Wednesday, October 14, 2009

Strategi Dalam Perencanaan Bisnis

Dalam dunia bisnis perencanaan merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan, apalagi untuk pencapaian tujuan dalam dunia bisnis diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Peranan perencanaan ini sangat penting dalam kaitannya dengan upaya pencapaian suatu tujuan. Tanpa ada perencanaan atau perencanaan yang dibuat kurang baik, maka kemungkinan besar tujuan tersebut tidak tercapai atau tercapai tetapi dengan biaya yang sangat mahal. Apakah itu modal, tenaga, pikiran ataupun pengorbanan-pengorbanan yang lain. Sehingga dalam perencanaan bisnis hendaknya dilakukan secara cermat, akurat serta dapat meyakinkan.
Suatu Perencanaan Bisnis mencangkup beberpa hal: Manajerial perusahaan, kejelasan dalam tatanan kinerja perusahaan. Keadaan fisik dari sebuah bangunan yang kita tempati. Pegawai, tenaga kerja staff, Produk yang kita hasilkan, Sistem informasi mengenai market perusahaan., Rincian Rugi/Laba., Perhitungan neraca., Prediksi Cash Flow untuk 2 tahun ke depan., Strategi yang digunakan perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Jenis usaha kecil tidak perlu membuat rencana bisnis yang rumit untuk memulai usahanya. Seringkali rencana bisnis dibuat bentuk catatan saat melakukan diskusi atau tanya jawab. Seringkali orang dalam memulai bisnis tanpa rencana sama sekali, sehingga ide-ide mereka menjadi kabur dan mereka tidak tahu apa yang selanjutnya harus mereka lakukan. Dengan menulis sebuah rencana bisnis, meskipun itu berupa catatan-catatan kecil, kita akan mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai jenis bisnis yang anda inginkan, serta bagaimana bisnis itu harus berkembang sejalan dengan waktu. Beberapa hal yang dapat kita pikirkan saat menulis rencana bisnis, yaitu: 1. Jenis usaha apa yang akan dirintis; 2. Tujuan apa dari bisnis yang akan dirintis; 3. Bagaimana bisnis kita akan menghasilkan uang;4. Siapa yang akan menjadi pelanggan kita; 5. Bagaimana cara kita mendapatkan pelanggan. (Sources: Berbagai sumber terkait, data articles, data processed By: Frans Hero K. Purba). Tahapan perencanaan usaha dan pengembangan produk : 1. Ide atau gagasan 2. Konsep : perencanaan bisnis 3. Pengembangan produk 4. Uji pemasaran → launching mengunakan alat promosi 5. Komersialisasi → penjualan. Proses pengembangan usaha dilakukan dengan : 1. Akuisisi, dilakukan dengan memperhatikan : Evaluasi perusahaan, Kerjasama yang dilakukan Aspek hukum, Kemampuan manajemen, Sengketa pengambilalihan 2. Joint venture, dilakukan dengan memperhatikan, sejarah usaha, Aktivitas usaha baru, Bentuk kerjasama, 3. Leverage buy out. Bagaimana cara menulis sebuah Perencanaa Bisnis untuk dapat nantinya diimplementasikan dalam suatu usaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: Executive Summary: Penggambaran secara garis besar akan dokumen yang diselsaikan pertama kali pada dokumen yang telah rampung akan tetapi tetap harus dicantumkan dibelakangnya. Informasi Perusahaan: Membahas mengenai bagaimana melihat semua elemen – elemen yang berbeda dari bisnis anda saling melengkapi satu sama lain:Produk dan Layanan:Informasi mengenai produk dan jasa yang ada rencanakan untuk ditawarkan/ dijual oleh anda dan bagaimana posisi mereka bila dibandingkan dengan saingan anda yang juga menawarkan/ menjual produk dan jasa yang serupa.:Analisa Pasar:Penjelasan mengenai market anda, kedudukan anda di pasaran dan permintaan pasar terhadap produk dan jasa (didukung dengan dokumen terkait).Persentase pasar saham yang anda harapkan dan kesimpulan terhadap semua data riset pemasaran yang diperoleh. Strategi Pemasaran dan Penjualan: Membahas mengenai bagaimana strategi mempromosikan bisnis anda, bagaimana mengatur produk dan jasa anda kepada pelanggan terkait, total pengeluaran pendistribusian dan promosi, dan juga bagaimana anda mengukur tingkat keefektifan metode yang anda implementasikan. Untuk itu pengembangan suatu integrasi perencanaan sebagai arah untuk mencapai tujuan bisnis spesifik sesuai dengan kebutuhan konsumen kapabilitas bisnis dalam menyediakan produk/jasa berkualitas. Unit mencakup konsep awal dengan perencanaan bisnis dan memperluas pada setiap jenis bisnis.

No comments: