Tuesday, September 1, 2009

Strategi Perusahaan dalam Menangkal Krisis dengan Konsep Gerilya dan Find Paradigm Marketing Communication

Beberapa perusahaan tahun terakhir ini tampaknya kini mulai berajak dari paradigma lama menerapkan strategi pemasaran dan menggantinya menjadi pola pemasaran berkelanjutan atau sustainable marketing. Mau tidak mau, Suka atau tidak kompetisi yang semakin ketat menjadikan para pemain di pasar terus memutar otak untuk meraih simpati dan meraih daya beli konsumen. Menurut Budiman Christiananta (2007), agar kemampuan perusahaan dapat menjadi kompetensi inti dalam persaingan pasar, maka kemampuan tersebut perlu memenuhi empat kriteria berikut: a. Kemampuan yang bernilai (valuable capabilities), yaitu kemampuan yang memungkinkan perusahaan mampu memanfaatkan peluang dan atau meminimalkan ancaman lingkungan eksternalnya.b. Kemampuan yang langka (rare capabilites), yaitu kemampuan yang hanya dimiliki oleh sedikit pesaing, baik saat ini maupun di masa depan.c. Kemampuan yang tidak dapat ditiru secara sempurna (imperfect imitable capabilities), yaitu kemampuan yang tidak mudah dikembangkan oleh perusahaan lain.d. Kemampuan yang tidak dapat diganti (nonsubstitutable capabilities), yaitu kemampuan yang sulit disubstitusikan. Dalam perencanaan sangat menentukan keberhasilan konsep pemasaran gerilya. Hakekat perencanaan adalah apa yang hendak dicapai, kapan dan bagaimana cara mencapainya. Sedangkan untuk konsep Find Paradigm Marketing communication (souces New paradigm Marketing, data diolah oleh Frans Hero K. Purba).
Apakah Anda menggunakan sistem pemasaran? Banyak praktisi pemasaran berkonsentrasi hanya pada taktik, seperti memaparkan bersama sebuah iklan, surat langsung program atau kampanye media. Baik pemasaran harus didasarkan pada sistem yang komprehensif yang strategis dan direkayasa untuk menyentuh pelanggan dan calon pelanggan secara konsisten dari waktu ke waktu dan di mana pun mereka bertemu Anda bisnis. Mencari bukti dari skala penuh sistem pemasaran dan menghindari "satu-trik kuda."Bagaimana Anda bekerja dengan klien? Mereka harus dapat dengan jelas menjelaskan apa yang mereka lakukan dalam teratur. Ini harus mencakup daftar resmi tentang bagaimana mereka memberikan layanan begitu Anda dapat mengevaluasi pendekatan mereka sebelum membayar mereka untuk membantu. © 2008 Paradigma Baru Pemasaran, Inc All Rights Reserved. Bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil? Meskipun setiap perusahaan situasi yang unik, yang praktisi harus dapat memberikan studi kasus tertentu dan / atau kesaksian yang mendukung metode mereka. Jika mereka tidak bisa atau tidak akan melakukannya, maka mereka mungkin pilihan yang baik. Dapatkah Anda membantu untuk meningkatkan keunggulan kompetitif? Benar-benar sukses pemasaran termasuk memiliki cerita yang lebih baik untuk memberitahu dan menceritakan cerita yang lebih baik. Tanyakan bagaimana rencana untuk membantu Anda berinovasi dan meningkatkan perusahaan Anda melalui proses pemasaran. Jika mereka hanya bekerja dengan gambar atau pesan, Anda kehilangan bagian penting dari persamaan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil? Yang efektif, pemasaran skala penuh program yang tepat target pasar Anda membutuhkan beberapa bulan untuk membangun. Jika Anda perlu jumpstart yang proses penjualan langsung, mereka harus mampu menjelaskan bagaimana mereka akan mencapai itu. Mereka juga harus memberitahu Anda bahwa Anda adalah faktor penting dalam bagaimana hasil cepat dapat diperoleh. Seperti tergoda karena Anda mungkin jatuh untuk janji-janji hasil cepat, berhati-hatilah dari siapa pun yang menawarkan Anda sebuah "pil ajaib." Apa yang Anda lakukan meminimalkan risiko saya membuat investasi pemasaran yang buruk? Sembarang pemasar yang tidak menguji gagasan sebelum melakukan skala penuh dolar menuju usaha di risiko membuang dolar iklan. Jika praktisi tidak berbicara tentang pengujian, lanjutkan. Mereka tidak tahu bagaimana atau tidak peduli tentang pengujian. Menemukan seseorang yang akan membantu Anda menjaga anggaran Anda. Dapatkah Anda membantu saya menghitung Return on Investment (ROI)? Setelah tes pasar yang tepat telah dilakukan, pemasar harus dapat membantu proyek Anda ROI pada setiap diusulkan iklan. Elemen kritis dari analisis ini adalah berapa banyak petunjuk akan dihasilkan. Kedua unsur paling penting dari analisis ROI adalah berapa banyak dari mereka petunjuk dapat dikonversi menjadi penjualan. Asosiasi bisnis apa yang milik Anda? Sebuah padat, agensi pemasaran ternama harus memiliki ikatan yang kuat kepada komunitas bisnis. Mencari keanggotaan dalam arus kamar dagang lokal atau asosiasi bangunan bisnis lain. Maukah kau memberikan contoh dan / atau referensi? referensi ryang penting, dan Anda harus meminta beberapa. Mungkin cara yang lebih baik untuk mengevaluasi konsultan pemasaran adalah memeriksa pekerjaan yang mereka lakukan bagi klien lain.
Strategi marketing yang tepat, efektif dan murah dilakukan pada situasi yang krisis saat ini yakni melakukan pameran dagang bersama (exhibition cooperated), promosi publisitas dan publikasi, melakukan e- commerce promotion melalui website, blog, friendster, facebook, banner sripes atau portal gaterway. Atau bias juga melalui Direct Mails, Consumer Clubs atau Communities Marketing & Selling.

No comments: