasa ini, standar yang paling umum ditetapkan adalah produk dengan profesionalitas, wawasan, keahlian, dan kemampuan yang kompeten dan tepat guna/ teknologi. Sebagai contoh demam BlackBerry itu pun menular ke mana-mana. Artis, remaja, ibu rumah tangga, yang kini sering terlihat di mal-mal menenteng BlackBerry. Mereka seperti memamerkan BlakcBerry dengan sarung pembungkus warna-warni. (Sources Berbagai article, Newspaper, Philip Kotler, data diolah oleh Frans Hero K. Purba). Konsumen umum memiliki sifat yang sangat heterogen, maka akan sulit bagi perusahaan untuk melayani semuanya. Oleh karenanya harus dipilih segmen-segmen tertentu saja dan meninggalkan segmen lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu adalah bagian yang homogen yang memiliki ciriciri yang sama dan cocok dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan merek.

Didalam menentukan pasar yang ingin dimasuki, praktisi pemasaran harus mengidentifikasi kebutuhan spesifik dari kelompokkelompok konsumen (segmen) yang terdapat dalam masyarakat. Selanjutnya adalah memilih satu atau lebih dari segmensegmen itu sebagai target dan merancang program pemasaran yang diarahkan kepada masing-masing target pasar bersangkutan. Identifikasi pasar sasaran mencakup kegiatan untuk mengelompokan konsumen yang memiliki gaya hidup, kebutuhan dan kesukaan yang sama. Dalam hal ini, pemasar harus mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai kebutuhan konsumen. Semakin banyak informasi yang diketahui pemasar mengenai kebutuhan konsumen maka akan semakin efektif tugas pemasar dalam melakukan program komunikasi pemasaran.

Menurut Eric Berkowitz dan rekan mendefiniskan segmentasi pasar sebagai “dividing up a market into distinct groups that (1) have common needs and (2) will respond similarly to a market action”. (membagi suatu pasar kedalam kelompokkelompok yang jelas yang (1) memiliki kebutuhan yang sama dan (2) memberikan respon yang sama terhadap suatu tindakan pemasaran). Dengan demikian segmentasi pasar adalah suatu kegiatan untuk membagi-bagi atau mengelompokkelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen.

Jadi didalam bisnis untuk penentuan trend produk agar tidak membosankan para konsumen yang diperhatikan adalah dalam bisnis kita tidak harus juga melakukan riset yang rumit untuk sekedar menentukan harga produk, hitung aja secara kasar cost yang dibutuhkan, plus estimasi laba yang diinginkan, lalu perhatikan kanan-kiri (memperhatikan harga pasar, baik harga dari kompetitor langsung maupun tak langsung, teknologi, kemauan pasar) beserta kecenderungannya, jika pas teruskan, jika butuh penyesuaian di kelak kemudian hari, lakukan dengan cara yang elegan. Misalnya, menaikkan harga dengan menekankan pada konsumen karena ada fitur yang ditambahkan atau sebaliknya. Dalam hal trend pasar ini sistem Penjualan merupakan sistem yang melibatkan sumberdaya dalam suatu organisasi, prosedur, data, serta sarana pendukung untuk mengoperasikan sistem penjualan, sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. Keputusan inilah nanti sebagai bahan dalam mempelajari kecenderungan pasar untuk mengetahui segmen pasar para konsumen.

1 comment:

Lady Mia said...

Halo,

Nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.