Tuesday, October 27, 2009

Perkembangan Strategi Inovasi dalam Pengembangan Usaha Teknologi

Perkembangan Inovasi dan teknologi yang digunakan oleh suatu perusahaan sangat penting dalam menentukan keberhasilan usaha, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan penguasaan teknologi suatu perusahaan akan dapat mencapai proses efisiensi, akurasi dan inovasi serta optimasi. Negara-negara maju yang anggaran Research & Development-nya besar, terbukti maju pesat. Israel, Swedia dan Finlandia termasuk ke dalam negara-negara dengan rasio anggaran R&D terbesar terhadap GDP, dimana Israel 4.46%, Swedia 3.74% dan Finlandia 3.46%. (Berbagai Sumber terkait, data diolah oleh Frans Hero K. Purba).

Menurut Prof. Kim, bahwa inovasi nilai menjadi batu pijakan (stepping stone) dalam merumuskan strategi samudra biru (blue ocean strategy). Kita tentu tahu, tidak semua inovasi dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Jika inovasi yang dilakukan hanya untuk menciptakan hal yang sekadar “baru”, tanpa memerhatikan kebutuhan dan keinginan dasar pelanggan, maka cara itu tidak akan mendatangkan inovasi yang bernilai. Pendekatan inovasi nilai menurut Prof Kim adalah dengan cara mengindentifikasi parameter-parameter apa yang dianggap paling bernilai oleh pelanggan. Sehingga, perusahaan mampu memberikannya. Hal ini membutuhkan waktu lama, namun di sinilah tantangannya. Dalam penciptaan nilai sebagai konsep strategi, terlalu luas karena tidak ada batasan spesifik yang menjelaskan bagaimana nilai seharusnya diciptakan. Sebagai contoh, perusahaan bisa menciptakan nilai hanya dengan menurunkan nilai sebesar 2 persen. Meskipun, ini merupakan penciptaan nilai namun ia bukan jenis inovasi nilai yang dibutuhkan untuk membuka ruang pasar baru. Dengan bahasa lain, Anda tidak bisa menciptakan inovasi nilai tanpa menghentikan cara-cara lama. Inovasi nilai hanya bisa terwujud dengan cara yang sama sekali baru.
Krisis global saat ini yang melanda ekonomi dunia, telah membuat banyak perusahaan merugi, bahkan tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar. Persaingan dalam memproduksi atau mengembangkan suatu teknologi sedikit melemah akibat melonjaknya bahan baku produksi. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, peranan teknik industri merupakan salah satu yang dapat merangsang lagi persaingan industri teknologi. Oleh karena itu, beragam solusi, wacana, serta strategi-strategi yang tepat dan mampu menjawab semua permasalahan yang ada sangat diharapkan oleh masyarakat luas.
Dalam hal ini kutamaan kerjasama usaha akan menggiring perusahaan lain sebagai pesaing menjadi mitra usaha, sehingga diantara pengusaha terdapat jalinan kerjasama untuk meningkatkan penggunaan teknologi, meningkatkan efisiensi produksi , serta optimalisasi pengunaan sumberdaya. Semakin banyak jumlah produk yang dapat dibuat dan berkualitas, pada akhirnya konsumen akan memperoleh kesejahteraan dalam pengunaan hasil produksinya, serta mampu meningkatkan daya beli masyarakat, karena harga komoditas relatif lebih murah pada saat proses produksi telah efisien.

No comments: