Friday, October 16, 2009

Strategi Bisnis Sukses Orang Yahudi

Berdasarkan Cakupan Buku Sukses Bisnis Cara Yahudi (Rabi Levi Brackman & Sam Jaffe/ PPM 2008), kita dapat memetik suatu pelajaran berharga dari beberapa sukses orang etnis Yahudi dalam dunia bisnis? Menurut data Statistik menyatakan 10 persen dari daftar orang terkaya versi Forbes dan CEO 500 perusahaan terbesar versi Fortune adalah orang beretnis Yahudi yang jumlahnya hanya 0,2 persen dari populasi dunia. Ada pandangan kesuksesan itu hasil konspirasi internasional atau genetika, namun Brackman dan Jaffe berpendapat akar sukses itu ada pada kitab Taurat dan tafsirnya, Midrash. Tradisi mengajarkan isi kitab tersebut sudah mendarah daging bahkan bagi orang Yahudi yang tak taat beragama sehingga terbawa juga dalam strategi berbisnis.Brackman yang pakar Yudaisme dan sering memberikan pelatihan bisnis ini berusaha membedah kaidah-kaidah dan tafsir taurat yang bisa diterapkan dalam dunia bisnis. (sources: data buku cara bisnis orang Yahudi, PPM 2009, other resources material, data diolah oleh Frans Hero K. Purba).
Dari berbagai data dan sumber dan fakta telah membuktikan bahwa hampir seluruh sktor penting di dunia ini dikuasai oleh bangsa Yahudi. Siapa yang tidak kenal dengan Mikhail Khodorkovsky, Roman Abramovich dan Leonid Nevzlin? Mikhail Khodorkovsky merupakan orang terkaya nomor wahid di Rusia, sedangkan Roman Abramovich sendiri memiliki industri alumunium kelas dunia dan sang empunya klub besar Inggris, Chelsea, sementara Leonid Nevzlin juga adalah seorang pengusaha kaya raya. Mereka semua adalah potret pebisnis Yahudi yang telah sukses di negeri beruang merah.Di Swiss ada sebuah perusahaan milik bangsa Yahudi yaitu Nestle. Perusahaan ini banyak menghasilkan produk yang telah kita kenal dan konsumsi sehari-hari, seperti penyedap rasa, MAGGI, cokelat KitKat, Milk Bar, Nescafe dan masih banyak merek lainnya. Siapa yang tidak mengenal Nokia, salah satu merek telepon genggam terlaris? Perusahaan ini didirikan oleh Fredik Idestam pada tahun 1865 di Finlandia. Tahun ini Nokia menduduki peringkat lima dunia dalam merek produk terbaik (Best Global Brand). Di dunia internet, sudah lazim bagi orang yang menggunakan mesin pencari, Google. Lagi-lagi perusahaan Google ini dimiliki oleh Sergey Brin dan Larry Page yang juga warga negara Amerika berkebangsaan Yahudi.
Menurut data Levi Bracman bahwa dalam sejarahnya orang Yahudi "dapat berarti banyak hal bagi orang yang berbeda. Untuk sebagian orang, ini tentang gerakan politik-Zionisme. Kepada orang lain, ini tentang budaya tertentu, lengkap dengan aksen sendiri, etika, dan bahkan rasa humor. Untuk yang lain lagi, itu hanya berarti jenis masakan. Tapi satu hal yang semua orang setuju tentang "menjadi Yahudi" adalah bahwa itu agama. Dan agama Yudaisme dipandu oleh sebuah buku yang disebut Taurat, juga dikenal sebagai Ibrani Alkitab (dan orang Kristen sebagai Perjanjian Lama). Berdasarkan sejarahnya kalau kita telaah Dua abad terakhir telah melihat penurunan yang luar biasa religiusitas sebagian besar orang Yahudi untuk berbagai alasan. Tapi apa yang sulit bagi orang luar untuk memahami adalah kenyataan bahwa bahkan orang-orang Yahudi non-religius masih membawa empat ribu tahun tradisi keagamaan dalam jiwa mereka. Beberapa menyatakan itu adalah warisan genetik. Orang lain mungkin menyebutnya sebagai bentuk kolektif Jung Id. Kami menyebutnya osmosis. Selama ribuan tahun, Taurat, yang cerita dan nilai-nilai yang diajarkan secara intensif untuk setiap orang Yahudi dari masa kanak-kanak ke usia tua. Sebagai orang Yahudi meninggalkan studi tentang Yudaisme aktif dalam dua abad terakhir, mereka masih tumbuh dalam masyarakat meresap dengan pengetahuan yang unik Taurat dan pandangan dunia. Bahkan seorang Yahudi yang lahir di ledakan bayi setelah Perang Dunia II, yang tidak bisa mengingat setiap kerabat yang mempelajari Taurat setiap hari dan hidup dengan perintah-perintah, masih memiliki sesuatu yang sangat nyata sama dengan semua orang Yahudi lainnya. Itu rasa tertentu benar dan salah, yang unik prioritas memesan, dan suatu cara untuk melakukan hal-hal yang hearkens kembali ke founding fathers seperti Musa dan Abraham dan pendirian ibu seperti Leah dan Rachel. Pada titik ini, kita mungkin sudah meninggalkan beberapa dari kita pembaca non-Yahudi bingung. Agama, mereka gagap, adalah tentang keilahian dan surga dan neraka. Bagaimana Anda dapat mengusulkan suatu teori yang mengatakan bahwa tulisan-tulisan suci agama merupakan sumber bisnis yang sukses?

Dengan suatu alasan lain bahwa spiritualitas tidak boleh diceraikan dari usaha ini didasarkan pada pemahaman kita tentang apa uang itu. Dalam tradisi Yahudi uang bukanlah komoditi fisik atau materi, itu komoditas spiritual, sebuah refleksi dari kepercayaan dan komitmen. Itu lebih dari disk dari logam atau lembaran kertas berwarna di dompet Anda. Aku sudah setia seumur hidup penelitian untuk menjelaskan bahwa uang adalah komoditas rohani dan bagaimana kekayaan diciptakan dalam proses spiritual. Dasarnya itu interaksi antara dua manusia; dua komputer yang beroperasi secara independen tidak akan pernah menciptakan kekayaan. Ini adalah materialistis penyediaan barang dan jasa, jelas, tetapi apa yang diciptakan adalah rohani, tidak berwujud komoditas, yang menjadi alasan mengapa bisa dihapus semudah itu dapat diciptakan. Dan selalu kalau sudah dihapuskan, apa yang kita menghubungkan menyeka-out adalah hilangnya komoditas spiritual lainnya, yang disebut "kepercayaan" atau "iman." Jadi pada intinya bagaimana pemahaman bisnis secara baik dan benar dalam suatu etika bisnis dan negosasi yang diterapkan dengan pelaku usaha / bisnisman, pemerintah dan masyarakat.

No comments: