Saturday, October 31, 2009

Pengembangan Usaha Bisnis Go Green and Go Organic Dalam Pelestarian Lingkungan Alam Dunia

Tak terbayangkan sebesar apa upaya untuk melindungi kelestarian alam dalam bentuk kebersihan dan kelestarian lingkungan. Hal inipun menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan. Bagaimana orang cenderung memikirkan kesehatan dan juga halnya peluang bisnis didalamnya. Umat manusia yang sekarang entah peduli lingkungan atau tidak dan sebagian peduli bagaimana pemanfaatan lingkungan dalam pengertian bisnis melalui Go Green, dalam artian memikirkan untuk kembali kepada produk-produk yang ramah lingkungan seperti: tanaman organik, makanan dan minuman organik adalah salah satu objek yang dikonsumsi oleh konsumer golongan ini. Berkaitan dengan hal ini, pengusaha bisa menawarkan makanan organik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal lain yang bisa ditawarkan adalah penggunaan produk packaging yang bio-degradable/ecological friendly/recyclable, usaha sewa barang, produk tahan lama, dan usaha recycling alat elektonik.
Kecenderungan kepedulian akan lingkungan dan tidak ada yang baik mengenai pencemaran bahan kimiah ke udara. Tidak ada yang baik mengenai asap yang anda lihat di kota-kota. Tidak ada yang baik mengenai pencemaran bahan kimiah ke sungai-sungai di Negara Ketiga sehingga orang bisa membeli barang lebih murah di negara maju. Hal-hal seperti itu pada hakekatnya adalah salah, terlepas dari anda seorang environmentalist atau bukan.Seperti contoh Perusahaan Forever Freedom International menawarkan berbagai product Eco Product dan juga mengatasi pemanasan global.Dan tidak hanya itu beberapa perusahaan dan pelaku usaha tani mulai concern terhadap produk-produk organik yang bebas dari bahan kimia dan pestisida serta kandungan kimia lainnya. Jadi intinya Go Green dan Go Organic adalah peluang bisnis yang menjanjikan untuk prospek yang lebih baik dimasa depan.
Dengan adabya salah satu faktor penyebab pemanasan global adalah peningkatan emisi gas buang kendaraan bermotor, yang disebabkan oleh konsumsi berlebih bahan bakar minyak, pembakaran tidak sempurna oleh mesin yg ujung-ujungnya meningkatkan kadar polusi (Nitrogen Oksida, Karbon Monoksida, Hidro Karbon, Karbon Dioksida) di atmosfer. Dampak perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut, akan menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau kecil. Naiknya suhu laut mengakibatkan hasil perikanan akan menurun. Naiknya suhu udara akan meningkatkan berkembangnya penyakit. Peningkatan curah hujan akan meningkatkan banjir dan longsor, juga perubahan musim tanam, dan peningkatan penguapan serta peningkatan intensitas badai tropis akan menyebebakan rawan transpotasi. Dalam hal ini dari kita sendiri untuk mencegah pemanasan global semakin parah, tanam pohon, kurangi pemakaian BBM, standarkan emisi gas buang kendaraan anda, kurangi pemakaian listrik yang tidak perlu adalah salah satu cara untuk save the world or save the planets. Untuk itu kecenderungan bisnis untuk produk yang berwawasan lingkungan perlu diterapkan, ingin hidup sehat, dan lingkungan yang tidak tercemar? Beberapa perusahaan juga menerapka program Corporate Social Responsibility nya / CSR, dan program ini dalam kedepannya cenderung memikirkan dampak lingkungan terhadap usaha yang dilakoninya.
(Berbagai sumber data terkait, data diolah oleh Frans Hero K. Purba)

No comments: